  From: JSX Bejo
  To: obrolan-bandar@yahoogroups.com
  Sent: Friday, October 26, 2007 9:16 AM
  Subject: Re: Balasan: Re: [obrolan-bandar] The NEW GANG

  Yah wajar pak, like he said, waktu krisis 1997 masih SD, makanya nyaranin
duit jangan taruh di deposito waktu bunga bank sampe 60%, padahal "profit"nya
goes to all, deposan, bank, and government.  2 tahun yg lalu dabsaya melintasi
beberapa jalan tol China, including from macao to shenzen, bukan hanya jalan
tol ber ribu2 km yg mereka punya (jauh lebih panjang dari cipularang), tapi yg
lebih penting adalah keteraturan, in many aspect of life, not just
infrastructure, dan ini membuat segala hal dan perencanaan lebih mudah
berjalan. Mudah memang buat mereka yg masih memiliki rezim otoriter (makes you
miss Soeharto sometimes), tapi di Indo dikit2 demo, hak interpelasi, angket, n
then lobying, bargaining, and other side effects of democracy, jadi mo
ngejalanin apapun lebih panjang processnya.  But I dont mind, it makes living
in Indonesia, esp. Jakarta, more vibrant.