Hmm..

justru kalo semuanya berdasar science, lalu dimana letak fiction nya?

mungkin yang dimaksud sci-fi itu justru science yang tidak lagi
science, tapi fiction..

dan kadarnya fiction itu yang bisa berbeda2.. tapi umumnya mengikuti
script lah..

dari penjelasan ario bahwa harus ada penjelasan sciencenya.. mungkin
itulah yang membedakan dengan fantasi. jadi, StarWars masuk genre
fantasy seharusnya, coz banyak juga yang menganggap itu sci-fi.

nah kalo berdasar kriteria ini, seharusnya banyak sekali sci-fi yang
harusnya masuk genre fantasi.. seperti contact, earth 2050, apalagi ya..

tapi kalo dipikir2 lagi, ST masuk fantasy juga donk? karena dilithium
- trilithium dll itu juga ga ada penjelasannya kan, masuk di tabel
unsur mana, hanya saja ST bisa menjelaskan fantasy tsb in a science
way - walaupun kalo kita mau kritis, science nya ST tuh fiction juga..

halah jadi bingung sendiri gw

^,^



--- In [email protected], triharsa adicahya
<tadica...@...> wrote:
>
> Nah ini baru menarik.
> Sejauh mana sebuah cerita bisa dikatakan sebuah karya scifi.
> 
> Menurut gw, karya scifi adalah karya berlatar belakang science dan
teknologi. Sciencenya sendiri cakupannya bebas, bisa biologi,
astronomi, geologi atau yg lain. Begitu juga teknologinya, sama
luasnya.ga semata-mata yang ada hubungannya dengan teknologi
perjalanan antar bintang, misalnya.
> 
> Namun, sekali lagi menurut gw. Karya scifi tidak harus selalu
berlatar science dan teknologi yang nyata atau sudah teruji. Penulis
bebas merangkai logikanya sehingga "konsep" science dan teknologinya
terasa mungkin dan masuk akal.
> 
> Kalau kebetulan cerita memiliki latar science dan teknologi yang
nyata atau sudah teruji ini bisa juga. Dengan ini, audience bisa
mendapatkan bayangan dari sesuatu yang nyata dan teruji, namun belum
teraplikasi di kehidupan sehari2 (imagine user interface in Minority
report for example).
> 
> Yang jelas, cerita scifi bukan berlatar belakang klenik, magic atau
supranatural.
> 
> Tapi bagaimana kita bisa menilai mana scifi yang bagus mana yg jelek?
> ..nahh, ini pertanyaan selanjutnya.
> 
> adicahya.blogspot.com
> product designer imagining in Jakarta 
> optimubags.com | sleeve and bags for eee pc
> 
> 
> 
> 
> --- Pada Jum, 30/1/09, Antonius Widjaja <mi...@...> menulis:
> Dari: Antonius Widjaja <mi...@...>
> Topik: Re: [Indo-StarTrek] Syarat film/cerita Sci-Fi
> Kepada: [email protected]
> Tanggal: Jumat, 30 Januari, 2009, 1:03 PM
> 
> 
> 
> 
> 
> 
> 
> 
> 
> 
>     
>             Sci-Fi = Science Fiction
> 
> Science = Ilmu pengetahuan
> 
> Fiction = Fiksi
> 
> 
> 
> jadi mungkin Film yang bergenre Sci-Fi itu harus punya basis cerita yang
> 
> bisa diterangkan dengan ilmu pengetahuan, kalau pure ngehayal bukan
Sci-Fi
> 
> kali yah..?
> 
> 
> 
> tapi ini just my 2 cents  lhoooo
> 
> 
> 
> Salam
> 
> 
> 
> 2009/1/30 ER <erianto.rachman@ gmail.com>
> 
> 
> 
> >   Hi guys,
> 
> > Setelah postingan film Glitch di bawa ke sini, sebenarnya apa sih
syarat
> 
> > film Sci-Fi ?
> 
> > apa menjadikan film tersebut digolongkan film Sci-Fi?
> 
> > Ada yang tau dan bisa menjelaskan?
> 
> >
> 
> > contoh:
> 
> > Apakah Star Trek = Sci-Fi? mengapa?
> 
> > Apakah Star Wars = Sci-Fi? mengapa?
> 
> > Apakah film Lake House = Sci-Fi? mengapa?
> 
> >
> 
> > Salam,
> 
> > ER
> 
> >
> 
> > [Non-text portions of this message have been removed]
> 
> >
> 
> >  
> 
> >
> 
> 
> 
> -- 
> 
> Salam
> 
> Antonius Widjaja
> 
> YM:digital_218
> 
> www.arjunamltd. com
> 
> 
> 
> [Non-text portions of this message have been removed]
> 
> 
> 
> 
>       
> 
>     
>     
>       
>        
>       
>       
> 
> 
> 
> 
> 
> 
> 
> 
>       
> 
> 
>       
>       
> 
> 
>       Nikmati chatting lebih sering di blog dan situs web. Gunakan
Wizard Pembuat Pingbox Online. http://id.messenger.yahoo.com/pingbox/
> 
> [Non-text portions of this message have been removed]
>


Kirim email ke