--- In [email protected], "Dafferianto Trinugroho"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Ikutan ninmbrung OOT nih.... Kayanya seru banget ngomongin UGM....
> Belakangan ini dah agak keliatan kan gencarnya UGM promosi
> penggunaan OSS (ar least anak2 KKN Cyber 2005 gencar bgt tuh,
> biarpun mereka sendiri di kost masih bajak2an juga :P).

memberi apresiasi/penghargaan di kita pan jarang...:-). Sama dengan di
kampus, pernahkah ada dosen yang memberikan pujian kepada mahasiswa
yang berhasil melakukan hal khusus?

> So, kalau ada rekans yang merasa mahasiswa UGM, kayaknya jadi duty
> bersama untuk support program2 pengenalan OSS ini. Emang pasti gak
> gampang, tapi harus dimulai kan?

paling tidak mulai dari diri sendiri...:-). Di jurusan Teknik Geologi
UGM, saya mewajibkan mahasiswa memakai produk OpenSource. Mahasiswa
yang memakai produk bajakan nilainya dikurangi 15% tiap paket...
(karena etika dipakai untuk komponen nilai akhir), misal saya mengolah
foto pakai PhotoShop dan CorelDraw terpaksa dikurangi 2*15% = 30%. Ini
lumayan berhasil karena seperti yang saya tulis sebalumnya... pakai
power. Ide ini pernah ditentang beberapa dosen, tapi kan mereka tidak
ngajar... EGP lah. Jadi, mahasiswa akan "terpaksa" belajar OpenSource
karena butuh nilai bagus... 

> Untuk di prodi saya sendiri (Ilmu Komputer) baru diadakan audit
> gede2an mengenai kurikulum. Hopefully *NIX based system bisa jadi
> pegangan utama untuk menunjang kurikulum. Lah, soale dosen2nya juga
> masih pada *NIX-blind je.....

Kurikulum seharusnya tidak perlu ditambal sulam... diupdate tiap saat.
Kapan mikir yang lain kalau tiap saat mikirin kurikulum... Tapi isinya
yang perlu diperbaharui. Mungkin perlu studi banding ke LN, kayak
anggota DPR itu lho. Di Jerman kurikulum tidak pernah dikutak-katik.
Yang baru itu cuman isi kuliahnya... judul mata kuliah tetap sama.
Misalnya ngebahas OS ya tetap tentang itu, perkara nanti ada OS baru
tidak masalah dalam artian ngerubah kurikulum. Di kita kayaknya senang
banget ngubah kurikulum... transparasi tetap sama...:-).

IWW





------------------------ Yahoo! Groups Sponsor --------------------~--> 
<font face=arial size=-1><a 
href="http://us.ard.yahoo.com/SIG=12hvbik7c/M=362335.6886445.7839731.1510227/D=groups/S=1705006580:TM/Y=YAHOO/EXP=1124780955/A=2894361/R=0/SIG=13jmebhbo/*http://www.networkforgood.org/topics/education/digitaldivide/?source=YAHOO&cmpgn=GRP&RTP=http://groups.yahoo.com/";>In
 low income neighborhoods, 84% do not own computers. At Network for Good, help 
bridge the Digital Divide!</a>.</font>
--------------------------------------------------------------------~-> 

"This is my way being a linuxer..."
http://jogja.linux.or.id
http://jogja.linux.or.id/wiki/

Untuk berhenti langganan silahkan kirim email kosong ke:
[EMAIL PROTECTED]
 
Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
    http://groups.yahoo.com/group/jogja-linux/

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
    [EMAIL PROTECTED]

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
    http://docs.yahoo.com/info/terms/
 



Kirim email ke