On Thu, Sep 25, 2008 at 9:03 AM, medwinz <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> 2008/9/25 Ocky S. Dwirahmat <[EMAIL PROTECTED]>:
>> Sorry tadi server OpenSuse yang satu lagi, saya salah telnet …hehehe.
>>
>> Nih dari server yg 8GB
>>
>
>
> Kang coba lihat versi kernelnya
>
> # uname -ar
>
>
> Kernel standard linux 32 bits maximum handle 4GB physical memory,
> karena keterbatasan 32 bit address space untuk virtual memory. Kalau
> menggunakan memory diatas 4GB alternatifnya pakai:
> - kernel 32 bits PAE (physical address extention) untuk mesin 32 bits,
> kernel ini bisa meng-extend address space untuk memory. Tepatnya
> "ngakalin" kernel, karena allocation-nya tetap maksimum 4GB di
> physical memory tapi bisa beberapa "slot". Tetap saja hanya bisa
> mengakses 1 slot setiap kali membaca memory.
>
> - kernel 64 bits untuk mesin yang mendukung 64 bits. Ini secara native
> bisa handle address space yang lebih besar dari 4 GB.
Maaf sedikit OOT, kalau processor yang mendukung EMT apakah meskipun
32 bit tetapi bisa support memory > 4Gb? jika menggunakan kernel PAE
adakah syarat yang harus dipenuhi hardware kita (misal mendukung EMT
dll)
rgds,





-- 
Muhammad Panji
http://sumodirjo.wordpress.com
_______________________________________________
milis mailing list
[email protected]
http://lists.opensuse-id.org/listinfo.cgi/milis-opensuse-id.org

Kirim email ke