Betul, memang sulit diterapkan tapi kalo kita berkunjung ke Jepang (contoh
awal) luar biasa...contohnya saja (terkahir kali sblm kita sudahi topik ini,
ntar dimarahin yg lain hehe), kita sering kali kalo belanja gak dikasih uang
kembalian malah di sini pelayannya sering bilang "uang pas aja pak" atau
"kembalian kurang 50 perak", dst. Kalo pengalaman saya di sana (sdh berulang
kali saya alami...) kembalian 4 Yen saja (itu sebetulnya gak bisa buat apa2
krn koin 1 yen gak ada artinya, tp kenapa masih ada ya?) saya dikejar2 krn
saya tinggalkan gitu saja (maksudnya gak mau ambil), dia kejar2 saya utk
kembalikan 4 yen-nya. Contoh satu lagi, saya mau naik bus dan mau bayar
tiket buat anak saya juga krn dia sdh bisa duduk sendiri, eh malah dikasih
gratis...katanya ngak perlu bayar krn bisa ikut (dipangku) ortunya. Nah lho,
kita suka rela mau bayar malah gak dikasih bayar? hehe

Yah gitu saja, kita masih mesti belajar banyak. Saya makan di restoran di
sini, makanan pesanan saya asiiiiin setengah mati, malah pelayannya bengang
bengong dan mesem2 doang kagak bilang apa2 waktu saya complain keasinan.
Akhirnya dibuang deh tuh daging...ampun deh. Pelayannya aja minta maaf aja
nggak. Bosnya gimana tuh?