Assalamualaikum

Sdr ku sekalian di palanta terutam sdr heri tanjuang,

Saya tidak menanggapi pemerintah perancis melarang pemakaian jilbab
disekolah itu urusan, merekalah, negara-negara mereka biar mereka
yang ngatur.

saya cuman mau menanggapi pernyataan sanak, tentang ada orang yang
tidak tau alasan-nya memakai jilbab.
komentar saya yang pertama adalah : kasihan tuh orang,..
kenapa dia mau melakukan sesuatu tanpa alasan yang jelas.

Seharusnya sebagai orang normal mereka punya alasan yang  untuk
melakukannya, misalnya, kesadaran sendiri, disuruh orang tua, atau
karena 'gaul' seperti yang terjadi pada beberapa anak di indonesia,
ikutan aja jadilah bermacam jilbab di sini, ada jilbab gamis yang
bener ketutup semua, ada jilbab lontong (pake jilbab tapi pake baju
ketat, sehingga bentuk tubuh jadi keliatan, atawa pake jilbab tapi
pake celana model sepinggul sehingga kalo duduk 'jemuran' keliatan...
macam2lah.

Sementara untuk urusan kewajiban menutup tubuh wanita, terserah ke
masing-masing individu masing2lah ada yang mau silahkan, kalau ga mau
ya terserah dosa ditanggung masing2, cuman untuk urasan dosa kalo ga
salah ada peringatan nih buat kaum bapak, untuk menjaga anak dan
istrinya dari api neraka, jadi ati2 loh pak, kita udah cape2
menjalankan ibadah dengan baik bener, eh anak yang perempuan yang
belum punya suami, ternyata ... pamer.....kalau udah punya suami mah
gak usah pusing pak, itu urusan laki-nya.
Jadi kalau sanak melihat ada semacam pemaksaan atau indroktinasi
kepada kaum perempuan untuk menutupi aurat-nya, sebenarnya itu
mungkin usaha mereka para ayah dan atau suami yang ingin menjaga para
wanita yang disayangi-nya dari api neraka.

Kembali ke kasus di perancis, saran saya buat wanita yang memakai
jilbab disana kalau anda rasa memang suatu kewajiban, cobalah
menerangkan kepada pemerintah perancis kalo memakai jilbab,
sebenarnya sama dengan kewajiban memakai baju seperti mereka, cuman
ukuran-nya sedikit lebih besar dibanding mereka, kalo mereka
syaratnya asal jangan jemuran keliatan, kalau bagi wanita muslim,
yang boleh keliatan cuman muka ama telapak tangan... itu kalau mau
dengar... kalo gak ya udah jangan sekolah disana cari tempat lain,
toh bumi Allah ini masih luas.
jangan sampai ntar di akhirat di tanyain, kenapa kamu dulu gak pake
jilbab, masak mau jawab dilarang tuh ama Jaques chirac... eh malaikat
lansung ngomong ya udah ikutan aja ama dia ke neraka sana... rugi
atuh.

Terus yang lebih menarik lagi tulisan anda tentang 'perangai' orang
arab di eropa dan kau gay di jedah....
Saya mah tidak kaget...
Memang Nabi Muhammad lahir di tanah arab,,, tapi di sana juga lahir
abu lahab, abu jahal, hindun..kaum luth
Jadi gak kaget kalau ada sekarang banyak pengikut-nya,

Islam memang lahir di tanah arab, tapi Islam bukan arab,,,

wassalam

Y-P

--- In [EMAIL PROTECTED], Tanjuang Heri <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:
> Sanak di Palanta sadonyo,
>
> Maaf baru kini ado wakatu barang saketek dek alah lamo ndak
mancogok di palanta ko. Lagipulo, komputer ambo di rumah baru
diserang virus, jadi tapaso ganti sadonyo, untung se lai pakai
provider gratis ko, postingan soal ko jadi masih awet. Alah cukuik
banyak juo komentar ( -/+ 55 postingan ) sanak sanak tantang jilbab
ko.

> Tulisan ambo nan berawal dari demo uni uni nan bajilbab di Padang
alah banyak menghasilkan komentar, positif atau negatif soal jilbab,
sarato ka ambo sendiri. Malah ado nan mangatokan kalau ambo ndak
sanang jo Islam. Tapi bialah. Kalo hanyo sakedar komentar asa nan di
ambo surang ndak sarupo tu.

> Walaupun alah ado sakitar 55 postingan soal ko, namun ambo alun
mambaco komentar Bundo Nismah, nan ambo kiro cukuik representatif
dari jajaran Bundo Kanduang di palanta ko. Bukan berarti komentar nan
dari sanak sadonyo ndak berbobot. Acuangan jempol tuk sadonyo.

> Mak SBN nan cukuik agresif , sampai di " cut " dek sanak nan lain.
>
> Baliak ka pokok masalah tulisan ambo. Ambo paralu maagiah
keterangan saketek. Bamulo dari reaksi/demo nan dilancarkan di muko
Balai Kota Padang dek uni nan bajilbab nan " mambantu / concern " jo
sanaknyo nan bajilbab di Perancis.

> Ambo ndak maragukan apo nan alah tertera di Al Quran, walaupun ambo
ndak ahli sarupo uni Rahima, tapi ambo bakayakinan , agamo ndak
mampasuliek umatnyo. Bak kecek papatah awak juo, dima bumi dipijak,
di situ langik dijunjung. Lain lubuk lain ikannyo.

> Sanak, Perancis alah sajak lamo mamisahkan masalah agomo jo
kenegaraan/ administrasi. Agamo diurus dek gereja (Uskup), karano
Perancis masih katolik wakatu tu. Jadi uskup, pendeta hanyo bakuaso
di gereja / dilingkungan ke uskupan inyo sajo. Soal pendidikan,
administrasi kenegaraan diurus dek presiden jo PM nyo. Jadi wajar
sajo kalau simbol simbol keagamaan, partai, kelompok dll ndak buliah
dibao ka lingkungan tampek pemerintahan. Kipa, jilbab, salib, gambar
partai, bahkan liontin yang menggambarkan daun ganja pun dilarang
disekolah.

> Perancis  berusaha menempatkan sesuatu pada tempatnya. Perancis
tidak melarang orang menjalankan agama sesuai kepercayaan, namun
penganut agama tsb, baik islam, yahudi, nasrani harus melaksanakannya
pada tempatnya. Diluar lingkungan sekolah , atau gedung pemerintah ,
pelajar , warga muslimah boleh saja berkerudung/jilbab, baik yang
hitam sekujur tubuh dan hanya kelihatan bola mata doang,
silahkan .Tidak akan ada polisi yang nangkapin. Atau berpakaian rok
mini dan baju "you can see" , minjam istilah uni Rahima, ga ada yang
larang. Tidak akan ada mata memelotot - kecuali mata kaum laki laki
yang katanya beragama Islam / turunan Timteng. Ga percaya? silahkan
buktikan sendiri atau tanya ama sanak saudara yang lain yang ada di
eropa.

> Kalo bicara soal tubuh dan seksualitas, wah secara logika saja apa
kita ini manusia atau binatang? Maaf , rada keras dikit. Allah
mengkaruniakan pada kita ilmu dan otak dan perasaan, melebihi
binatang. Binatang kalo lagi birahi, yah santap langsung, setuju apa
ndak yang betina, ga jadi soal. Apa kita yang namanya manusia (
islam, yahudi, nasrani, buda, hindu dll) langsung perkosa kaum wanita
kalau melihat wanita bahenol kayak gitar spanyol di jalan? Ambo
yakin, tingkat nalar sanak di palanta ko ndak paralu diragukan soal
kontrol tadi. Di sini ga ada tuh yang langsung tancap gas kaya gitu.
Raso jo pareso urang Minang ndak paralu diragukan lai.

> Ambo pernah mananyokan ka beberpa muslimah jilbaban , nan tadinyo
ndak pakai, tibo tibo inyo pakai ( baik malayu ataupun timteng ),
banyak nan indak tau apo tu aratinyo pakai jilbab atau memang sangajo
ndak diagiah tahu, sangajo ndak namuah manarangan ka urang lain nan
batanyo, ambo ndak mangarati. Di Indo pun, cubolah tanyolah kaum
muslimah di lungkuangan masing masing, apo alah sadonyo paham apo itu
pakai jilbab, apo iyo jo kasadaran sendiri atau dek karano tapaso (
postingan uni Yessi ?). Ambo mancaliak soal jilbab ko sejenis
doktrinisasi gaya baru di lingkuangan awak. Mungkin ambo kaliru,
tolong diluruihan dek nan tahu.

> Rahasia umum, di Paris, kalau alah musim paneh tibo, banyak urang
Timteng ( Arab Saudi, Emirat , para orang kaya petrodolar Timteng )
datang bejubel liburan ke Paris. Ado nan pakai baju hitam karuduang
nan nampak bola mato nyo sajo , atau nan pakai panutuik muluik nan
dari metal ( mungkin perak atau ameh , ambo ndak pareso ). Ado pulo
nan barambuik bagerai. Itu dari kaum hawa. Sadangkan kaum laki,
banyak nan berminum ria di hotel, restoran dll. Pelampiasan atau sisi
hipokrit kaum islam dari negara yang berdasarkan ajaran islam ?
Tolong dikomentari dek nan tahu banyak soal iko. Ambo iyo masih ndak
mangarati.

> Ciek lai, mumpung masih ingek, di  lua masalah jilbab. Tolong
penerangan dari nan pandai.

> Di Padang, para banci, waria dianggap sampah masyarakat. Begitu
juga di Kairo, sehingga mereka yang mengaku gay / homoseksual dapat
ganjaran penjara. Sedangan menurut berita The Independent, koran dari
UK, Jeddah malah dianggap sebagai sorga kaum gay.  Berita tsb
menjelaskan bahwa di kebanyakan mall di sana, pemuda arab ( klimis
dan trendi )banyak yang mejeng, dan pelototin cowok asing dari ujuang
rambuik ka ujuang kaki , dan bahkan siap kasih duit wisman yang mau
ama mereka. - kebanyakan duit yah dan ga tahu harus ngabisin nya
gimana.

> Wah , ini pasti bikin ribut nih. Sorry deh. soalnya kalu baca koran
lewat internet jadi ga keruan gini. Pasti ambo bakal dicap nan indak
indak dek sanak nan lain.

> Sakitu se dulu, alah jam satangah satu pagi wakatu Paris. Ka lalok
ciek dulu. Beko disambuang baliak.