Saya setuju juga dengan pendapat temen2...berdasarkan pengalaman selama ini, memang urutan rankingnya ga jauh berbeda utk penerbangan domestik: 1. garuda (meski pernah accident di jogja tp teteup no 1 sampai tingkat kenyamanannya, kelas business nya nyaman) 2a. air asia (access beli ticket sudah web based, ketepatan waktu lumayan, safety standard, cuman kadang menjadi kacau dan kurang nyaman karena justru dari pihak penumpang yg sering seenaknya) 2b. lion air (sptnya masih standard indonesia)
kalo maskapij lain di indonesia utk penerbangan domestik, saya hanya reccomend yg diatas, yg lain jika ngga kepaksa sebaiknya menunggu mereka ada perbaikan performa saja. Opini ini adalah opini pribadi dan sekedar share. best regards, Icuk Ida <[EMAIL PROTECTED]> wrote: Selama ini saya hanya beberapa kali menggunakan LionAir. Tapi saya tetap merasa terbang lebih safe dengan Lion walaupun cuma hanya dikasih air putih saja. Dan Lion Air tidak melarang penumpang untuk membawa makanan dari luar, sehingga orang bisa bebas membuka bekalnya masing2. Maklum lah budget flight jangan berharap untuk pelayanan yang lebih. Saya pernah delay selama 1 jam ketika mengadakan perjalanan dari Medan ke Jakarta, tetapi Alhamdulillah, perjalanan mulus tanpa merasakan guncangan sama sekali, padahal rute tersebut terkenal dengan guncangan2 kerasnya. Menanggapi Mbak Alida, sebetulnya mungkin pas Mbak beli tiket nya Mbak tidak melihat keterangan di itenerary nya. Lion Air memang memiliki dua armada penerbangan, yaitu Lion Air dan Wings Air. Dan biasanya ketika kita memesan tiket, akan disebutkan oleh travel agent tiket pesawat yang kita booking itu dioperasikan oleh Lion atau Wings. Itu pengalaman pribadi saya, dan karena kakak ipar saya kerja di travel agent dan punya kebiasaan untuk membacakan ulang booking an yang telah kita buat. Dari website juga bisa terlihat bahwa pesawat yang kita booking itu dioperasikan oleh siapa. Salah satu kemudahan Lion Air lagi adalah, kadang2 kita bisa dapat tiket murah melalui online booking. Oleh karena itu, saya pribadi akan mengurutkan airlines yang akan saya lihat untuk terbang, antara lain: 1. Air Asia 2. Lion Air 3. Sriwijaya Air 4. Garuda (karena jarang bisa dapat harga promosi) Bagaimana pendapat yang lain? Salam, Ida
