The answers are : 1. Visa schengen itu gampangnya satu visa untuk masuk ke negara2 anggota uni eropa (masih blm semua anggota terikat perjanjian Schengen, tp baru sekitar belasan, a.l Jerman, Benelux, Prancis). Misalnya spt ini, anda apply visa Jerman, berhubung Jerman masuk sebagai anggota Schengen countries, maka visa anda untuk jerman ini berlaku juga u/ negara2 schengen lainnya (tanpa perlu apply visa lagi ke negara lain tsb). Di border darat negara2 ini, biasanya udah nggak ada pemeriksaan visa lagi (nggak tahu kalau di airport).
2. Ngurusnya di kedutaan besar negara2 yg tergabung ke perjanjian schengen ini (jerman, belanda, belgia, etc). Inggris meskipun anggota uni eropa, tp mereka nggak bergabung dalam perjanjian schengen. 3. Visa Belanda itu setahu saya termasuk visa Schengen. 4. Jerman dan Belanda masuk negara Schengen. Rasanya italia juga. Jadi anda bikin visa di salah satu negara Schengen aja. Dulu teman saya pernah bikin visa Schengen di kedubes Jerman, tp berhubung masuk eropa lewat Schippol (Belanda), makanya visa Jerman (visa schengen dia di-cap di Belanda, pas masuk ke Duesseldorf (jerman) udah nggak dicap lagi. Semoga membantu Ronald > hallo, salam kenal buat anggota BP's!! > mungkin pertanyaannnya agak norak dan udik. tapi jujur aja aku bener2 > ga tau jadi ya mohon temen2 BP's bisa kasih jawabannya. sebelumnya > thanks a lot. > 1. apa sich yang dimaksud visa scengen? (bener ga ya tulisannya > begini???) > 2. kalo di indonesia ngurusnya dimana? > 3. temenku bilang kalo kita punya visa belanda itu blum termasuk visa > scengen. jadi kita bisa jjs cuma di belanda aja. bener ga sich? > 4. rencananya aku mau ke italia-jerman-belanda, jadi aku harus ngurus > visa ke masing2 kedutaan or langsung bikin visa scengen aja? > kalau ada salah2 kata, harap maklum ya. > > trims, > Rizki > >
