  From: idakhouw
  To: [EMAIL PROTECTED]
  Sent: Tuesday, May 08, 2007 2:25 PM
  Subject: Untuk Mbak IdaKhouw Re: [HKSIS] U.S. troop death toll in Iraq over
100 f

  Pak Bismo,
  Saya masih tergelitik mengomentari nih :)

  --- In [EMAIL PROTECTED], "BDG KUSUMO" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

  > Yg saya mengerti bahwa Kissinger mengakui kubunya memang beranggota
  demikian, dan
  > parahnya kelugasannya yang meninggalkan tatakrama diplomatik
  mengungkap bahwa ia dan kubunya memang tidak segan memakai segala
  "bastards" demi meraih tujuannya. Waktu itu katanya para
  > wartawan sampai jadi bengong.

  IDA:
  Kalau begitu giliran saya yang bengong, kalau benar wartawan waktu itu
  jadi bengong :)
  Saya tak paham konteks Kissinger saat itu (jaman dia mah jaman saya
  masih pakai seragam sekolah ;p ). Ya repot banget lah kalau wartawan
  tidak menangkap bahasa berkelit Kissinger (saya menduga wartawan
  bukannya tidak menangkap maksud Kissinger. Mereka pasti tahu kelitan
  Kissinger itu bernilai berita tinggi, makanya bagian itu yang dikutip
  dan -barangkali- di'pertebal')

  Hal kedua yang belum saya sampaikan di email lalu: "Oh yes, they're
  bastards. But they're OUR bastards!" itu biasanya juga bermakna: "iya
  iya, nanti kami bereskan" atau "you tahu lah". Jadi bukan untuk
  memperlihatkan atau menyatakan pada publik, atau paling tidak
  membiarkan publik melihat, bahwa ia tak segan memakai segala
  'bastards' untuk mencapai tujuannya, sebab kalau demikian lugas bukan
  politisi handal namanya :)

  >Salah satu dictum Machiavelli memang bhw politik adalah upaya bathin
  yang tidak tergantung pada moral. Padahal kebanyakan orang kini
  mendambakan adanya political morality, juga
  > moral politics dan political ethics, yang semuanya saya yakin
  dilandasi oleh ajaran agama. Ruwet,
  > memang, Mbak ...

  IDA:
  Saya sih ndak merujuk sampai seklasik Machiavelli, Pak Bismo.
  Kemarin dulu itu, saya cuma mau mengatakan: moralitas bukan paradigma
  Politik per se. Moralitas adalah domainnya agama, humanisme dan
  sebangsanya. Namun pengusung moralitas ya juga harus berpolitik kalau
  ingin supaya politik bermoral. Begitulah kira2.

  Terakhir, saya ingin mengirim 'kado' buat Pak Bismo yang kelihatannya
  se'aliran politik' cuma beda 'partai' dengan saya :) 'partai' saya
  'partai' yang ramah pada satwa, WWF (pendukung kelas gurem kuadrat :).
  Semoga 'kado'nya bisa dibuka:

  "Light the Candle 'Round the World"
  http://www.youtube.com/watch?v=2kNtQ47auuE&mode=related&search=

  Wassalam,
  Ida Khouw

  troop death toll in Iraq over 100 f

  > Aduh, Pak Liem ini kok demikian sekali menilai yang tinggal di
  > Indonesia. Jangan salah lho, saya banyak belajar dari orang2 Indonesia
  > baik yg di LN maupun yg tinggal di Indonesia.
  >
  > Semoga suatu saat saya punya kesempatan dan cukup dana melihat gunung2
  > dan lembah2 Canada, lalu melintasi Niagara supaya bisa ketemu Pak
  Liem :)

  > Ida Khouw.

Kirim email ke