Boleh Nimbrung?    saya salut dengan penjelasan PNK  semoga tujuan baik
ini menjadi kenyataan dan menguntungkan semua pihak , walah ternyata ada
juga member milis yang kerja di PT. Putri Naga Komodo.   yang di tunjuk
oleh pemerintah kita untuk kelola Kawasan Taman Nasional Komodo.

tahun lalu,  karena keterbatasan dana!  alamak... sorry, kalau saya lagi
backpacking saya akan coba cara termurah ke Pulau Komodo!  jadi lah saya
naik perahu Penduduk komodo dengan Ongkos Rp. 20.000  dan bertandang di
salah satu keluarga Pak Ishaka Mansyur! 

Mba Katherina, kalau bertandang ke Kampung komodo, titip salam sama
bapak Ishaka, yang di depan rumahnya tertulis Narator pt putri naga
komodo,  dulu katanya pak ishaka juga petugas TN, terus berhenti dan
sekarang sebagai narator  PNK, apakah dia masih bekerja sama dengan PNK?

di perjalanan antara L Bajo - Komodo, saya sempat di tunjukan buku ttg
Komodo Dragon, di ceritakan panjang lebar tentang Komodo, dan.. ada
surat kesepahaman yang isinya akan ada dana sekian M dari PNK, untuk
kesejahteraan penduduk komodo, juga akan ada Kapal Pesiar yang akan
di kelola Komodo rencannya untuk mendatangkan Ribuan Turis...

waktu itu dalam hati saya mikir, waduh kalau sekali datang ada 1000-2000
turis, TNK tidak layak lagi di sebut obyek destination dengan sebutan
ecotourism, lebih cocok ke kata "mass tourism"
why!  karena kalau ada unsur komersialisasi, selalu ada Target ... dan
saya salut sama PNK kalau dalam satu tahun bisa mendatangkan 30.000 tamu
, dengan harapan ada uang masuk ke kas sebesar kalau yang datang bule
semua artinya sekitar 4,5 Milyar!   maklum, turis lokal sangat langka di
komodo!  sama seperti Komodo nya sendiri..

nah, cerita ttg Kampung komodo, dalam obrolan singkat.. TNC dulu kelola
TNK, sekarang katanya TNC (international NGO) ini punya anak perusahaan
bernama PT. Putri Naga Komodo, kalau sudah PT, sepertinya harus ada
profit, dan profitnya bisa mensubsidi keberadaan Taman Nasional!   dan
semoga aja program PNK dengan memberdayakan penduduk membuat Patung
Komodo, tidak berarti harus memindahkan Kampung mereka... karena Pak
Ishaka bilang, kalau ada Lembaga
yang mau pindahkan kampung Kami, Komodo juga akan Ikut pindah!
karena ada Hubungan erat antara penduduk komodo dan hewan komodo yang
mereka percaya sebagai bagian dari mereka!

ada yang lucu!  ketika saya pernah datang ke Loh Liang, karena feeding
sudah stop... nggak Nemu komodo di Pulau Komodo, saya lihat Bule2x
mencak2x karena nggak ada komodo, jawabannya paling manjur "ma'af tuan,
Komodo lagi pada Kawin"

lalu salah satu penduduk bilang, Mereka layak Marah!  mosok di pulau
komodo nggak ada komodo..hehe!
saya nggak tega untuk motret2x di kampun,  tidak mandi 3 hari karena
nggak ada air...
mungkin kalau saya usul, kenapa tidak penduduk komodo punya Homestay,
bisa guiding ke Gunung, dan bisa menggunakan perahu2x mereka utk
outboard, kan nggak hanya membuat patung Komodo!

walaupun saya sempat terkagum, ada Pak Haji di Kampung Komodo yang bisa
naik haji dengan hasil membuat Patung Komodo!  saya ada potret nya di
gubuknya yang sederhana, karena Penduduk nggak boleh ambil kayu dari
kawasan Taman Nasional.

semoga aja, kedepan dengan Hadirnya PNK, bukan kepanjangan tangan dari
TNC, membuat Taman Nasional ini Makin terjaga, dan penduduk nya semakin
sejahtera... karena di beberapa TN lain, saya liat orang NGO nya yang
sejahtera..

Komodo berasal dari Indonesia atau Australia?  ini joke kemarin... dan
kalau mau pelajari secara mendalam tentang hewan ini, mungkin sama rakus
nya dengan Manusia, bedanya Komodo bisa makan dengan Hasil Buruan yang
masih hidup

dan kalau mau merasakan where is Real Jurasic Park,  Go to Komodo Dragon..

salam
ARIS


Johannes Keioranto wrote:
> Katherine,
> Senang sekali membaca ulasan anda tt hal ini. Memang sebagai salah satu 
> pangsa pasar utama :) komunitas ini merasa butuh utk mengetahui kemana aja 
> larinya uang yang kami bayarkan. Bukan apa-apa. Sepertinya teman2 di sini 
> setuju untuk mengatakan bahwa kami peduli akan kelestarian TN terutama Komodo 
> ini. Dan kepercayaan itu sulit utk di dapat di indonesia. Ya seperti banyak 
> cerita dari anak2, ngomongnya sih duitnya buat membangun fasilitas setempat. 
> Tapi siapa yg tahu kalau ternyata duitnya masuk kantong pribadi khan? kagak 
> ada audit, lembaga LSM terkenal juga tidak, adanya cuma perseorangan pribadi. 
> Mungkin sulit bagi saya buat minta data keuangan audit. Paling mantek juga ya 
> lihat reputasi Lembaga donor di belakang anda. Nah reputasi ini sih yg saya 
> lihat paling penting untuk dipertahankan.
>
> Selamat buat penjelaan ini dan saya pribadi mendukung upaya anda sekalian 
> dalam melestarikan TN Komodo ini. Mudah-mudahan daku bisa datang kalau putri 
> naga komodo mengadakan program diskon hehehe. namanya juga backpacker yah.
>
> rgd,
> Joe
>
> ----- Original Message ----
> From: Katherina Tjandra <[EMAIL PROTECTED]>
> To: indobackpacker milist <[email protected]>
> Sent: Thursday, September 13, 2007 1:43:32 PM
> Subject: [indobackpacker] Taman Nasiona Komodo kini
>
>
> Dear moderator,
> mohon ijin untuk memposting email di bawah. Mudah-mudahan bisa menambah 
> informasi buat  rekan2 sekalian para backpackers dan traveller tentang 
> Komodo. 
>
> salam,
> katherina
> marine science coord.
> PT.Putri Naga Komodo
>
>
>
>
> Dear rekan-rekan Indobackpackers…
>
> Terima kasih banyak atas masukan dan pertanyaan yang sangat baik ini. Kami 
> sadar, kami masih punya banyak PR, terutama dalam mengkomunikasikan berbagai 
> kegiatan dan kebijakan yang diberlakukan di Komodo, terutama kebijakan CCF 
> (Contribution to Conservation Fund / Dana Kontribusi Konservasi). Untuk itu, 
> mudah-mudahan rekan-rekan tidak keberatan jika saya mencoba memulai arus 
> komunikasi, terutama untuk para wisatawan lokal, melalui milis ini. Agak 
> panjang nih… gak pa2 ya…
>
> Agak-agak susah memang menjelaskan tentang Komodo. Pengelolaan di Komodo saat 
> ini merupakan model pengelolaan kawasan konservasi yang baru pertama kali 
> dilakukan Pemerintah Indonesia (dlm hal ini Departemen Kehutanan, Dirjen 
> PHKA), yaitu menggunakan pendekatan kolaborasi. Memang pengelolaan berbasis 
> kolaboratif sudah pula dijalankan oleh beberapa taman nasional yang lain, 
> tapi tidak dalam skala yang sebesar dan sekompleks ini. Sebuah model ideal 
> yang, terus terang saja, sering dihadang banyak tantangan dalam 
> menjalankannya, apalagi dalam menjelaskannya dengan kata-kata. (Yang paling 
> enak adalah rekan-rekan datang ke sini, dan dijelaskan sambil meninjau 
> lokasi-lokasi dan melihat program-program... baru lebih mudah dimengerti... 
> but, I’ll try my best, selama pada gak bosen bacanya...)
>
>
> "No SPAMMING or forwarding unrelated messages, you will be banned immediately"
>
> I
-- 

--------------------------
http://odesya.multiply.com
http://community.webshots.com/user/kunlun_it
"The true mountaineer-climber or hill walker walks softly through the 
wilderness striving to leave not the slightest trace in his passage."

"Mountaineering - Freedom of the Hills"

Send instant messages to your online friends http://asia.messenger.yahoo.com 


"No SPAMMING or forwarding unrelated messages, you will be banned immediately"

Indonesian Backpacker Communities
visit our website at www.indobackpacker.com
backpacking trip visit http://backpacking.indobackpacker.com
Photogallery visit http://photogallery.indobackpacker.com

"Sebelum membalas email, Mohon potong bagian yang tidak Perlu dan kkutip bagian 
yang perlu saja"

Milis tidak bisa menerima ATTACHMENT, untuk menghindari Virus dan Menghemat 
Bandwidth.

- Satu email perhari: [EMAIL PROTECTED]
- No-email/web only: [EMAIL PROTECTED]
- menerima email: [EMAIL PROTECTED]
- berhenti dari milist kirim email kosong : [EMAIL PROTECTED]
- Begabung kembali ke milist kirim email kosong : [EMAIL PROTECTED] 
Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
    http://groups.yahoo.com/group/indobackpacker/

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
    http://groups.yahoo.com/group/indobackpacker/join
    (Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
    mailto:[EMAIL PROTECTED] 
    mailto:[EMAIL PROTECTED]

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
    [EMAIL PROTECTED]

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
    http://docs.yahoo.com/info/terms/
 

Kirim email ke