Assalamu'alaikum wr.wb.,

Kamanakan Cecille,

Biarlah saya tambahkan, dengan interpretasi saya, tentang makna beribadah. Kata buya yang memberikan ceramah di Mesjid Raya, dalam cerita saya, baibadah sungguah. Di dalam Islam, menuntut ilmu, bahkan sampai ke negeri Cina, bahkan sejak dari buayan sampai ke liang lahad, itu adalah bahagian dari ibadah. Jadilah seorang yang bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu. Jadilah insinyur, dokter, sarjana hukum, jadilah seorang accountant, jadilah arsitek atau apa saja, sebutkanlah. Tapi lakukan semua secara Islami. Secara seimbang. Menyeimbangkan iman dengan ilmu. Menyeimbangkan taqwa dengan teknologi.

Dalam keseimbangan seperti itu kita tidak akan kena stress, insya Allah. Penyakit yang banyak benar diidap orang sekarang. Orang tua stress, anak muda stress, kanak-kanak stress. Dengan menjaga kesetimbangan jasmani dan rohani, hidup akan lebih santai. Dan hidup ini lebih bisa dinikmati. Pada setiap aspek dan bahagiannya. Makan kita nikmati, minum kita nikmati, tidur dan beristirahat kita nikmati, pengajian kita nikmati, shalat berjamaah kita nikmati, berdiskusi kita nikmati. Bukankah itu semua indah? Dan semua bisa bernilai ibadah. Dan kalau memang tidur bakaruah, ya tentu saja juga kita nikmati. Maaf, tahukah kamanakan, bahwa dalam Islam berhubungan suami istri itupun ibadah?

Ngomong-ngomong katanya kamanakan urang Ampek Angkek? Dima bana kampuang?
Dan apa kamanakan lahia di Parancih? Namo kamanakan maingek-an ambo ka kawan ambo nan anakno banamo sarupo. Ano urang Parancih.

Wassalamu'alaikum wr.wb.,

Lembang Alam

ce cille <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
---cut---
,yang sangat kita kecewakan yang menemukan ini
kebanyakan dari Eropah sana.

> Sementara kita Islam,malas-malas,tidak mau mencari
> dan
> meneliti.Warisan yang ditinggalkan oleh Allah dan
> Rasulullah,yang memanfaatkannya justru non
> Islam.sangat kita sesalkan.tapi jangan pesimis,masih
> banyak waktu untuk kita merubah dan mengejar
> segalanya.Islam pernah jaya begitu lamanya,mungkin
> saatnya kini giliran Eropah pula yang gemilang.
----cut------

Assalamualaikum WW.

Excellent!!!!....saya setuju banget dengan yang uni
sampaikan ini, terutama bait di atas.

Penyebab hal ini kali aja berkaitan dengan Phylosophi
hidup muslim yang di postingan mamanda Lembang Alam (
its correct?) beberapa waktu lalu...Apa yang kita cari
dalam hidup? Yang pentinga dalam hidup ini adalah 4
hal, "Baibadah sungguah, makan batambuah, bacampua jo
isteri namuah dan lalok bakaruah"...memang ini tidak
ada salahnya. Tapi apakah hidup kita yang sangat
singkat ini cukup diisi dengan hal2 yang di atas saja?

Kapan kita akan menjalankan sunatullah untuk
menyingkap rahasia alam ini. Begitu banyak rahasia
alam yang belum kita ketahui saat ini, bahkan dalam
hal menyingkap rahasia alam ini, umat non muslim malah
lebih giat dari kita, bahkan mereka bisa bekerja
menyingkap rahasia alam sampai larut malam setiap
harinya, sementara ummat muslim terlena dengan irama
"karuah" nya. Dan setelah umat non muslim sejahtera
dan lebih maju, timbul berbagai komentar miring,
kecewa, iri hati dll. di kalangan muslim, dan bahkan
terkadang kita harus mengikuti langkah mereka..

Memajukan umat islam tidak cukup hanya dengan menggali
dan membahas Al qur`an dan hadist. Al Quran dan Hadist
memang menjadi dasar mutlak yang harus dipelajari
dalam kita menjalani hidup ini, namun itu adalah ayat2
Allah yang di suapkan ke mulut kita. Kejadian2 dan
rahasia2 yang ada di alam semesta raya ini merupakan
Ayat2 Dari Allah SWT. yang masih diturunkan untuk
manusia sampai saat ini untuk membimbing hidup kita,
dan ini yang harus kita ungkapkan dan artikan dengan
kelebihan kita dengan menggunakan "kincia-kincia".

So..sebaiknya jangan banyak "bakaruah" lagi
deh..sekali2 sih boleh aja yang kata oom saya untuk
"malapeh rangkik-rangkik"..

wassalam
cecille