Hmm.. justru kalo semuanya berdasar science, lalu dimana letak fiction nya?
mungkin yang dimaksud sci-fi itu justru science yang tidak lagi science, tapi fiction.. dan kadarnya fiction itu yang bisa berbeda2.. tapi umumnya mengikuti script lah.. dari penjelasan ario bahwa harus ada penjelasan sciencenya.. mungkin itulah yang membedakan dengan fantasi. jadi, StarWars masuk genre fantasy seharusnya, coz banyak juga yang menganggap itu sci-fi. nah kalo berdasar kriteria ini, seharusnya banyak sekali sci-fi yang harusnya masuk genre fantasi.. seperti contact, earth 2050, apalagi ya.. tapi kalo dipikir2 lagi, ST masuk fantasy juga donk? karena dilithium - trilithium dll itu juga ga ada penjelasannya kan, masuk di tabel unsur mana, hanya saja ST bisa menjelaskan fantasy tsb in a science way - walaupun kalo kita mau kritis, science nya ST tuh fiction juga.. halah jadi bingung sendiri gw ^,^ --- In [email protected], triharsa adicahya <tadica...@...> wrote: > > Nah ini baru menarik. > Sejauh mana sebuah cerita bisa dikatakan sebuah karya scifi. > > Menurut gw, karya scifi adalah karya berlatar belakang science dan teknologi. Sciencenya sendiri cakupannya bebas, bisa biologi, astronomi, geologi atau yg lain. Begitu juga teknologinya, sama luasnya.ga semata-mata yang ada hubungannya dengan teknologi perjalanan antar bintang, misalnya. > > Namun, sekali lagi menurut gw. Karya scifi tidak harus selalu berlatar science dan teknologi yang nyata atau sudah teruji. Penulis bebas merangkai logikanya sehingga "konsep" science dan teknologinya terasa mungkin dan masuk akal. > > Kalau kebetulan cerita memiliki latar science dan teknologi yang nyata atau sudah teruji ini bisa juga. Dengan ini, audience bisa mendapatkan bayangan dari sesuatu yang nyata dan teruji, namun belum teraplikasi di kehidupan sehari2 (imagine user interface in Minority report for example). > > Yang jelas, cerita scifi bukan berlatar belakang klenik, magic atau supranatural. > > Tapi bagaimana kita bisa menilai mana scifi yang bagus mana yg jelek? > ..nahh, ini pertanyaan selanjutnya. > > adicahya.blogspot.com > product designer imagining in Jakarta > optimubags.com | sleeve and bags for eee pc > > > > > --- Pada Jum, 30/1/09, Antonius Widjaja <mi...@...> menulis: > Dari: Antonius Widjaja <mi...@...> > Topik: Re: [Indo-StarTrek] Syarat film/cerita Sci-Fi > Kepada: [email protected] > Tanggal: Jumat, 30 Januari, 2009, 1:03 PM > > > > > > > > > > > > Sci-Fi = Science Fiction > > Science = Ilmu pengetahuan > > Fiction = Fiksi > > > > jadi mungkin Film yang bergenre Sci-Fi itu harus punya basis cerita yang > > bisa diterangkan dengan ilmu pengetahuan, kalau pure ngehayal bukan Sci-Fi > > kali yah..? > > > > tapi ini just my 2 cents lhoooo > > > > Salam > > > > 2009/1/30 ER <erianto.rachman@ gmail.com> > > > > > Hi guys, > > > Setelah postingan film Glitch di bawa ke sini, sebenarnya apa sih syarat > > > film Sci-Fi ? > > > apa menjadikan film tersebut digolongkan film Sci-Fi? > > > Ada yang tau dan bisa menjelaskan? > > > > > > contoh: > > > Apakah Star Trek = Sci-Fi? mengapa? > > > Apakah Star Wars = Sci-Fi? mengapa? > > > Apakah film Lake House = Sci-Fi? mengapa? > > > > > > Salam, > > > ER > > > > > > [Non-text portions of this message have been removed] > > > > > > > > > > > > > -- > > Salam > > Antonius Widjaja > > YM:digital_218 > > www.arjunamltd. com > > > > [Non-text portions of this message have been removed] > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > > Nikmati chatting lebih sering di blog dan situs web. Gunakan Wizard Pembuat Pingbox Online. http://id.messenger.yahoo.com/pingbox/ > > [Non-text portions of this message have been removed] >
