Dear GK Rantau yang dikasihi kekasihnya,

Wassalam,
Lina Dahlan

________________________________
From: Gabriella Rantau <gkran...@yahoo.com>
To: Lina Dahlan <linadah...@yahoo.com>; engt...@yahoo.com
Subject: Re: Yesus dikasihi oleh Tuhan. Setiap yang dikasihi Tuhan, pasti bukan
Tuhan.

KAK LINA, Turut nimbrung dikit, ya?!

(1) Mungkin anda lupa bhw Muslims seharusnya mengimani ajaran Qur'an bhw 'Tidak
ada paksaan dlm agama Islam. Agama-mu bagi kamu, agama-ku bagi aku'. Ajaran ini
mnrt pengertian aku Aulloh membiarkan orang beragama laen dari Islam dan
Muslims tidak seharusnya merecohin mereka! Khusus mengenai umat Kristiani ayat
Al Maidah 5:47 menginstruksikan kpd umat Islam untuk 'Membiarkan pengikut
ajaran Injil memutuskan segala perkara sesuai dg ajaran yg diwahyukan ke dlm
Injil. Orang yg tidak membiarkan pengikut Injil, mnrt ayat ini, adalah orang
fasik.

Lina:
Insyaallah saya tidak lupa. Saya sudah  katakan bahwa kepedulian saya adalah
untuk tetap mengEsakan Allah dengan sebenar-benarnya: Tidak Ada Sekutu BagiNYA.
Karena ini juga yang di ajarkan Isa as dan segala nabi utusanNYA.

Saya tidak pernah menggunakan cara kekerasan dan pemaksaan karena memang Tidak
ada paksaan dalam Islam dan akhir kata saya akan ucapkan "bagimu agamamu bagiku
agamaku", mari kita mencari persamaan dalam menciptakan Indonesia yang damai.
**********
(2) Anda katakan bhw anda yakin umat Kristiani sekarang ini bukanlah umat
Nasrani ato hawariyun di zaman Nabi Muhammad SAW. Ini aneh banget, krn mnrt
Qur'an ayat2 dan ajaran di dlm-nya berlaku sampe kiyamat datang! You have to
make up your mind: apakah anda percaya bhw ayat2 Qur'an berlaku untuk
selama-lamanya ato hanya selama nabi junjungan hidup?

Lina: Saya percaya  AlQur'an berlaku selama-lamanya dan sangat universal dan
fleksibel. Adapun kisah-kisah yang ada dalam AlQur'an, seperti kisah Nabi Nuh
kisah Isa as dan hawariyyunnya harus dimengerti secara kontekstual di jamannya.
Hawariyyun yang hidup di masa Nabi Isa as hidup tidak dikatakan Kristen bukan?
Karena katanya Eng Tjun, Kristen itu exist setelah di Anthiokia...?.
Hawariyyun itu sangat beda dengan umat Kristen masa kini. Paling
tidak...Hawariyyun tidak kenal Perjanjian Lama or Perjanjian Baru...:-) karena
ini ditulis berabad2 setelah Yesus dan hawariyyun meninggal dunia. Hawariyyun
tidak terkontaminasi dengan ajaran Paulus.
*****
Lalu bgmn dg ayat2 yg membolehkan poligami? Bgmn dg ayat yg mengajarkan
permusuhan dg Ahlul Kitab? Dan ratusan ajaran, injunctions yg sampe sekarang
dilakukan oleh umat Islam? [

Lina:
Apa hub.nya pertanyaan ini dengan hal yang sedang di bahas. Mencari sesuatu ?
Secara singkat, ayat2 seperti ini juga harus dipahami secara kontekstual, di
lihat asbabun nuzul (mengapa ayat ini turun), karena penulisan AlQur'an
berbeda dengan penulisan Alkitab .

Kalo soal sunat dan sholat 5 waktu - memang tidak tertulis dlm Qur'an, jadi
sebenarnya hal2 tsb fakultatif!].

Lina: Sholat 5 waktu tidak tertulis di AlQur'an. Namun perintah untuk sholat
ada. Bagaimana melakukannya ada perintahnya untuk mengikuti manusia Muhammad
SAW (tak mungkin Tuhan turun ke bumi tuk mencontohkan, cukup Dia suruh
Pembantu2NYA)
*******
BTW kata 'hawriyun' itu asalnya bahasa Ethiopia dan artinya 'yg diutus'.

Lina:
Saya tidak tau dari mana asalnya kata tsb. Namun di AlQur'an ada disebut.
AlHawariyyun/Alhawariyyin berasal dari kata dasar 'hawariy' yang berarti
'pembela atau pengikut setia'

Ali Imran/3 :52
Maka tatkala ¡Isa mengetahui keingkaran mereka (Bani Israel) berkatalah
dia,¢Siapakah yang akan menjadi penolong-penolongku untuk (menegakkan agama)
Allah? Al Hawariyyun menjawab,¢Kamilah penolong-penolong (agama) Allah. Kami
beriman kepada Allah ; dan saksikanlah bahwa sesungguhnya kami adalah
orang-orang yang berserah diri¢ [muslimuun].

QS5:111
Dan (ingtlah) ketika awhaiytu (Aku wahyukan/ilhamkan) kepada Al
Hawariyyin,¢Berimanlah kamu kepada-Ku dan kepada rasul-Ku¢. Mereka
menjawab,¢Kami telah beriman dan saksikanlah (wahai rasul) bahwa sesungguhnya
kami adalah orang-orang yang patuh (kepada seruanmu)¢.

(3) Sebagian besar umat Islam yg terpengaruh tuduhan dari Islamic spin doctors
mengatakan bhw umat Kristiani sejak kematian Yesus adalah pengikut Rasul
Paulus. Mereka ini tidak pernah bisa menunjukkan bukti2 dari Alkitab apalagi
dari Al Qur'an. One thing for sure, Al Qur'an tidak pernah menyebut nama Paulus
('Bulus' dlm Bahasa Arab), sebaliknya Qur'an menyatakan bhw para pengikutnya
(ini tentunya termasuk Paulus krn Al Qur'an nuzul 600 th sesudah kematian Yesus
dan lebih dari 500 th sesudah Alkitab selesai ditulis dan sudah beredar di
banyak negara dan di antara bangsa termasuk bangsa Arab!).

Lina: Dari fakta sejarah ttg penulisan2 kitab suci dan dengan menggunakan nalar
saja, saya sudah dapat meyakini bahwa ajaran Kristen kini bukanlah ajaran Nabi
Isa as (Yesus?). Sedang dalam AlQur'an dijelaskan Isa as bukanlah Tuhan dan Isa
as juga mengajarkan ketauhidan murni, lalu dari mana ajaran trinitas dimulai ?
Akal kritis saya bekerja seperti ini: ketika saya meyakini Allah itu Esa, dan
para Utusan Allah adalah orang terpilih yang tidak mungkin ingkar, dari mana
ajaran trinitas itu di mulai ? Pada saat itu saya mulai mencari tau.
AlQur'an menyebut pengikut Isa as juga dengan sebutan Nasarah. AlQur'an tak
perlu menyebut satu per satu nama orang. Bahkan nama Abu Bakar ra, Umar ra dan
sahabat Nabipun tak disebut. AlQur'an hanya mengisahkan secara garis besar atau
mengindikasikan bahwa kitab2 terdahulu sudah diubah-ubah oleh orang2
(jahil) yang dikatakan sudah menjual ayat dengan harga yang murah.
***************
Lina:
Mengenai bahasa, saya lebih senang mengamatinya sebagai bahasa saja. Bangsa
arab dan Yahudi itu satu rumpun dalam bangsa dan bahasa. Bahasa arab yang
serumpun dengan bahasa  aramaik (bahasa asli Injil) itu hampir sama. Sayangnya
Injil yang berbahasa aram itu sudah tidak ada. Saya meyakini demikian karena
saya yakin Nabi Isa as yang Yahudi berbahasa Ibrani/aramaik, bukan berbahasa
Yunani, yang dikenal kini sebgai Alkitab tertua.
(4) Sekedar footnote: banyak umat Islam yg haqul-yakin bhw bahasa Qur'an itu
bahasa sorgawi, bahasa yg sempurna, dst. Anehnya ayat2 Qur'an banyak
mempergunakan kata2, konsep2 yg berasal dari manusia biasa, ingat 'hawariyun'!
Kata 'injil' saja adalah corruption dari kata Yunani 'au agelion' = 'Kabar
Baik' (dari Yesus Kristus). Asal-usulnya dari ucapan salah orang2 Arab
Kristiani. 'Kan aneh kalo dibilang bhw 'injil' ini sebuah kitab yg nomplok dari
sorga kepada Isa Al Masih. Soalnya sampe mati di kayu salib Yesus tidak pernah
menulis apa2 - kecuali di pasir! Murid2nya-lah yang menuliskan apa yg mereka
dengar, mereka lihat, mereka saksikan, mereka rasakan dan alami selama mereka
hidup bersama sang guru. sang juruselamat dan segala sesuatu yang mereka
lakukan sesudah kematian-Nya sesuai dg ajaran dan bimbingan Roh Kudus.

Jika dikatakan AlQur'an bahasa surgawi, itu karena bahasanya yang mempunyai
nilai sastra tinggi, sehingga mudah untuk dihafalkan. Sayapun yakin Injil asli
bernilai sastra tinggi, tidak penuh kata-kata porno.

Tidaklah menjadi penting bagaimana Injil asli itu diwahyukan kepada Nabi Isa as
dan bagaimana di tulis, karena belum ada rujukan yang jelas buat saya. Namun
satu hal, saya mengimani Injil yang asli, karena itu perintah AlQur'an yang
dituangkan dalam Rukun Iman.

Alkitab tidak ditulis  oleh murid2 Yesus di masa Yesus hidup, bukan ? karena
Alkitab di tulis setelah berabad-abad Yesus meninggal dunia. Bukankah in sebuah
fakta? Jadi, penulisan kitab suci seperti ini hampir sama dengan penulisan
Hadist dalam literatur Islam, yang 'katanya-katanya'.

wassalam,