From: Ricky Wakiman <[EMAIL PROTECTED]>
To: obrolan-bandar@yahoogroups.com
Sent: Saturday, March 29, 2008 3:56:32 PM
Subject: PGAS DAN RUGI SELISIH KURS RE: [obrolan-bandar] PGAS: 2007 performance

Gara-gara baca laporan keuangannya PGAS, saya langsung lepas di harga 14.150
itu. Belinya waktu turun di 12.850 beberapa minggu lalu. Mungkin aja harga PGAS
bisa naik lagi karena waktu laporan Q3 yang jelek itu keluar, harganya malah
terbang. Tapi biarin aja. Dengan PER 40 kali pasti harganya bisa kembali ke 12
ribu lagi suatu ketika.

Kali ini penyebab turunnya laba bersih adalah depresiasi dan rugi selisih kurs.
Yang depresiasi itu sudah muncul di Q3 dan dikatakan sebagai akibat dari mulai
beroperasinya pipa baru. Jadi penyusutan atas investasinya mulai dibebankan ke
rugi laba. Yang ngagetin saya ya yang rugi selisih kurs itu.

Saya minta pendapat dari Kang Ocoy, embah dan para senior soal rugi selisih
kurs ini. Kayaknya PGAS bukan satu-satunya yang laba bersihnya digerogoti rugi
selisih kurs. Kalau gak salah Gajah Tunggal dan Holcim juga begitu. Emang
penyebabnya apa? Apakah karena kurs USD terdepresiasi sehingga waktu mata uang
USD mereka dikurs ke rupiah per tanggal 31 Desember nilainya jadi melorot?

RW