Percuma mengikuti seminar dengan Yakub, via e-mail saja menghindar,
bahkan ditunggu banyak orang di forum Salib-Net gara-gara "surat
mubaligh" tetapi ybs. 'ngilang. Saya sudah sering mengikuti
seminar, semuanya diatur oleh moderator, apalagi jika pesertanya
buanyak, paling-paling cuman kebagian satu kali bertanya.

Kalo mau diskusi, internet merupakan salah satu forum yang cocok.
Kalau mau duduk satu meja sambil dialog dan debat pun boleh tapi
tidak bakal selesai dalam satu hari. Lha, 'ngapain buang-buang
waktu?

Saya ini orang bisnis, direktur suatu perusahaan swasta. Kalo
dipikir-pikir dan pernah juga ada orang yang tanya, 'ngapain sih
repot-repot berdebat tentang Yahweh dan Allah? Bukankah waktu saya
seyogianya ditujukan buat 'ngurusin perusahaan, 'ngurusin keluarga,
ketimbang belajar bahasa asli Alkitab, bikin milis Biblika,
diskusi, dan bahkan debat di internet? Ngapain buang-buang duit
percuma bayar pulsa telepon, bayar ISP, dan sebagainya. Bukankah
lebih baik disumbangkan saja ke gereja?

Apalagi saya sama sekali engga punya latar belakang teologia, cuman
'ngantongin ijazah SMEA, pernah kuliah di Fakultas Ilmu
Administrasi jurusan Administrasi Niaga yang sama sekali engga
berbau teologia. Pekerjaan saya pun engga ada hubungannya dengan
Alkitab. Emangnya saya mau sok pamer bahwa orang awam bisa debat
dengan pendeta? Hal itu udah engga cocok lagi dengan usia saya yang
udah kepala lima.

Saya lakukan semua hal itu, pertama, untuk Yesus Kristus, saya
ingin melayani-Nya dengan "ilmu" yang saya peroleh terutama tentang
studi biblika dan bahasa asli Alkitab, engga mau makan sendiri,
kata orang bijak. Kedua, saya tidak suka jika rambu-rambu pribadi
saya dilanggar. Kalo ada orang Kristen yang bilang bahwa yang makan
babi itu bakal masuk neraka, maka saya bantah karena melanggar
rambu-rambu pribadi. Saya tidak mengatasnamakan Kristen, tetapi
mengatasnamakan saya sendiri karena saya memang doyan makan babi.

Itu saja koq. Kalo ada yang pro, syukur alhamdulillah, kalo ada
yang kontra, itu hal yang biasa. Suami-istri saja bisa beda
pendapat, ayah dan anak pun terkadang bertengkar habis-habisan,
apalagi sesama orang Kristen.