waktu itu, Mon, Nov 05, 2001 at 10:23:03AM +0700, Tumpal Aug. menulis:

> Sepertinya saya setuju dgn usul ini, tapi bisa lebih diuraikan tidak, 3
> kalimat terakhir itu yg belum saya ngerti.

Iya kalau misalnya KPLI bikin kegiatan, didukung perusahaan linux, kan dua-dua untung.
Pengguna Linux makin banyak. Pasar perusahaan tambah luas. KPLI berjalan baik.
Kalau bentuknya, fleksibel, tergantung kesepakatan dua pihak.

> Terus mengenai komposisi anggota LUG, bisakah masing2 pengurus LUG yg ada di
> milis ini ngasih gambaran kasar ke saya?  Berapa persen mahasiswa,
> profesional, hobbiest di LUG kota anda.  Berapa persen Linux digunakan utk
> kerja, iseng, game, dll.

kpli di sini memang harus sering ngadain 'hearing' dengan perusahaan linux.

> Kalo kita bisa ngegabungin data ini, saya rasa kita bisa melangkah ke
> perancangan strategi berikutnya.

mungkin perlu dibuat forum ya? Atau sederhananya, jadwal ketemu rutin.

> Nah sekarang ada kesempatan nih...MS lagi galak.  Itu katalis kuat utk
> memperbesar kue.  Beda dgn mail saya sebelumnya, kue dalam hal ini adalah
> masyarakat yg sudah siap pakai Linux.

siap pakai itu relatif. Posisi KPLI/perusahaan linux bukan 'menunggu' hingga siap
pakai,
tapi 'membentuk' pengguna hingga 'siap pakai' sebanyak-banyaknya. Kapan aja relevan.

> Mas, bentuk komitmen kan macem2.  Susah ngukurnya.  IBM aja yg ngaku
> komitmennya thd OpenSource sebesar 1.3 billion tahun 2001, masih agak sukar
> dirasakan oleh komunitas Linux Indonesia.  Hanya segelintir perusahaan yg
> ngerasa.

justru gampang ukurnya. Jika tindakan perusahaan ke kpli akan membuat pengguna linux
bertambah luas, itu bisa disebut dukungan. Kalau bentuk memang macem-macem.

> Saya sendiri masih bingung dgn kerja sama gimana yg paling proper antara LUG
> dgn perusahaan.

kenapa nggak ketemu aja untuk dibicarain? Tentang bentuk yang ideal, bakal ketemu
pada saat menjalankan proses mencari bentuknya. Lha prosesnya aja belum dimulai (atau
mungkin sudah beberapa, tapi tidak terstruktur) ?

--
fade2bl.ac