I try to contribute my own perspective, and i hope it is an objective
one and neutral.

Untuk mapping Bull or Bear, saya cenderung menggunakan pendekatan
teknikal.
Dan seperti kebanyakan teknikalis (orang-2 yg menggunakan teknikal
analisis untuk mengambil keputusan),  saya menggunakan MA200 untuk
melihat Long Term Bull/Bear dan MACD weekly.
(Ada juga yg menggunakan EMA200,  WMA200, dll... up to them, semua
mempunyai kelebihan dan kekurangan masing2).

Dan jika melihat indikator tsb (MA200 & MACD weekly),
Sudah jelas... clearly no doubt, bahwa sekarang ini IHSG sudah berada di
Bullish Area.
Check chart masing-2.
Dalam hal ini, saya sependapat (fully agree) dengan view brother
Jsxtrader.

Menurut saya, bagi yg menganut prinsip trend follower, or we dont
predict but react... cukup membaca sampai disini.
Karena tulisan selanjutnya mungkin tidak relevan bagi prinsip anda, atau
mungkin membuat perspektif bias.

-----------------------------------

According to my simple TA tools,
baik tools yg standard or modificated -yang sekedar iseng2 saya buat,
untuk coba2 mendahului kurva- (beuh, sok tau bgt mau ngedahuluin kurva,
hehehe... gpp lah, namanya belajar),
Saya berpendapat bahwa kenaikan IHSG sudah terbatas, lebih besar peluang
untuk turun (koreksi) daripada peluang untuk naik.

Mengenai timing koreksi, tidak ada metode secara pasti yg bisa
memprediksi dengan kosisten. Hanya bisa kira-kira.

Berdasarkan pendekatan Elliot Wave (based on daily chart),
Ada 2 preferred count yg saya lihat.

1st Preferred count.
Sekarang kita ada di wave 5, ada pun target wave 5 (menggunakan
fibonacci extension dari wave 3) =
38,2% = 2220
50%    = 2322
61,8% = 2425.

2nd preferred count.
Sekarang ini posisi IHSG masih di Wave 3 (extension), belum sampai
(melewati) wave 4.
Target wave 3 extension yg terdekat adalah 2212 (261,8% dari wave 1).

Berbicara tentang Wave analysis, tentunya berhubungan langsung dengan
Market Behaviour.
Yang mana didalam menganalisa Market behaviour, selain menggunakan wave
analysis, didalam nya juga ada pendekatan Market Psychology, cycle of
market emotions, fear and greed factor, optimism or pesimism,
expectations , dll.

Tentu saya nggak akan mengupas semuanya, hehehe...
Karena terus terang belum sampe ilmunya kesitu. tapi saya coba kita
perhatikan gambar sbb :

Tet tot ... time 's up ... nanti kalau sempet di terusin lagi.
Bersambung ...

Kirim email ke