Binatang yang Disembelih Untuk Gereja dan Hari-Hari
Besar
1. Masalah pertama: Apabila tidak terdengar suara dari
ahli kitab itu sebutan nama selain Allah, misalnya:
Nama al-Masih dan Uzair ketika menyembelih, maka
makanannya tersebut tetap halal buat orang Islam.
Tetapi kalau sampai terdengar suara penyebutan nama
selain Allah, maka dari kalangan ahli fiqih ada yang
mengharamkannya karena termasuk apa yang disebut
uhilla lighairillah (yang disembelih bukan karena
Allah). Tetapi sementara ada juga yang berpendapat
halal.
Abu Darda' pernah ditanya tentang kambing yang
disembelih untuk suatu gereja yang disebut jurjas,
binatang itu mereka hadiahkan buat gereja tersebut,
apakah boleh kita makan? Maka jawab Abu Darda':
"Boleh." Sebab mereka itu adalah ahli kitab yang
makanannya sudah jelas halal buat kita, dan sebaliknya
makanan kita pun halal buat mereka. Kemudian dia suruh
memakannya.6
Imam Malik pernah ditanya tentang sembelihan ahli
kitab untuk hari-hari besar dan gereja mereka, maka
kata Imam Malik: Aku memakruhkannya dan aku tidak
menganggapnya haram.
Imam Malik memakruhkannya, karena termasuk dalam
kategori wara' (berhati-hati supaya tidak jatuh ke
dalam maksiat) karena kawatir kalau-kalau dia itu
termasuk ke dalam apa yang disebut binatang yang
disembelih bukan karena Allah. Dan ia tidak
mengharamkan, karena arti dan maksud apa yang
disembelih bukan karena Allah itu menurut pendapatnya,
sepanjang yang dinisbatkan kepada ahli kitab, yaitu
yang disembelih untuk bertaqarrub kepada Tuhan sedang
mereka (ahli kitab) itu sendiri tidak memakannya. Dan
apa yang disembelih dan dimakan adalah termasuk
makanan mereka, sedang dalam hal ini Allah telah
menegaskan: "Bahwa makanan ahli kitab itu halal buat
kamu."

Tetapi saya setuju dengan Bung Nizami, apakah orang -
orang kristen yang sekarang bisa di kategorikan Ahli
Kitab seperti yang dimaksud dalam Alquran???
TIDAK SAMA, KARENA AHLI KITAB YANG DIMAKSUD DALAM
ALQURAN ADALAH PARA PEMELUK NASRANI SEBELUM ISLAM
DATANG, SEHINGGA MEREKA MASIH MEMPERCAYAI ALLAH
SEBAGAI ROBB NYA, BUKAN ISA / YESUS.

wassalam

Kis Herry Wibowo

=== message truncated ===