Ini penjabaran yang bagus dari Adi. Berarti Lake House kayaknya nggak termasuk 
science fiction kali ya? Lebih mirip drama fantasi. Soalnya kalo gak salah, 
nggak pernah ada penjelasan ilmiah dari kotak surat antarwaktu itu. Pokoknya 
penonton harus terima aja bahwa kotak surat itu berlaku seperti itu.

Ada satu lagi yang kebetulan juga dibintangi oleh Sandra Bullock, tapi 
didampingi oleh Julian McMahon (Dr. Doom di Fantastic Four) yang ceritanya 
Sandra Bullock tidur dan bangun lompat-lompat timeline maju-mundur hari. Sayang 
judulnya lupa. Premonition atau apa gitu.

Tapi ini juga sama, nggak pernah ada penjelasan ilmiah mengenai kenapa fenomena 
ilmiah tadi terjadi. Pokoknya itu terjadi, titik. Jadi ya kalau menurut gue 
sih, ini masuk genre drama fantasi.

My two cents.
Ario




________________________________
From: triharsa adicahya [email protected]


Nah ini baru menarik.
Sejauh mana sebuah cerita bisa dikatakan sebuah karya scifi.

Menurut gw, karya scifi adalah karya berlatar belakang science dan teknologi. 
Sciencenya sendiri cakupannya bebas, bisa biologi, astronomi, geologi atau yg 
lain. Begitu juga teknologinya, sama luasnya.ga semata-mata yang ada 
hubungannya dengan teknologi perjalanan antar bintang, misalnya.

Namun, sekali lagi menurut gw. Karya scifi tidak harus selalu berlatar science 
dan teknologi yang nyata atau sudah teruji. Penulis bebas merangkai logikanya 
sehingga "konsep" science dan teknologinya terasa mungkin dan masuk akal.

Kalau kebetulan cerita memiliki latar science dan teknologi yang nyata atau 
sudah teruji ini bisa juga. Dengan ini, audience bisa mendapatkan bayangan dari 
sesuatu yang nyata dan teruji, namun belum teraplikasi di kehidupan sehari2 
(imagine user interface in Minority report for example).

Yang jelas, cerita scifi bukan berlatar belakang klenik, magic atau 
supranatural.

Tapi bagaimana kita bisa menilai mana scifi yang bagus mana yg jelek?
..nahh, ini pertanyaan selanjutnya.

adicahya.blogspot. com
product designer imagining in Jakarta 
optimubags.com | sleeve and bags for eee pc


. 
 


      

[Non-text portions of this message have been removed]

Kirim email ke