> Sekarang virus ransomware sudah berubah menggunakan ext doc

Benar Pak, semakin hebat saja pembuatnya. File .doc nya ada Makro yang kalau
dienable habislah sudah data-data yang ada.
Mail Server saya lolos file tersebut. Kemarin sempat yang .js dan ada juga
.docm (sdh saya blok extension tersebut).
Info saja yang baru-baru ini jenis Ransomwarenya adalah LOCKY (menyerang lewat
Makro Microsoft Word)
Untuk user yang menggunakan ESET v.8 keatas, file (bervirus) yg masuk ke INBOX
Microsoft Outlook bisa ditanggulangi oleh ESET dan dimasukkan ke folder
infected items (dibuat sendiri oleh ESET folder baru tersebut).
Belum semua user memakai ESET karena keterbatasan License, nextnya saya mau
tuker semua ke ESET.
Dan sering-sering menghimbau user agar memastikan attachment dengan teliti dan
backup data sesering mungkin ke Flashdisk ataupun HDD External (satu folder di
zip dan kasih password). Saya lagi cari software untuk backup juga. Ada
informasi untuk hal itu? kalau ada minta sharingnya ya. Thx.

Regards,

Sukardy