> 2. Namun, harus disadari juga bahwa setiap individu punya hak pribadi. Ini
> yang juga harus dihargai. Sangat naif kalau kita mengatasnamakan moral,
dan
> kemudian melarang seseorang melakukan sesuatu yang tidak menggangu orang
> lain.

Ada beberapa pengalaman dari rekan-rekan di Makassar.

Di sebuah warnet, ada pelanggan yang membuka situs porno, kemudia setelah
puas melihat-lihat, dia langsung menginggalkan komputer yang digunakannya
begitu saja, setelah itu langsung membayar di kasir.
Setelah pemakai tersebut, datanglah seseorang yang baru pertama kali ingin
belajar internet dan langsung memakai komputer yang ditinggalkan oleh
pelanggan pertama. Namun alangkah herannya dia ketika pertama kali membuka
komputer, yang terlihat adalah gambar-gambar seronok di depan matanya. Dan
dengan pengalaman pertama tersebut, tahulan dia bahwa rupanya internet dapat
digunakan untuk melihat ambar-gambar fulgar.
Niat yang pada awalnya hanya untuk belajar mengirim dan menerima email serta
untuk mencari berita akhirnya dikotori dengan gambar tersebut.

Nah, apabila hal tersebut terjadi, kira-kira siapa yang bersalah telah
merusak orang tersebut ?

IMHO, seandainya hal tersebut dapat dicegah, mengapa tidak ? Apalagi
teknologi memungkinkan untuk melakukan hal tersebut.
Apakah kebebasan yang didengung-dengungkan itu adalah kebebasan tanpa batas
?

Masalah pembatasan pengertian pornografi, mungkin hal ini jangan dulu
diperdebatkan, karena akan menjadi perdebatan yang amat panjang dan tidak
akan melakukan hal yang seharusnya dilakukan. Bukankah dapat dilakukan
pemblokiran secara bertahap, minimal untuk semakin mempersempit
"kemungkinan" tersebut.

Tetapi ini hanya pendapat saya saja, mohon masukan juga dari rekan-rekan.

Best Regard's

Khalid Mustafa
mailto:[EMAIL PROTECTED]
http://www.khalidm.cjb.net