> wah, skrg kekuasaan atas .id diincar sana-sini ya? ;)
> organisasi baru kok mau diarahkan main caplok gitu ya?

saya kira tidak juga, sayang bila lembaga inisiatif masyarakat yang sudah
terbangun menjadi mentah kembali seperti IDNIC, APJII, ISOC-ID dll.

Penjelasan pak Marcel dan Pak Tedy cukup jelas tetang perkembangan di
APNIC. Mungkin progrm APNIC tentang IP multihoming merupakan era transisi
ke IPv6 ;-).

Justru dengan adanya wadah baru NIR-ID atau BRIN dll, saya kira kerjasama
antar forum atau lembaga swadaya yg sudah ada itu semakin erat dan
menyatukan berbagai asosiasi terutama kesatuan persepsinya atas ISP, IP
address, hosting dan domain semakin baik.

Dalam lembaga baru itu saya kira masing-masing wakil komunitas bisa
mengusulkan kebutuhan IPnya masing-masing, karena soal internet masih
belum memasyarakat benar, maka melalui asosiasi-asosiasi yg ada di
masyarakat itu pula soal internet bisa diberitakan secara baik oleh
lembaga baru tersebut terutama tentang IP, domain, hosting dan ISP itu
sendiri.

Mungkin pula soal kesulitan memasyarakat domain atau akses internet
menjadi bisa lebih cair karena bila itu disosialisasikan oleh asosiasinya
sendiri masyarakat bisa "merasakan" bahwa apa yg diberitakan adalah untuk
kebutuhannya sendiri ;-). Bisa jadi th 2004 nantinya masyarakatpun jadi
siap menghadapi era AFTA dan pasar global ;-).

wass
-marno-