Dear teman2 Indobackpacker, Thanks banget atas protesnya Deasy. Ada beberapa pertimbangan yang membuat moderator terkadang 'terpaksa' tidak merilis dan menegur buat yang mengirim email mentahan di milis.
Salah satu adalah karena berbagai macam tingkatan pengalaman backpacker di milis ini. Ada yang udah sering jalan, ada yang mau memulai tapi ngga tau gimana, ada yang cuma ingin konfirmasi dll. Dalam dinamisme milis backpacker & travelling, terkadang informasi yang udah ada jadi ngga valid lagi alias perlu di updates. Karena itu dengan berbagai pertimbangan ada pertanyaan yang diloloskan dengan harapan update situasi terbaru. Tentang visa USA, pertimbangan moderator karena informasi lewat website udah cukup banyak dan sahih. Dari website kedutaan USA di Jakarta saja ada dalam dua bahasa, so rasanya ngga ada alasan untuk ngga baca. Teguran temen2 tentang kemalasan searching kemungkinan ditanggapi sebagai kebutaan akan pengetahuan websites berkaitan dengan backpacking yang mau dijalaninya. Karena itu alangkah baiknya jika rekan2 memberikan info dengan link, jadi yang bersangkutan bisa nyari sendiri alias dikasih mentahan. Terutama buat backpacker pemula alias nol puthul alias kosongan. Sharing info di dunia hiruk pikuk internet akan lebih bijak jika ditunjukkan jalan. Misalnya : silakan liat website kedutaan USA di Jakarta tentang visa di http://jakarta.usembassy.gov/consular/consular.html (selebihnya baca sendiri deh, jadi ngga harus diterangin satu2). Sekali lagi, thanks buat koreksi dan protesnya. Salam, Ambar salah satu moderator --- In [email protected], "Dessy" <dessy_s...@...> wrote: > > setuju bangetz dgn mbak luna... > terkadang walaupun kita tau, kita juga agak2 males ngebales email klo > pertanyaan nya masih 'mentah' gitu.. > > search selain di google, diarsip milis ini juga buanyak banget data yang bisa > dilihat dan diakses.... > dan rasa2nya moderator juga udah gak bosen2 ngingetin kita untuk searching > dulu.... > > ngomong2 sekalian protes nih untuk mbak / mas moderator : > saya pernah kirim email nanya mengenai visa USA, tapi ga direlease di milis > ini dgn alasan udah pernah dibahas dulu.... tapi kenapa ya kayaknya > belakangan saya liat banyak juga tuh email2 pengulangan topik yg sudah > sangat-sangat-sangat sering dibahas.... apalagi klo email yg bunyinya gini > nih : > " hi IBP, sy tgl ... s/d ... ada di kota / negara X... apa ya yg bisa dilihat > disana ??? " >
