Tadinya saya berpikir high sulfur ini karena banyaknya vulkanisme di
Indonesia. Saya sendiri belum pernah membandingkan kualitas crude dan
hubungannya dengan kilang serta kualiatas BBM. yopik lain.

Low API bisa karena biodegradasi, bisa juga minyak low maturity. "High waxy
oil" (banyak lilin) biasanya minyak dari lacustrine source rock. Tapi
pertanyaan saya apa sih kontrol geologi penyebab high sulfur ?

RDP
-------
http://finance.detik.com/read/2015/01/26/083256/2813486/1034/ini-penyebab-kilang-pertamina-hanya-bisa-olah-kilang-mahal

*Bogor* -Indonesia memiliki 6 kilang minyak yang dikelola PT Pertamina
(Persero). Namun sayangnya, kilang ini hanya mampu mengolah minyak yang
harganya mahal jenis *sweet crude*. Sementara di pasar minyak, stok paling
banyak tersedia adalah jenis *sour crude*.

Vice President Strategic Planning, Business Development, and Operation Risk
Direktorat Pengolahan Pertamina Achmad Fathoni Mahmud mengakui,
kilang-kilang Indonesia saat ini hanya mampu mengolah jenis minyak *sweet
crude*.

"Pasalnya, desain awal kilang minyak Indonesia atau Pertamina dibangun
berdasarkan jenis minyak yang ada di perut bumi Indonesia," kata Fathoni di
acara Workshop Direktorat Pengolahan Pertamina di Sentul, Bogor, akhir
pekan lalu.

Fathoni mengatakan, kilang minyak Indonesia ada yang dibangun pada masa
kolonial Belanda yaitu pada 1992 atau 1935. Saat itu, Indonesia banyak
memproduksi minyak dengan jenis *sweet crude* dengan kadar sulfur
(belerang) di bawah 1%.

"Dulu kita bahkan bisa ekspor karena produksi kita banyak sekali. Sayangnya
seiring perjalanan waktu produksi minyak kita terus turun, bahkan produksi
kita tinggal mengais-ngais di bebatuan. Minyak yang didapat sulfurnya juga
cukup tinggi," ungkapnya.

Tidak hanya di Indonesia, jenis minyak *sweet crude* ini di pasar minyak
Internasional makin hari makin sedikit. Tentunya membuat harganya menjadi
mahal.

"Yang banyak sekarang justru jenis minyak *sour crude*. Jenis minyak ini
asam, sulfirnya tinggi lebih dari 1-3%. Kilang kita belum dapat mengolah
jenis minyak ini. Kilang yang bisa olah minyak ini kilang modern seperti di
Singapura dan Amerika," jelas Fathoni.

Desain kilang milik Pertamina, lanjut Fathoni, hampir seluruhnya
menggunakan bahan dasar besi. Bukan alumunium seperti di Singapura.

"Bila kilang kita dipaksakan mengolah minyak *sour* akan bahaya, berkarat
semua. Bisa bocor di mana-mana, bahkan bisa meledak," ungkapnya.

Agar kilang minyak makin fleksibel dan bisa memproduksi minyak yang
sulfurnya tinggi, saat ini Pertamina sedang mengerjakan program *Refinery
Development Masterplan Program* (RDMP). RDMP diproyeksikan akan mendongkrak
kapasitas pengolahan minyak mentah dari posisi saat ini sekitar 820.000
barel/hari (bph) menjadi 1,68 juta bph atau dua kali lipat.

Fleksibilitas kilang juga meningkat, yang di antaranya ditunjukkan dengan
kemampuannya untuk mengolah minyak mentah dengan tingkat kandungan sulfur
setara 2%. Saat ini, kandungan sulfur pada minyak mentah yang dapat
ditoleransi hanya 0,2%.

Dengan kompleksitas tinggi, produksi bahan bakar yang dihasilkan akan naik
sekitar 2,5 kali lipat dari 620.000 bph saat ini menjadi 1,52 juta bph
dengan produk utama gasoline dan diesel. Produk-produk tersebut akan
memiliki kualitas tinggi yang memenuhi standar Euro IV.

--
"Kebanggaan sejati muncul dari kontribusi anda yang positip".