Wa'alaikum salam wr wb,
Pak As As (ini nama asli anda atau bukan?),
Sesungguhnya milis ini memang moderated. Tidak semua posting
diloloskan agar mailbox kita tidak penuh.

Pertanyaan anda jika penting dan bermanfaat, tentu akan diloloskan.
Sebagai contoh anda bertanya Al Qur'an makhluk atau bukan? Kalau Al
Qur'an itu makhluk anda mau apa? Kalau Al Qur'an bukan makhluk, apa
yang anda akan lakukan?

Al Qur'an itu untuk dipelajari sebagai pedoman dan diamalkan sebagai
mana ayat berikut:

"Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi
mereka yang bertaqwa," [Al Baqarah:2]

Sesungguhnya Al Qur'an adalah Kalamullah. Perkataan atau Firman
Allah. Ini sama dengan saya berkata, "Ayo pelajari Al Qur'an!" Nah
perkataan saya itu adalah perkataan saya/kalam saya. Bukan makhluk
saya.

Berikut artikel tentang itu:

Al-Qur'An Kalamullah - Bukan Makhluk
Syaikh Abu Utsman berkata: "Ashhabul Hadits bersaksi dan
berkeyakinan bahwa Al-Qur'an adalah kalamullah (ucapan Allah), Kitab-
Nya dan wahyu yang di-turunkan, bukan makhluk. Barangsiapa yang
menyatakan dan berkeyakinan bahwa ia makhluk maka kafir menurut
pandangan mereka.

Al-Qur'an merupakan wahyu dan kalamullah yang diturunkan melalui
Jibril kepada Rasulullah  dengan bahasa Arab untuk orang-orang yang
berilmu sebagai peringatan dan kabar gembira, sebagaimana firman
Allah :

"Dan sesungguhnya al-Qur'an ini benar-benar diturunkan oleh Rabb
semesta alam, dia dibawa turun oleh Ar-Ruh Al-Amin (Jibril), ke
dalam hatimu (Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang di antara
orang-orang yang memberi peringatan, dengan bahasa Arab yang jelas".
(Asy-Syu'ara: 192-195)
Al-Qur'an disampaikan oleh Rasulullah  kepada umatnya sebagaimana
yang diperintahkan Allah  :
"Hai Rasul, sampaikanlah apa yang diturunkan kepadamu dari Rabbmu".
(Al-Maidah:67)
Dan yang disampaikan oleh beliau adalah kalamullah.
Rasulullah  bersabda :

" Adakah seseorang yang mau membawaku ke kaumnya?. Sesungguhnya
orang-orang Quraisy menghalangiku untuk menyam-paikan kalam (ucapan)
Rabbku" (HR. Bukhari dalam Af'alul 'ibad, At-Tirmidzi, dan
dishahihkan oleh Ibnu Majah)
Al-Qur'an yang dihafal dalam hati, dibaca oleh lisan, dan ditulis
dalam mushaf-mushaf, bagaimanapun caranya Al-qur'an dibaca oleh
qari, dilafadzkan oleh seseorang, dihafal oleh hafidz, atau dibaca
dimanapun ia dibaca, atau ditulis dalam mushaf-mushaf dan papan
catatan anak-anak dan yang lainnya adalah kalamullah-bukan makhluk.
Barangsiapa yang beranggapan bahwa ia makhluk, maka telah kufur
kepada Allah Yang Maha Agung.
Al-Imam Abu Bakar Muhammad bin Ishaq bin Khuzaimah berkata : "Al-
Qur'an adalah kalamullah-bukan makhluk. Barang-siapa yang mengatakan
Al-Qur'an adalah makhluk, maka dia telah kufur kepada Allah Yang
Maha Agung, tidak diterima persaksiannya, tidak dijenguk jika sakit,
tidak dishalati jika mati, dan tidak boleh dikuburkan di pekuburan
kaum muslimin. Ia diminta taubat, kalau tidak mau maka dipenggal
lehernya." (Sanadnya shahih, disebutkan oleh Adz-Dzahabi dalam
Tadzkiratul Huffadz)

Abu Ishaq bin Ibrahim pernah ditanya tentang lafadz Al-Qur'an, maka
Beliau ber-kata : "Tidak pantas untuk diperdebatkan. 'Al-Qur'an
kalamullah -bukan makhluk' "

Imam Ahmad bin Hambal berkata : "Orang yang menganggap makhluk
lafadz Al-Qur'an adalah Jahmiyah, Allah  ber-firman :'...maka
lindungilah ia supaya ia sempat mendengar kalamullah' (At-Taubah :
6). Dari mana ia mendengar?" (Sanadnya shahih)

Abdullah bin Al-Mubarak berkata : "Barangsiapa yang mengkufuri satu
huruf Al-Qur'an saja, maka ia kafir (ingkar) dengan Al-Qur'an.
Barangsiapa yang mengatakan: Saya tidak percaya dengan Al-Qur'an
maka ia kafir"

Maraji'[referensi] :
Aqidah Salaf Ashhabul Hadits, oleh Syaikh Abu Isma'il Ash-Shabuni
(373H - 449 H).

http://forsitek.brawijaya.ac.id/index.php?
do=detail&cat=artikel&id=art-kalamullah

--- In media-dakwah@yahoogroups.com, as as <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Assalamu'alaikum wr wb, Akang Suhana,
> Kemarin saya tulis pertanyaan di bawah ini ini kepada Media
Dakwah, tetapi kok tidak dimuat. Saya menjadi  prihatin, bagaimana
dengan dakwah Islam yang transparan ? Apakah transparan dalam
berdiskusi itu dilarang ?
> Wassalamu'alaikum wr wb.
>

> Assalamu'alaikum wr wb,
> Pada tulisan tersebut antara lain ditulis :
>
> Imam Malik pun ketika ditanya tentang orang yang mengatakan bahwa
Al Qur'an itu makhluk, maka beliau berkata : "Dia menurut pendapat
adalah kafir, bunuhlah dia !" Juga Ibnul Mubarak, Al Laits bin
Sa'ad, Ibnun Uyainah, Hasyim, Ali bin Ashim, Hafs bin Ghayats maupun
Waqi bin Jarrah sependapat dengannya. Pendapat yang seperti ini juga
diriwayatkan dari Imam Tsauri, Wahab bin Jarir dan Yazid bin Harun.
(Mereka semua mengatakan) : Orang-orang itu diminta untuk taubat,
kalau tidak mau dipenggal kepala mereka. (Syarah Ushul I'tikad 494,
Khalqu Af'alil Ibad hal 25, Asy'ariyah oleh Al Ajuri hal. 79, dan
Syarhus Sunnah/ Al Baghawi 1/187

> Yang saya tanyakan :
>
> Bukankah mahluk itu artinya YANG DICIPTAKAN ? Bukankah Allah itu
menciptakan dunia seisinya ? Apakah Al Qur'an itu termasuk isi dunia
yang diciptakan Allah, ataukah bukan ?

> Al Khalik = Pencipta
>
> Mahluk = Yang diciptakan ?
>
> Manusia adalah yang diciptakan Allah, jadi mahluk atau bukan ?
>
> Apakah Al Qur'an itu tidak diciptakan Allah, tetapi ada dengan
sendirinya, sehingga tak boleh disebut mahluk ?