Rere wrote: > Gimana nih, aku rencana mau buat server back-up. Gimana sich, tolong > pencerahannya donk. Aku pake RH 9. jadi intinya, tiap Ada perubahan di > server 1 akan otomatis berubah di server 2. > yang mau di back up semua file yang ada di server, istilahnya 2 server tapi > satu DNS. Help me dunk...!!
hanya sedikit memberikan pertimbangan, kalau yang di-backup adalah aplikasi, mungkin justru akan menjadi sangat tidak efisien (dan ribet tentunya) jika dengan dasar pemikiran setiap perubahan di server 1 otomatis berubah di server 2. dalam konteks ini yang paling bijak adalah mem-backup secara periodik, dengan mengkombinasikan peranan rsync, cron, dan ssh. perlu dipahami bahwa proses backup ini juga memerlukan resource memori yang lumayan, apalagi jika yang dibackup semua file. penjadwalan backup otomatis - katakanlah setiap jam 24.00 setiap harinya - sudah lebih dari cukup. nah, hal ini akan berbeda dengan backup database. dalam konteks ini disebut proses replication, di mana di server tersebut dijalankan sebuah engine yang akan melakukan replikasi ke server backupnya, secara realtime, jika ada perubahan database di server utama masalahnya, jika server utama tewas, tetep butuh kerja manual untuk melakukan pemindahan pendelegasian server ini. mohon maaf, hanya bisa memberikan pertimbangan, sebelum masuk ke hal2 teknis yang memusingkan :) -- Motorcycling is either in your blood or it's not. We just have to accept that a certain segment will always think we're crazy, but so what? Life is for pleasure and fun, and to a motorcyclist, nothing beats a good ride. - pk/SSFC-003, http://ssfc.or.id pk- http://pk.datacrux.org ------------------------ Yahoo! Groups Sponsor --------------------~--> Get fast access to your favorite Yahoo! Groups. Make Yahoo! your home page http://us.click.yahoo.com/dpRU5A/wUILAA/yQLSAA/0XFolB/TM --------------------------------------------------------------------~-> "This is my way being a linuxer..." http://jogja.linux.or.id http://jogja.linux.or.id/wiki/ Untuk berhenti langganan silahkan kirim email kosong ke: [EMAIL PROTECTED] Yahoo! Groups Links <*> To visit your group on the web, go to: http://groups.yahoo.com/group/jogja-linux/ <*> To unsubscribe from this group, send an email to: [EMAIL PROTECTED] <*> Your use of Yahoo! Groups is subject to: http://docs.yahoo.com/info/terms/
