Rere wrote:
> Gimana nih, aku rencana mau buat server back-up. Gimana sich, tolong
> pencerahannya donk. Aku pake RH 9. jadi intinya, tiap Ada perubahan di
> server 1 akan otomatis berubah di server 2.
> yang mau di back up semua file yang ada di server, istilahnya 2 server tapi
> satu DNS. Help me dunk...!!

hanya sedikit memberikan pertimbangan,

kalau yang di-backup adalah aplikasi, mungkin justru akan menjadi sangat 
tidak efisien (dan ribet tentunya) jika dengan dasar pemikiran setiap 
perubahan di server 1 otomatis berubah di server 2. dalam konteks ini 
yang paling bijak adalah mem-backup secara periodik, dengan 
mengkombinasikan peranan rsync, cron, dan ssh. perlu dipahami bahwa 
proses backup ini juga memerlukan resource memori yang lumayan, apalagi 
jika yang dibackup semua file. penjadwalan backup otomatis - katakanlah 
setiap jam 24.00 setiap harinya - sudah lebih dari cukup.

nah,

hal ini akan berbeda dengan backup database. dalam konteks ini disebut 
proses replication, di mana di server tersebut dijalankan sebuah engine 
yang akan melakukan replikasi ke server backupnya, secara realtime, jika 
ada perubahan database di server utama

masalahnya, jika server utama tewas, tetep butuh kerja manual untuk 
melakukan pemindahan pendelegasian server ini.

mohon maaf, hanya bisa memberikan pertimbangan, sebelum masuk ke hal2 
teknis yang memusingkan :)


-- 
Motorcycling is either in your blood or it's not. We just have to accept 
that a certain segment will always think we're crazy, but so what? Life 
is for pleasure and fun, and to a motorcyclist, nothing beats a good 
ride. - pk/SSFC-003, http://ssfc.or.id

pk-
http://pk.datacrux.org


------------------------ Yahoo! Groups Sponsor --------------------~--> 
Get fast access to your favorite Yahoo! Groups. Make Yahoo! your home page
http://us.click.yahoo.com/dpRU5A/wUILAA/yQLSAA/0XFolB/TM
--------------------------------------------------------------------~-> 

"This is my way being a linuxer..."
http://jogja.linux.or.id
http://jogja.linux.or.id/wiki/

Untuk berhenti langganan silahkan kirim email kosong ke:
[EMAIL PROTECTED]
 
Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
    http://groups.yahoo.com/group/jogja-linux/

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
    [EMAIL PROTECTED]

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
    http://docs.yahoo.com/info/terms/
 


Kirim email ke