On 2/13/07, proto_melayu <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Assalamualaikum Ridha...

Wa 'alaykumus salaam warahmatullah,

> manyambuang ambo stek lai..kadang ambo ndak habis pikia kerap sekali
> rasonyo katiko ado hadist nan indak sajalan jo pemikiran kito dan
> sanak2 lain akan dikatokan hadist itu palsu dsb2nya..padahal ini
> hadist sudah beruruat berakar dengan kehidupan kita kenapa tidak dr
> dulu dikatakan palsu  ?

Onde, hadits tu dikatokan palsu indek dek indak sasuai jo pemikiran
atau hawa nafsu doh. Indak pulo hadits Cino tuh dikatokan palsu
baru-baru sajo. Kok iyo taragak detailnyo kan alah ambo sabuik-an
rujukannyo. Kok iyo payah mancaliaknyo iko ambo salin-kan nan
relevannyo. Subananyo lah lamo ambo sampai-kan masalah ko ka palanta.
Antah mungkin talupo, alun tabaco atau indak picayo ka ambo itu ambo
pulangkan ka Allah Ta'ala urusannyo.

Ado duo rujukan nan cukup mudah diperoleh di toko buku:
(a) Silsilatul Ahaadits adh-Dhaaifah wal Maudhu'ah (I/No. 416) (lah
ado terjemahannya)
(b) Hadits-hadits Dla'if dan Maudlu' susunan Abdul Hakim bin Amir
Abdat (I/No. 103)

Dalam (a) disebutkan hadits tersebut tidak sah karena semua riwayatnya
melalui sanad dari al-Hasan bin Athiyah, dari ABU ATIKAH THARIF BIN
SALMAN, dari Anas bin Malik radhiallahu 'anhu.

Yang menjadi masalah adalah perawi Abu Atikah Tharif bin Salman ini
karena telah disepakati muhadditsin sebagai perawi sanad yang sangat
dha'if. Bahkan oleh Imam Bukhari (194-265 H) dinyatakan munkar
riwayatnya. Begitu pula jawaban Imam Ahmad bin Hanbal (164-241 H)
ketika ditanya tentang Abu Atikah ini.

Dalam (b) dikatokan "Berkata al-Imam Ibnul Jauzi (508-597 H) di
kitabnya al-Maudhu'aat (12/16), "Hadits ini tidak sah dari Rasulullah
shallallahu 'alaihi wa sallam, ... adapun Abu Atikah, telah berkata
Bukhari: Munkarul Hadits. dan telah berkata Ibnu Hibban (w. 354 H):
hadits ini batil tidak ada asalnya."

Kan jaleh tu perawi jo hadits tu lah ditolak dari dulu-dulu, labiah lo
1000 tahun yang lalu. Jadi manga lo dipaciak juo dalam urat akar
kehidupan kito? Apo ka ditarimo juo hadits nan indak sah dek karano
sasuai jo pemikiran kito? Indak ka terwujud doh ABS-SBK tu kok taka
itu.

Kok iyo ka terwujud ABS-SBK marilah samo-samo kito pahami agamo tu jo
metode nan jaleh. Indak pakai kiro-kio jo perasaan sajo doh.

> padahal tidak sedikit ulama ulama besar saat itu yang bahkan lebih ekstrem dr
> ulama yg
> ada saat ini. suatu pertanyaan yang cukup menyiksa saya hingga saat
> ini...sebagai
> rakyat biasa yang membutuhkan petunjuk yang jelas dr ahli agama..bukannya
> keragu raguan...

Supayo indak ragu pakailah metode nan jaleh. Semoga penjelasan dari
para imam di ateh lai cukuik jaleh.

> Saya pikir sudah tidak jamannya lagi kita menganggap bahwa orang beragama
> Islam
> selalu lebih baik dari orang beragama lain kadangkala umat agama
> lain justru lebih baik dr sebagian  umat Islam.

Onde, sanak di ateh ragu jo bathilnyo hadits Cino tu dek lah baurek
aka jo kehidupan tapi kini sanak menolak sesuatu nan jaleh baurek aka
di Islam jo pemahaman baru.

"Maka apakah orang yang beriman seperti orang yang fasik (kafir)?
Mereka tidak sama." (QS. as-Sajdah 32:18)

Saburuak-buruaknyo urang Islam (nan subana Islam yo, indak cuma klaim
sajo) labiah elok daripado saelok-eloknyo urang kafir di sisi Allah.
Buktinyo apo? Urang Islam pasti masuak surgo walaupun mungkin mampir
dulu di narako. Kok urang kafir langsuang masuak narako.

Kok dikecek-an, "Baa tu? Inyo bia kafir tapi pamurah bana ka kami tapi
nan itu tu, bia muslim tapi cingkahak gadang." Jaweknyo,
saburuak-buruaknyo si cingkahak tu, kok inyo beriman (bia tipih bana),
inyo indak mangarajoan kejahatan paliang gadang. Apo tu?

"Dan (ingatlah) ketika Lukman berkata kepada anaknya, di waktu ia
memberi pelajaran kepadanya: "Hai anakku, janganlah kamu
mempersekutukan (Allah) sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah
benar-benar kelaliman yang besar". (QS. Luqman 31:13)

Subananyo ambo lah menyabuik-an pesan-pesan jo doa orang tuo untuk
anaknyo (laki-laki atau padusi) di e-mail nan sabalunnyo.

Tapi ado catatan nan penting, indak berarti ambo mambiakan kesalahan
sebagian muslim dan menolak adonyo kebaikan sebagian non-muslim. Kok
salah yo harus diperingatkan atau bahkan dihukum baik inyo muslim atau
indak. Sedangkan kebaikan non-muslim tu indak bermanfaaik untuaknyo.

"Dan Kami hadapi segala amal yang mereka kerjakan, lalu Kami jadikan
amal itu (bagaikan) debu yang berterbangan." (QS. al-Furqaan 25:23)

> Sehingga saat ini kita musti saling memberi contoh yang baik dan rasanya
> tidak haram
> untuk mencontoh kebaikan dari mereka. Sesungguhnya menurut saya esensi
> beragama
> adalah mempercayai adanya Tuhan. Dengan ityu kita akan berlaku baik kepada
> sesama
> manusia sesama Hamba Alloh, menebarkan kebaikan dan kasih sayang dimuka
> bumi..dan bukannya permusuhan dan rasa unggul sendiri. Sejarah Nabi Muhammad
> memberikan contoh yang baik untuk itu dan musti kita teladani..

Silakan sanak caliak sejarah Rasulullah Shallallahu 'alayhi wa Sallam.
Jaleh bahaso urang kafir Quraisy tu picayo adonyo Allah. Buktinyo
banyak di al-Qur'an.

"Dan sungguh jika kamu bertanya kepada mereka: "Siapakah yang
menciptakan langit dan bumi?", niscaya mereka menjawab: "Allah".
Katakanlah: "Maka terangkanlah kepadaku tentang apa yang kamu seru
selain Allah, jika Allah hendak mendatangkan kemudaratan kepadaku,
apakah berhala-berhalamu itu dapat menghilangkan kemudaratan itu, atau
jika Allah hendak memberi rahmat kepadaku, apakah mereka dapat menahan
rahmat-Nya?. Katakanlah: "Cukuplah Allah bagiku". Kepada-Nya lah
bertawakal orang-orang yang berserah diri." (QS. az-Zumar 39:38)

Banyak pulo urang nan elok, nan manyadiokan aia untuk jama'ah haji,
banyak shadaqah, dll. Tetap sajo Rasulullah mendakwahi mereka bahkan
memerangi mereka.

"Sesungguhnya telah ada suri teladan yang baik bagimu pada Ibrahim dan
orang-orang yang bersama dengan dia; ketika mereka berkata kepada kaum
mereka: "Sesungguhnya kami berlepas diri dari kamu dan dari apa yang
kamu sembah selain Allah, kami ingkari (kekafiran) mu dan telah nyata
antara kami dan kamu permusuhan dan kebencian buat selama-lamanya
sampai kamu beriman kepada Allah saja. " (QS

"Dan (inilah) suatu permakluman dari Allah dan Rasul-Nya kepada umat
manusia pada hari haji akbar, bahwa sesungguhnya Allah dan Rasul-Nya
berlepas diri dari orang-orang musyrikin." (QS. at-Taubah 9:3)

Kan jaleh tu pesan Nabi Ibrahim 'alayhis salaam "telah nyata antara
kami dan kamu permusuhan dan kebencian buat selama-lamanya sampai kamu
beriman kepada Allah saja". Tapi jan dikiro permusuhan jo kebencian tu
makasuiknyo sumbarang bom atau aniayo. Kito tetap harus adil (mungkin
iko nan sanak mukasuik "menebarkan kebaikan dan kasih sayang") .

"Hai orang-orang yang beriman, hendaklah kamu jadi orang-orang yang
selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil.
Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong
kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih
dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah
Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS. al-Maa-idah 5:8)

Mohon maaf kok ado kato nan kurang berkenan. Allahu Ta'ala a'lam.

Wassalaamu 'alaykum warahmatullahi wabarakaatuh,
--
Ahmad Ridha bin Zainal Arifin bin Muhammad Hamim
(l. 1400 H/1980 M)