From: "herbh...@kbri-brussel.org" <herbh...@kbri-brussel.org>
To: PPIBelgia@yahoogroups.com
Sent: Thursday, June 11, 2009 11:49:37 PM
Subject: Re: [PPIBelgia] kembali soal SIM

Dear temans,

Mengenai SIM, gambaran umumnya begini:

Pada prinsipnya sejak Juli 2008 pemegang SIM A Indonesia dapat menukarkan
SIMnya menjadi SIM B Belgia. Penukarannya ke Commune/Gemente setempat.
Kebijakan Commune/Gemeente bervariasi, nggak selalu sama di semua tempat.
Kenapa? Ya namanya juga Belgia..

Bagi mereka di wilayah Flanders, biasanya mereka minta SIM yang masih berlaku
dan kadang-kadang minta surat keterangan dari KBRI yang menyatakan SIM adalah
asli dan masih berlaku, foto dan uang sekitar 16-20 euro. Bagi mereka yang di
wilayah Wallon, kadang minta surat keterangan, ditambah terjemahan dalam bahasa
Perancis, foto dan uang. SIM bisa diambil dalam waktu seminggu atau sebulan..
atau karena satu dan lain hal nggak dikasih... tergantung ya.. Kenapa? ya
namanya juga Belgia..

SIM B Belgia bukan SIM Internasional. Beda. SIM Internasional Belgia berlaku 3
tahun. SIM B Belgia bisa dipakai di seluruh kawasan EU.

Bayu.