Ass.Wr.Wb.

Nampaknya saya akan mengomentari ttg kisah seorang Opa
ini,..namun ini bukan fiksi,tetapi kisah nyata.Dari
seorang teman saya yg punya orang tua belum lagi tua
sekali,..masih membiayainya kuliyah,..namun sdh tak
memperdulikan lagi Bapaknya tsb,bahkan malu terhadap
teman2nya,karena Bapaknya tsb,berpakaian dan bersikap
persis memang pria kampungan,yg masih pakai kain
sarung,dan peci,beliau ini berasal dari Riau,tapi
Minang kabau juga asalnya..

Kisah ini berawal dr 10 thn yg silam,disaat setahun
sblm saya menikah,jadi ketika itu saya msh gadis dan
tinggal satu rumah bersama2 8 orang mahasiswi
lainnya.Semua kami berasal dari Diniyyah Puteri
Pd.Panjang.

Sementara teman yg akan saya ceritakan inipun(saya tak
perlu pula menyebut orgnya,..krn nantik akan
berguncing tibanya,kita ambil saja kisahnya,..krn ini
benar2 nyata sekali).
Orang tuanya tsb,datang ke mesir utk menjeguk anaknya
bersama 3 orang tua wali murid lainnya,sekaligus mrk
berniat Umrah dr Mesir tsb.

Mungkin bayangan orang tua tsb,.sesampai ia di
kairo,anaknya yg selama ini dibiayainya dan
dirindukannya akan menjaga dan mengurusnya.Tapi
kenyataan berbicara lain,malah rasa kecewa dan
kesedihan yg teramat dalam yg dialaminya.jangankan
diajak cerita,..makan org tuanyapun tak ia
sediakan,benar2 dicuekin,malah dimarah2in dan
dibentak,krn si bapak kalau menemui tamu yg datang dgn
berkain sarung.

Saya yg melihat kejadian pahit itu  benar2
trenyuh,..hati didalam terasa disayat sembilu,ingin di
cekek ini leher cewek,..tapi,saya ngak punya hak utk
itu,krn ia beliau itu adalah Bapaknya,dan saya tak
kenal sama sekali dgn bapak ini sblmnya.Namun hati sdh
tak tahan lagi melihat kesedihan dr Bapak tsb,akhirnya
saya ambil alih tugas seorang anak tsb,..saya ajak
cerita,..saya sengaja menginap di rumah teman
tsb,..hanya sekedar utk membantu memasak buat Bapak
tsb,..saya menduga ini cewek akan merasa tersinggung
dan malu,pd saya,..krn justru saya yg melayani Bapak
kandungnya sendiri,..namun dugaan saya meleset sama
sekali,..

Apa katanya,:"Kak Rahima,..tinggal disini aja
yah,..tolong donk diurus bapak...malu2in aja Bapak ini
Kayak org kampung..!",saya kaget setengah mati.Ini
cewek manisnya minta ampun,..tapi koq punya hati
sebusuk ini,..belakangan saya ketahui ini cewek sdh
umur 32 thn msh juga blm dpt jodoh,..mgkn krn terlalu
gaya,dan memang ketika gadisnya sgt pemilih sekali
terhadap pria,maunya pria itu yg
ganteng,..kaya,..pintar dan punya segudang kelebihan
lainnya,klu sdh seumur itu,saya kira buat perempuan
sgt sulit menemukan pasangan yg dinginkan,apalagi ia
berpendidikan tinggi ,sdh mau ambil Doktoral lagi.beda
dgn kaum pria,umur 40 thn,..msh juga santai.karena byk
wanita yg menantinya.

Atau mungkin karena rasa sedih org tuanya,disaat di
kairo tsb,dicuekin oleh anak sendiri,malah justru yg
mengurusnya dan memperhatikannya anak yg tdk
dikenalnya sama sekali.

Disaat ia Umrah,konon cerita,dr org tua yg berangkat
sama dgn beliau.Bapak itu menangis tersedu2 di pintu
Ka'bah,di depan pintu Multazam,dimana do'a sgt
dikabulkan oleh Allah SWT.karena nangisnya sgt
kencang,..Bapak2 yg lain bertanya
kepadanya.:"Pak..kenapa menangis,..teringat
siapa,..dan lagi do'akan siapa,..?"

Jawab Bapak tsb:"Teringat Rahima,..lagi mendo'akan nya
agar dpt jodoh yg baik,dan kuliyahnya berhasil.."
"lho kenapa tdk anak bapak si..?",tanya temannya yg
lain.Sudah saya usahakan,..tapi entah kenapa,justru yg
kebayang disaat saya thawaf dan berdo'a,wajah
Rahima,bukan wajah anak saya sendiri,..padahal sdh
saya usahakan,dan disaat berdo'apun yg teringat juga
Rahima,..ngak bisa ingat anak saya.

Setelah mereka kembali lagi ke Kairo,..cerita itupun
disampaikan kesaya,dan juga tersebar di kalangan
kami.Saya merasa ngak enak ketika itu.Saya nasehati
itu cewek,..apa jawabnya,.."Akh..bapak itu memang
biasa begitu,..saya juga ngak dekat dgn
bapak,..dekatnya cuma sama Ibu saya saja."(secara
kebetulan ibunya memang gaya org kota dan bermake-up
tebal).

Begitulah,..spi selama lebih kurang sebulan,mereka di
kairo,hanya kepahitan yg diterima sang Bapak dr
anaknya,..spi2 ketika akan pulangpun utk menyusun
barang 2,bahkan sehari sblm pulang sang Bapak sakit
gawat,..juga ngak diperhatikan oleh sang anak.Sang
anak cuma pergi dan bercerita bersama teman2 lelaki
lainnya.Sementara yg menjaga org tua itu sakit,saya
dan beberapa adik2 lainnya.Kejadian yg amat tragis,dan
tdk bisa saya lupakan sama sekali.Ketika di Air Port
pun disaat ada problema kelebihan barang di
bagasi,..bukan juga sang anak turun
tangan,..cuek,..sebenar2 cuek.Bukannya sedih melepas
Bapaknya yg akan kembali lagi ke Indonesia,malah minta
cepat2 beliau itu kembali lagi.Laahaula wala quwwata
Illaabillaahil aliyyil adzim,..saya pikir,..benar2
dunia ini sdh hampir terbalik .saya yg sgt mendambakan
seorang ayah ada disisi saya,..namun Allah menentukan
lain,..beliau cepat di panggil Allah SWT
Itu belum org tuanya tdk bisa berbuat apa2,msh
membiayainya,..sdh begitu sikapnya,apalagi klu sang
Bapak sdh tua renta.wallhu a'lam apa yg akan terjadi.

Terkadang manusia ketika org tua hidup di cuekin,..ia
ngak mikir,..kalau suatu saat ia juga akan
tua,bagaimana klu anaknya nantik bersikap hal sama
dgnnya.Seorang lelaki terkadang lebih memperturutkan
kata2 sang istri,..krn istrinya tak sesuai dgn
ibunya,yg tentu menantu dr ibunya sendiri.Sementara
sang istri tak sadar,bahwa sblm ia mendapatkan
suaminya yg terlebih dahulu
menjaga,membesarkan,melahirkan memiliki dlsbgnya itu
adalah ibu dr suaminya.Benar2 tak pantas kalau sang
istri melarang suami membantu ibunya. malah ia
berbuat kasar pd ibu dr suaminya.Apalagi terhadap org
tua  kandung sendiri.

Kejadian semacam inilah yg sering menyebabkan sang
ibu,atau Bapak lebih memilih tinggal sendiri ketimbang
tinggal bersama anak2nya.Padahal,..kalaulah masing2
kita sadar akan tugas dan kewajiban terhadap org
tua,tak pandang bulu apakah itu org tua suami,istri
atau org tua sendiri,namun yg namanya org tua itu
haruslah diperhatikan betul,..dijaga perasaannya,..jgn
sakiti mereka,..jgn biarkan mrk bekerja lagi.kewajiban
seorang anak utk membiayai org tuanya,disaat org tua
sdh tak mampu lagi.Biarkan mereka menghabiskan masa
tuanya dgn hanya beribadah.

Sangat jarang diantara kita,yg meyakini bahwa rezeki
itu justru akan bertambah dgn kita berbuat baik pada
org tua.Sgt jarang sekali.Hanya tuntunan agama serta
akhlak dan hati nurani seseoranglalah yg dapat
mengikis semua sifat egois dan kecuekan kita terhadap
org tua.Semoga Allah selalu membukakan hati kita agar
selalu berbuat baik pada org tua.karena ini sdh
merupakan perintah dr Allah SWT.Dapat dibaca Q.S.Al
Isra(klu saya tdk salah,..saya hanya hafal
isinya),nasehat luqman terhadap anaknya,dalam banyak
hal.Ridha Allah terletak di Ridha org tua.Bila org tua
murka,..jgn harap kita mendapat kasih sayang dan
rahmat Allah SWT.

Kisah dan nasehat ini saya ungkapkan buat saya
sendiri,keluarga saya,sahabat kental saya,serta kaum
muslimin dan muslimat lainnya,..yg saya tahu betul
diantara kita pasti sdh mengetahui akan hal ini lebih
dalam lagi terutama bagi yg sdh berumur dan
berpengalaman,tapi tak ada salahnya saya dr yg msh
tergolong muda,.hanya sekedar memperingatkan saja

"Fazakkir fainnadzikra tanfaul mukminin,Maka beri
peringatanlah semoga peringatan itu bermanfaat bagi
kaum mukmin".Saya merasa hal ini sgt.. teramat penting
utk kita renungkan,terutama bagi para
wanita,istri,juga pria,..jgn bersikap egois.Ingat
diatas langit msh ada langit lainnya.Dan perputaran
masa itu akan kena juga ke kita nantiknya.Bumi ini
berputar pd porosnya,..kitapun akan berputar seiring
berputarnya bumi.Hidup ini hanya sebentar.tak lama
lagi kita sama2 keliang kubur,..perbanyaklah amal dan
mengingat kita akan tua dan kita akan mati.

Wassalam,(Cairo 26 0802,rahima)

Yahoo! Finance - Get real-time stock quotes
http://finance.yahoo.com