Saya terpanggil untuk memberi penjelasan mengenai polemik soal chat room pak
JT. Sebenarnya Pak JT sudah berupaya mencari room yang bisa menampung lebih
banyak peserta, makanya pagi tadi Pak JT membuka room di Yahoo Chat yang bisa
diakses siapa saja tanpa memerlukan undangan. Lalu nama room tersebut diumumkan
dimilis, agar bisa diakses siapa saja. Sayangnya kapasitas room tersebut
ternyata terbatas juga, sehingga setelah melewati limit, tamu selanjutnya tidak
bisa lagi masuk. Bahkan hanya setengah jam setelah room dibuka, Mr JT sendiri
"ketendang" keluar room dan tidak bisa masuk lagi. Akibatnya setelah itu room
tersebut bubar.

Pak JT kemudian saya sarankan membuka room di Yahoo Messenger seperti biasa,
dimana peserta hanya bisa masuk melalui invitation. Tentu saja room tersebut
juga mempunyai batasan kapasitas, tapi mungkin sedikit lebih lebih lega
dibandingkan di Yahoo Chat. Akan tetapi di YM ternyata kemampuan pak JT untuk
mengundang juga dibatasi dan setelah melewati limit tersebut maka pak JT tidak
lagi bisa mengundang teman-teman yang lain. Beberapa kali pak JT meminta
bantuan teman-teman yang sudah berada didalam room untuk mengundang teman lain
yang meminta bergabung. Saya berhasil mengundang beberapa sebelum limit saya
sendiripun habis.

Begitu ceritanya Mbah dan teman-teman, semoga bisa menjelaskan situasi
sebenarnya. Niatnya baik kok, hanya fasilitas yang ada ternyata kurang memadai
untuk menampung seluruh aspirasi. Semoga bisa membantu menjelaskan situasi
sebenarnya. Salam.