At 21:12 98/03/07 +0000, you wrote:
>Saya merencanakan copy (persis sama! - tidak mengubah file permission, time
>stamp, etc) seluruh directory & file di partisi linux saya yg di hardisk1
>ke hardisk2 ... biar bisa dipake di komputer lain.
>Ada yang tahu cara yang paling cepat dan tepat?.
>Catatan: harddisk2 sementara saya pasang di komputer yg berisi harddisk1
>(pake docking bay).

format hd2 (kalau belum diformat), mount di salah satu direktori (misalnya
/mnt/hd2). pindah ke direktori yg mau dikopi, lalu kerjakan:

        find | cpio -puvmad /mnt/hd2

gimana kalau hd1 itu / (root)? sebentar... mau ngopi seluruh sistem ya...
kelihatannya nggak segampang itu. yg jelas tiap partisi logikal (swap, root,
/usr) harus diformat sendiri-sendiri. kemudian LILO juga harus diinstall
ulang ditempat yg baru. dan mungkin ada beberapa hal lain yg spesifik untuk
di komputer yg baru.
kalo mau aman: install sistem ditempat yg baru sampai bisa boot (nggak usah
install semua). kemudian copot dan mount di hardisk 'template', kerjakan
perintah di atas untuk tiap partisi. kalau bingung perintah diatas
sebetulnya ngapain, coba 'belajar' dulu dgn direktori yg isinya sedikit
dikopi ke tempat lain (tidak harus harddisk terpisah).

kalau ngopi seluruh file yg ada dibawah '/', harus pakai option -mount

        find -mount | cpio -puvmad /mnt/hd2

jadi isi hd2 tidak ikut dikopi ke dirinya sendiri (begitu juga mounted
partition yg lain).

    <@     PJ "Asa" Wirapati
    / \    Bioinformatics Unit, EIMB