----- Original Message -----
From: "Akbar" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>

> Then the flame war begin...... :)

:-)

> Ini adalah promosi dari penggemar gtkmm....
> Buat aplikasi dengan gtkmm gampang. Memang Anda bisa membuat GUI
> langsung dengan kode.... tapi itu sangat tidak nyaman...
>
> Kemudian Glade pun datang..... Sangat gampang membuat User Interface
> atau GUI dengan Glade..... orang yang nggak bisa coding pun bisa
> melakukannya..... Kemudian dari itu Anda punya 2 pilihan. Pertama dari
> GUI itu Anda bisa build source code.....

Untuk membuat GUI wxWidgets, bisa mendownload DialogBlocks.

>Dari milis Gnome, GTK+ yang
> saya ikuti cara seperti ini not recommended. Kedua.... Dari User
> Interface yang sudah Anda buat itu.... Anda cukup simpan saja ( Save
> doank ).  Dapetnya file blabla.glade. Dari itu Anda coding dan tinggal
> membuat pointer yang mengarahkan ke masingmasing widget dari User
> interface yang sudah dibuat oleh Anda..... Bahkan Anda bisa mengubah
> interface tanpa mengganggu coding Anda....

Dalam wxWidgets ini bisa dilakukan dengan file XRC :-)
Jadi bila kamu mau rubah tampilan, nggak bakal merusak source code, karena
resource tersebut terpisah dengan source code c++-nya.

> [...]
> http://www.akbarhome.com/download
>
> Dengan gtkmm, Anda mempunyai framework...
> http://bakery.sourceforge.net/
>
> Kenapa para developer gtkmm memilih gtmm daripada Qt?
> http://www.gtkmm.org/docs/gtkmm-2.4/docs/FAQ/html/index.html#id2443494
>
> Ada banyak perusahaan commercial yang menggunakan gtkmm. Jadi gtkmm itu
> bukan cuma buat free software saja. Untuk cari duit juga bisa. :)
> MySQL menggunakan gtkmm. :)
> http://www.gtkmm.org/commercial_support.shtml
> Anda juga bisa mendapatkan support commercial dari sini....

Wah nanti saya lihat link2 di atas :-)
Btw, namun sejujurnya...wxWidgets masih punya kelemahan dengan tidak
mendukung RTTI dan Exception yang merupakan fitur dari c++. Mungkin ada
fasilitas yang serupa dengan RTTI, tapi hanya emulasi dari librarinya.

> Saya penggemar C++. Kenapa saya memilih gtkmm? Well kepikirannya....
> imajinasinya... salah satu impian saya sebelum lulus kuliah.... nanti
> pas masa mahasiswa ini.... mungkin saya mau cari duit dengan buat
> software secara lokal. Mungkin untuk perusahaan kecil seperti rental,
> atau toko kecil menengah.... Dan ini adalah kepentingan komersial.

Cool :-) I'm glad to hear this.
Semoga berhasil yach...

> Dan
> untuk kepentingan komersial Saya harus membayar lisensi $1550 atau
> sekitar tiga belas juta jika saya menggunakan qt.... Itupun hanya untuk
> satu platform. Saya yakin saya tidak akan sanggup membayar. Jadilah saya
> mencari alternatif lain..... Ok, gtkmm atau wxwidget. Yah.....
> bagaimanapun saya harus memilih dan akhirnya pilih gtkmm. Yah, mungkin
> saya adalah penggemar gnome... Yup, it is fun with gtkmm for developing
> sotfware....

Yach emang semua lari pada kenyamanan tiap-tiap orang, boleh nech coba kalau
gtkmm jalan di Windows juga (jadi bisa multiplatform).

Hadi

--

---