At 18:07 19/09/2002 +0700, Budi Rahardjo wrote:

>For the record, IDNIC belum menyetujui usulan ini.
>Terus terang, saya pribadi masih "trauma" dengan usulan
>memfilter domain "go.id" dari APJII sehingga tidak yakin
>akan kenetralan APJII dalam hal ini.

Biar sampai kapanpun, APJII tidak akan pernah bisa netral 100%, karena
APJII memang melakukan fungsi untuk kepentingan para PJI sebagai prioritas,
namun diupayakan juga untuk mempertimbangkan kepentingan komunitas yang
lain, misalnya adalah konsumen pengguna internet.

Soal usulan filtering domain 'go.id' dulu diangkat ke permukaan, adalah
demi membela kepentingan mayoritas para PJI yang teraniaya oleh kepentingan
tertentu yg didukung pemerintah. Meskipun akhirnya, filtering tersebut
tidak pernah dilaksanakan.

Itu sebabnya, APJII "membuka peluang" untuk men-transfer urusan policy
tentang alokasi IP address yang melibatkan kepentingan seluruh komunitas
internet di indonesia. Kalau masih ada di APJII, pasti tidak akan netral
karena fungsi APJII tersebut.

>PS: ISOC-ID tidak ikut hadir dalam meeting tersebut?

Dari ISOC-ID ada yg hadir, yakni Marcellus Adiwinata yg banyak
ber-kontribusi pada pertemuan tersebut.

Sdr. Indra Hartono juga hadir, meskipun mengakui mewakili ccTLD-ID, tapi
tidak dalam kapasitas untuk mewakili keputusan ccTLD-ID. Hingga wacana
pembahasan Domreg tidak berkembang.

lebih lengkapnya, lihat aja :
http://www.apjii.or.id/dokumen/arsip/Risalah_konsolidasiNir.pdf

-hn-