From: RM Danardono HADINOTO <[EMAIL PROTECTED]>
To: ppiindia@yahoogroups.com
Sent: Thursday, November 29, 2007 11:34:45 AM
Subject: Bls: [ppiindia] Re: Kelompok minoritas muslim mengalami diskriminasi
(saya juga sangat sedih)

You're absolutely right mas Hakim. Di tataran atas masyarakat Saudi,
adalag sangat CIVILIZED. mereka rata rata lulusan US atau UK. Kami
selalu di treat excellently, dan seringkali yang memimpin
negotiations adalah masih prince. Ini sama dengan di Emirat Emirat
Arab, sangat menyenangkan. Merekapun kami perlakukan istimewa kalau
datang ke Head Office kami.

Yang mbak Carla singgung, pasti juga bagian dari kenyataan se-hari
hari yang pahit. yang menyangkut tataran menengah kebawah.

Kita jangan lupa, Saudi adalah kerajaan yang berkonstitusi absolut,
jadi semua tergantung ditangan raja. Jadi hukum yang diberlakukan
keluarga raja yang berlaku. Pemberlakuan hukum, terutama dalam
masalah keimigrasian adalah amat sangat ketat. Dan ini seringkali
berdampak kurang manusiawi bagi para pekerja migran.

Seorang sahabat wanita dari istri saya, orang Manado mempunyai suami
yang bertugas sebagai pliot untu Air Saudi (ex pilot Garuda). Mereka
tinggal sangat menyenangkan di sebuah komplex (dinamakan compound)
untu Non Saudi. Mewah sekali, dan disana hukum Saudi tak diberlakukan
ketat. Wanita boleh mengemudi mobil, memakai baju bebas, dsb. TETAPI
diluar compound, wanita dilarang keluar sendiri apalagi mengemudi
kendaraan.

Seringkali wanita wanita tingkat atas yang supermewah Saudi datang
bertamu, kepada penghuni compound (isinya hampir semua keluarga US,
Europe, jepang Korea, dll). Wanita wanita, yang rata rata cantik ini,
datang dengan busana Mulsim yang sangat traditional, demikian mereka
masuk appartment di compund mereka buka, dan muncul busana Eropa atau
US yang paling mutakhir, paling mahal dan paling sexy. tak ada lengan
panjang, rata rata tanpa lengan atau malah top, seperti lazim di
Beverly Hills atau Hollywood. rambut mereka yang hitam lebat terurai
bebas menutupi pundak, mereka berenang dengan baju renang yang paling
mutahkir dan mode terakhir. bahan bahannya, jangan tanya, Dior,
Chanel, Hermes...

mereka merokok rokok yang paling mahal, dan minum alkohol kelas
teratas..

Mudah mudahan mbak Salma dapat kesempatan menengok kehidupan wanita
Saudi kelas atas, dan para anggauta keluarga raja... dia akan melek,
bahwa yang katanya dibagikan bagi rakyat tak ada seper seper seper
trilyun dari yang dinikmati golongan atas..

Salam

danardono