Tanpa mengurangi rasa hormat pada Ariya Hidayat.... Rasanya tidak fair
membandingkan aplikasi gnumeric dengan kspread. Gnumeric itu ditulis
dengan bahasa C sedangkan kspread ditulis dengan bahasa C++. Saya benci
C. Mana mungkin Anda membandingkan aplikasi yang ditulis dengan bahasa C
dengan bahasa C++?

Menurut saya, Gnumeric ditulis dengan konsep object-oriented, walaupun memakai bahasa C murni dan menggunakan glib dan GTK+. Ditilik gaya pemrogramannya, terbukti memang memakai OOP. Bahkan bila Gnumeric dibuat dengan Pascal pun, keduanya tetap bisa dibandingkan satu dengan yang lain. Dalam sudut pandang yang seperti ini, mestinya sah-sah saja membandingkan keduanya.
Tetapi Anda benar, secara umum hal tersebut tidak akan berlaku. Mungkin bila Gnumeric sudah menggunakan gtkmm, barangkali perbandingannya akan menjadi lebih fair :-P

Oh yah, ini dapet aplikasi komersial yang dibuat dengan gtkmm...
http://dev.mysql.com/downloads/administrator/
Yah, sekadar menghapus "gosip" bahwa gtkmm itu juga bukan cuma bikin
aplikasi "Hello, world" dengan minesweeper-clone itu.

Well, saya tidak pernah beranggapan gtkmm "cuma bikin" atau "cuma cocok" untuk program yang sederhana. Yang ingin saya katakan adalah bahwa berdasarkan pengalaman pribadi (yang sudah pasti buat orang lain akan berbeda), fitur dan layanan yang ditawarkan Qt lebih membuat nyaman (alias memanjakan) programer, terutama bila skala aplikasinya membengkak. Hal ini tentu saja bukan berarti bahwa toolkit yang lain (GTK+, gtkmm, wxWidgets, Motif) tidak cocok untuk membangun aplikasi serupa.

OOT: Beberapa fitur baru di Qt 4 (akan segera datang tahun ini) malah semakin membuat gemas, lihat di http://doc.trolltech.com/qq/qq09-qt4.html (foreach-nya itu lho!).

-- Ariya Hidayat http://www.google.com/search?q=ariya+kde&btnI