Ikutan nymbang tulisan mengenai NFC. Semoga berkenan.

---

NFC: Teknologi Menarik Untuk Masa Depan (http://neoteker.or.id/2010/12/
nfc-teknologi-menarik-untuk-masa-depan/)

Pertama kali berkenalan dengan teknologi Near Field Communication
(NFC) ini pada saat menyaksikan launching produk terbaru dari Google
di Web 2.0 Summit, yaitu Google Nexus S.  Google Nexus S sendiri
merupakan perangkat cerdas generasi kedua yang dibuat Google.
Perangkat ini menggunakan operation system terbaru dari android, yaitu
Android 2.3 atau biasa disebut Gingerbread . Dalam presentasinya, Eric
Schmidt yang merupakan CEO dari Google menjelaskan bahwa salah satu
fitur yang ditanam di Nexus S ini yang merupakan fitur inovatif adalah
NFC.

Secara sederhana, NFC dapat dijelaskan sebagai suatu metode komunikasi
antara dua perangkat komunikasi menggunakan frekuensi radio khusus
yang hanya berfungsi dalam jarak yang sangat dekat.  Selama ini
tentunya kita sudah mengenal teknologi serupa yang juga pernah
dibenamkan dalam perangkat komunikasi seperti infra red (pernah
ditanam hampir disemua perangkat komunikasi milik Nokia di era 1990-
an), Bluetooth yang sampai saat ini masih menjadi pilihan utama vendor
untuk ditanamkan di perangkat komunikasi dan juga wifi. Lalu apa
kelebihan dari NFC ini?

Apabila dibandingkan antara NFC dengan Bluetooth yang keduanya
merupakan sesama short range communication system, keunggulan utama
dari NFC ini adalah tidak dibutuhkan waktu yang banyak bagi kedua
devices yang memiliki NFC untuk saling berkomunikasi. Hal ini berbeda
jika kita menggunakan Bluetooth, di mana dibutuhkan konfigurasi
pairing agar kedua devices yang ber-Bluetooth dapat berkomunikasi.
Dengan NFC, komunikasi antara dua perangkat akan terjadi dengan
instant dan efisien.

Selain itu, dimasa mendatang penerapan NFC dalam sehari-hari akan
lebih kompleks jika dibandingkan dengan bluetooth. Implementasinya
antara lain akan meliputi bidang pembiayaan yaitu dapat digunakan
sebagai alat pembayaran non-tunai; dibidang transportasi, yaitu dapat
digunakan sebagai pengganti tiket kertas yang tentunya akan menghemat
penggunaan kertas dan berakibat baik terhadap lingkungan; dibidang
properti dan perhotelah, teknologi NFC ini dapat digunakan sebagai
pengganti kunci konvensional dan masih banyak lagi implementasinya
yang dapat mempermudah hidup manusia.

Melihat begitu kompleks dan beragamnya penggunaan NFC di masa
mendatang, tentunya disamping banyak manfaat yang bisa diperoleh dari
kehadiran teknologi NFC ini, terdapat beberapa hal yang perlu menjadi
perhatian kita, yaitu antara lain sebagai berikut:

Ketersediaan teknologi pendukung yang murah. Sudah bukan menjadi
rahasia lagi kalau hanya teknologi yang murah sehingga dapat diserap
semua kalangan lah yang dapat bertahan lama, sedangkan teknologi yang
mahal mau tidak mau akan tergerus penggunanya dan dipaksa untuk
berubah. Sebagai contoh: evolusi telephone genggam di Indonesia yang
pada awalnya hanya “dimonopoli” beberapa vendor seperti Nokia dan
Motorola saat ini dominasi tersebut telah berubah dengan masuknya
vendor lain seperti RIM, HTC, Samsung atau bahkan vendor dari China
seperti Nexian, HT Mobile dan lainnya yang bisa menawarkan hal baru
yang lebih murah. Agar dapat bertahan dan efisien, NFC juga harus
memperhatikan hal ini. Perangkat-perangkat yang mendukung NFC
kedepannya harus dapat dimiliki oleh banyak kalangan, selain itu perlu
adanya kerja sama antara vendor perangkat ber-NFC dengan merchant yang
menjual produk ke end user. Sebagai contoh: apabila teknologi NFC yang
dibenamkan dalam perangkat komunikasi akan digunakan sebagai pengganti
tiket kertas maka paling tidak perangkat komunikasi tersebut harus
murah dan merchant yang menerima/menjual tiket itu juga harus tersedia
di mana-mana.
Perangkat hukum. Sebagaimana telah dijelaskan di atas, salah satu
implementasi dari teknologi NFC yang paling menarik adalah bahwa
dengan memanfaatkan NFC, perangkat yang ditanamkan NFC dapat digunakan
sebagai alat pembayaran non-tunai. Agar dapat dijadikan suatu alat
pembayaran yang sah, perlu adanya kerangka hukum yang mengatur
mengenai hal ini. Paling tidak perangkat hukum tersebut harus mengatur
mengenai hak dan kewajiban yang dimiliki end user, hak dan kewajiban
dari pengusaha serta perlindungan hukum terhadap end user ataupun
pengusaha dalam hal terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti
bagaimana seandainya perangkat NFC anda digunakan pihak ketiga untuk
melakukan pembelian (fraud).
Faktor keamanan. Selain perangkat hukum yang kuat, kita juga perlu
mendapatkan adanya jaminan bahwa penggunaan NFC adalah aman, karena
meskipun sifat komunikasi dari NFC adalah “near” bukan tidak mungkin
tetap terjadi intercept data dimana informasi penting atau bahkan uang
elektronik yang terdapat dalam perangkat NFC kita dicuri orang lain.
Dalam hal ini solusi teknologi enkripsi diharapkan dapat menjadi
jembatan penengah antara faktor aman dan faktor efisiensi.
Selain ketiga poin di atas tentu masih banyak hal lain juga yang harus
diperhatikan seperti edukasi kepada masyarakat, dukungan pemerintah
terhadap penggunaan NFC dan standardisasi penggunaan NFC yang berlaku
universal yang dapat menjamin penggunaan NFC di Indonesia sama dengan
penggunaan NFC di seluruh dunia.

Demikian pengantar singkat mengenai teknologi NFC ini dan bagaimana
penerapan di masa mendatang. Semoga mencerahkan.

Xperia arc with Mobile BRAVIA Engine
http://www.sonyericsson.com/product/xperiaarc/video/mbe
PING'S Mobile - Plaza Semanggi
E-mail: i...@pings-mobile.com Ph. 021-96087100