|
sebenarnya masalah ini terlepas dari apa kita berasal dari buddha, tao atau khonghucu, terlepas dari itu semua saya menganggap bahwa 3 agama ini mengalami semacam penganaktirian dari masa lalu dimana telah terjadi semacam 'penghabisan' 3 agama ini.Kita tidak perlu membicarakan masalah siapa yang lebih dulu ada, baik itu tao,khonghucu atau buddha, klo kita bicara masalah siapa yang lebih dulu maka itu juga harus dilihat dari sejarah yang ada. agama buddha memang paling muda diantara keduanya tapi itu di Cina dalam arti di negara atau di wilayah itu, tapi dinegara asal maka agama buddha lebih tua. contoh di India ('memang hindu lebih tua tapi dari literatur yang saya baca agama buddha telah ada tapi tidak pernah disebarkan"). kita disini membicarakan bagaimana strategi politik masa lalu yang bertujuan menghabisi ketiga agama itu dengan jalan memasukkan agama lain sebagai ganti agama tersebut .memang hanya agama buddha yang diakui sebagai agama tapi coba lihat generasi muda tionghoa kita, hampir 90% tidak mengenal apa 3 agama tsb. mereka cenderung ikut agama modern yang sekarang ini cenderung ngetren dan dengan diiming-imingi keselamatan.sedang 3 agama ini cenderung dianggap agama kuno yang patut ditinggalkan bahkan yang ironisnya ada yang tragis. ada seorang temanku yang memaksa ortunya ikut agamanya dia. karena si ortu ini tetep teguh pada keyakinannya, akhirnya si ortu ini ia tinggal dan tidak pernah dia rawat sama sekali, bahkan ketika meninggal si temenku ini tidak mau dateng dengan alasan ortunya menganut agama setan. saya juga mengalami kejadian yang kadang membuat saya jengkel. coba teman-teman milis bayangkan saya dateng ke temanku bawa HIO(dupa). dan saya letakkan dimeja kerjanya. lalu ketika dia tahu saya taruh hio itu dia marah dan memaki-maki saya dan dia mengatakan bahwa kenapa benda setan itu ada di mejanya . saya lalu mengatakan ke dia('agak emosi saya') klo memang benda itu setan berarti nenekmoyangmu juga setan karena pake benda ini di waktu lampau. inilah keberhasilan politik masa lalu dimana kebebasan kelenteng dibatasi dan diawasi ruang geraknya sehingga banyak yang lari ke agama lain dan cenderung menjadi extremis tapi bodoh. dengan adanya hal spt ini orang tionghoa menjadi terpecah dan terkotak-kotak akibat adanya perbedaan ini.
thank's
ronny
-------Original Message-------
Date: Thursday, October 24, 2002 05:12:50 PM
Subject: Re: [Kelenteng] pemaksaan agama
hi there, emang bener apa yang dikatakan saudara Ronny dimana pada saat di bangku sd sampe sma ada yang suka hujat terhadap bangsa Tiong hoa terlebih yang beragama buddha...kenapa dikatakan semua penganut Buddha, Taoist, Konghucu di katakan agama Buddha karena di indonesia agama taoist dan konghucu tidak termasuk dalam 5 agama, dan yang semestinya diakui sebagai agama itu adalah Taoist soalnya agama ini udah berada sebelum adanya Buddha dan Konghucu nah kenapa di indonesia hanya diakui agama Buddha sorry kalo ada yang tersinggung soal ini...tapi ini benar2 kenyataan dan termasuk dalam sejarah bangsa Tionghoa... Menurut saya salah satu factor kenapa mereka suka menghujat bangsa Tiong Hoa adalah karena mereka iri dimana kenyataan yang ada bangsa tiong hoa rata2 memiliki kehidupan yang lebih baik dibanding native people...yang menguasai perdagangan dari jaman ke jaman selalu dikuasai oleh bangsa Tiong Hoa oleh karena itu mereka terlihat cukup tidak senang atau iri kepada kami. Demikian ide atau masukan dari saya...sekali lagi sorry kalo ada kata2 yang mungkin menyinggung atau salah...
Iswandi Santoso Columbus,OH USA ronny winarto <[EMAIL PROTECTED]> wrote:FLAVOR00-NONE-0000-0000-0000000000003.0; dear all setelah kita semua berdiskusi masalah-masalah berkaitan dengan keyakinan kita, sekarang saya minta pendapat teman-teman. bahwa di Indonesia ini telah terjadi semacam pengikisan orang kelenteng2 yang dilakukan oleh umat lain. gimana nih pendapatnya teman-teman. saya banyak kasus baik yang saya alami sendiri atau teman saya sendiri atau bahkan keluarga saya. untunglah karena keyakinan saya,teman dan keluarga kami yang kuat maka hal itu tidak terjadi. yang saya sesalkan dulu sewaktu saya sekolah di sekolah dasar swasta di Surabya, penghujatan terhadap agama lain sering dilakukan, bahkan yang saya alami waktu saya kelas 5 SD, waktu itu pelajaran PMP materinya Toleransi umat beragama( Ironis sekali!!!!!!) penhujatan2 itu sering dilakukan. bagaimana dengan teman-teman yang mengalaminya bagaimana tanggapannya dan bagaimana klo kita saling berbagi pengalaman ronny ____________________________________________________ IncrediMail - Email has finally evolved - Click Here
--------------------------------- Do you Yahoo!? Y! Web Hosting - Let the expert host your web site
|