On Thu, Sep 25, 2008 at 9:03 AM, medwinz <[EMAIL PROTECTED]> wrote: > 2008/9/25 Ocky S. Dwirahmat <[EMAIL PROTECTED]>: >> Sorry tadi server OpenSuse yang satu lagi, saya salah telnet …hehehe. >> >> Nih dari server yg 8GB >> > > > Kang coba lihat versi kernelnya > > # uname -ar > > > Kernel standard linux 32 bits maximum handle 4GB physical memory, > karena keterbatasan 32 bit address space untuk virtual memory. Kalau > menggunakan memory diatas 4GB alternatifnya pakai: > - kernel 32 bits PAE (physical address extention) untuk mesin 32 bits, > kernel ini bisa meng-extend address space untuk memory. Tepatnya > "ngakalin" kernel, karena allocation-nya tetap maksimum 4GB di > physical memory tapi bisa beberapa "slot". Tetap saja hanya bisa > mengakses 1 slot setiap kali membaca memory. > > - kernel 64 bits untuk mesin yang mendukung 64 bits. Ini secara native > bisa handle address space yang lebih besar dari 4 GB. Maaf sedikit OOT, kalau processor yang mendukung EMT apakah meskipun 32 bit tetapi bisa support memory > 4Gb? jika menggunakan kernel PAE adakah syarat yang harus dipenuhi hardware kita (misal mendukung EMT dll) rgds,
-- Muhammad Panji http://sumodirjo.wordpress.com _______________________________________________ milis mailing list [email protected] http://lists.opensuse-id.org/listinfo.cgi/milis-opensuse-id.org
