Tarimo kasih Ridha Sabananyo esensi nan ingin ambo sampaikan itu
adolah katiko pemahaman masing2 orang yang didapat ulama ataupun
pemimpin agamanya itu berbeda beda. Saya ingat sekali ketika belajar
mata pelajaran agama di Sekolah Dasar hadist belajar ke china itu
sangat populer bahkan ketika saya kuliah disalah satu perguruan tinggi
Islam di negeri ini hadist itu tetap jadi rujukan. Yang bingung ya
orang2 seperti saya ini yang hanya memahami agama dari apa yang
diajarkan orang tua dan dengar khutbah2 di mesjid. Kenapa tidak ada
keragaman pendapat ulama terhadap shahih atau tidaknya suatu hadist ?
inilah kelemahan hadist menurut saya karena hadist bersumber dari
perkataan ataupun perbuatan Rasulullah yang didengar atau dilihat oleh
seseorang maka akan sangat mudah dipatahkan dengan alasan hadist itu
tidak shahih karena perawinya Dhaif. Saya sangat berharap ulama ulama
seperti Ridha ini bersama dengan yang lainnya mampu memberikan
kepastian terhadap rujukan mana yang akan dipakai sebagai pedoman.
Jangan beda beda gitu makanya saya selama ini lebih meamakai akal
dalam mehamai hadist maupun Al Quran ketimbang ahli agama yang
bertengkar pemahaman antara mereka sendiri. saya pikir itu lebih baik
bagi saya daripada ikut2an salah lagi..hahahaha..kalau melihat
pertumbuhan china sekarang dengan pernak pernik peradabannya saya
masih ingin berguru loh ridha ..tolong kasih tahu apakah ini haram apa
halal.

Saya kutip" Onde, sanak di ateh ragu jo bathilnyo hadits Cino tu dek
lah baurek
aka jo kehidupan tapi kini sanak menolak sesuatu nan jaleh baurek aka
di Islam jo pemahaman baru.
"Maka apakah orang yang beriman seperti orang yang fasik (kafir)?
Mereka tidak sama." (QS. as-Sajdah 32:18)" Saburuak-buruaknyo urang
Islam (nan subana Islam yo, indak cuma klaim sajo) labiah elok
daripado saelok-eloknyo urang kafir di sisi Allah. Buktinyo apo? Urang
Islam pasti masuak surgo walaupun mungkin mampir dulu di narako. Kok
urang kafir langsuang masuak narako.

Sesungguhnya kita sudah jauh melenceng dari persoalan awal ridha. Saya
tidak membicarakan mengenai keimanan disini melainkan beranjak dari
Doa Mac Arthur yang saya pikir cukup bagus untuk kita jadikan sekedar
pembanding atau malah contoh bulat2 karena tidak disebutkan disana
kita meminta kepada Tuhannya dia. Saya hanya mengkritik antipati dek
ridha saja terhadap hal2 yang berbau tidak Islam padahal doanya plural
sekali. Masalah siapa yang masuk sorga dan neraka tergantung keimanan
kita tentunya. Saya malah malah inginnya sorga dan neraka itu tidak
ada karena kebanyakan umat beragama hanya karena takut kepada neraka
dan menginginkan sorga saja bukannya lantaran kecintaan mereka kepada
Alloh dan Rasulnya (angan2 loh).

Saya pikir sangat penting kiranya dalam memahami hadist maupun Al
Quran mengaji betul asbabun nuzulnya. Apakah kafir dulu sama dengan
kafir sekarang ini ? apakah perlakuan Quraisy kepada Rasulullah dan
muslim dulu sama dengan perlakuan nasrani sekarang ini ? apakah
konstelasi sosial politik ekonomi religius sama persis dengan saat
ini? saya pikir sangat jauh berbeda dan saya malah berharap masih
diturunkan Nabi saat ini karena banyak hal dalam Al Quran dan Hadist
hanya berupa sejarah dan bias dalam memberikan pedoman terhadap
kehidupan sekarang yang jauh berobah. Tapi menurut ajaran agama kita
kan itu sudah tidak mungkin karena Muhammad SAW adalah nabi penutup.
Saya tidak tahu ada apa dibalik semua ini apakah Tuhan sesungguhnya
menyuruh kita menggunakan kecerdasan untuk memikirkan kehidupan ini
tanpa pedoman baru  yang disampaikan melalui nabinya ? wallohualam.

Terima kasih Ridha, mohon maaf

Salam