--- ce cille <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> ---cut---
> ,yang sangat kita kecewakan yang menemukan ini
> kebanyakan dari Eropah sana.

> pesimis,masih
> ----cut------
>

> Assalamualaikum WW.
>

> Excellent!!!!....saya setuju banget dengan yang uni
> sampaikan ini, terutama bait di atas.
>
> Penyebab hal ini kali aja berkaitan dengan
> Phylosophi
> hidup muslim yang di postingan mamanda Lembang Alam
> (
> its correct?) beberapa waktu lalu...Apa yang kita
> cari
> [...]

Waalaikumsalam.Wr.Wb.

Cil,..saya kira bukan itu maksud ST mak Lembang
Alam.Justru beliau ini menginginkan persatuan Ummat
islam itu di mulai dari mesjid.Yang pandai
tukang,pandai phisika,biologi,agamawan saling
bersatu.Dan salah satunya itu tempatnya di
mesjid,selain ada juga tempat-tempat yang lain.

Itulah Cil,..manusia ini memang sering sekali menyalah
artikan segala sesuatu itu.Itu dikarenakan sifat
manusia suka berburuk sangka aja ,pada siapa aja,dan
pada apa saja.

Kadang,terlalu sempit pemikiran seseorang kalau
mengatakan bahwa kita hidup ini hanya untuk beribadah
saja.Cuman ngebahas Al Qur'an Hadist doank,tanpa
memperhatikan isi alam ini,menelitinya lebih dalam.

Kalau zaman dahulu kala,zaman ulama dulu yah Cil,Ibnu
sina,itu bagian kedokteran,tapi agamanya sangat
mantap.jadi beliau ini menghubungkan antara ilmu yang
didapatnya dalam Al Qur'an dan ilmu biologi serta
metafisika yang dipelajarinya.

Dan inilah yang saya maksudkan dulu,saya sangat senang
orang-orang umum yang tahu agama.Dan orang agama tahu
umum.Tapi kesenangan saya itu baru sempurna bila
orang-orang umum itu,bisa menyatukan ilmunya dengan
ilmu agama.Begitupun sebaliknya.Agamawan,jangan
terfokus pada ilmu agama tok,ia harus bisa mempelajari
alam semesta ini,untuk bisa membuktikan betapa
kebenaran dan kebesaran Allah SWT.

Begitupun orang umum,jangan terfokus pada ilmu umum
saja,kadang ini yang sering menimbulkan rasa sombong
dalam diri seseorang.Oh yah..dia bisa melanglang
buana,sampai ke bulan,ia bisa berbahasa banyak di
dunia ini,ia bisa IPA,Matematika,Inggris,dan
lain-lainnya,tanpa sedikitpun ia mencoba mempelajari
agama itu.Ini juga kurang baik.Kita harus tahu Al
Qur'an dan Hadist,serta agama juga.

Yang saya inginkan kedua ilmu itu saling bersatu
padu,jangan ada pemisahan,dan jangan ada saling merasa
pintar sendiri. Saya,orang agama ( meski dulunya SMP
dan SMA ( sekaligus pesantren )juga,saya sekolah dua
).Pagi pesantren,sorenya SMA.

Jangan heran,kalau teman akrab saya justru banyak yang
orang umum.Untuk apa saya dekati mereka,agar saya bisa
terus mendapatkan ilmu dari mereka, apa yang tidak
saya miliki ,bukan saya tidak mau berteman dekat
dengan orang agama.Tapi saya tahu,untuk masalah
agama,InsyaAllah,saya bisa cari sendiri.

Kalau saya orang umum,pasti yang saya cari untuk teman
dekat saya adalah orang agama.Ini saya lakukan untuk
menyeimbangkan kehidupan saya.Umum dan agama.Dunia dan
akhirat.Kalau saya sekolah umum,lantas teman dekat
saya sama juga ilmunya dengan saya.Podo aye.Ataupun
saya orang agama,yang saya dekati juga orang
agama.Sama dewe tokh..?

Kata pepatah Arab yang sudah dijadikan Hadist sih : "
Hiduplah kamu untuk duniamu,seakan-akan kamu hidup
selamanya,tapi hiduplah kamu untuk
akhiratmu,seakan-akan kamu mati besok "

Makanya dalam Al Qur'an Allah mengatakan siang
dijadikan Allah,agar manusia bisa bertebaran dimuka
bumi ini untuk mencari ilmu ( apa saja,asalkan baik
),duit,harta,apa saja,pokonya untuk bekerja.agar kita
hidup didunia ini makmur,tidak melarat dan
berkekurangan.

Sementara malam,dijadikan Allah untuk istirahat,bisa
ibadah,agar kalau saja tiba-tiba malaikat mencabut
nyawa kita.Apa yang akan kita persembahkan
padaNya.Bagaimanapun Akhirat itu jelas lebih baik dari
dunia ini.

Siang haripun Allah menyelang-nyelingi kesibukan
kita,dengan tetap ingat padanya.Kita di suruh shalat
Dhuhur,Asar.Ini semua sekalian untuk istirahat
badan,dan tetap ingat Allah.Benar-benar adil dan
seimbang serta tingginya agama Islam ini dalam
mengatur tata kehidupan manusia.Bersyukurlah kita jadi
ummat Islam.

Tidak ada ajaran agama yang mengatur tata kehidupannya
sedemikian rincinya.makanya Allah mengingatkan kita
agar kita mati dalam keadaan Islam.Jangan sekali-kali
terfikir untuk berubah dari Islam.Mati kafir sedetik
saat kita keluar dari Islam,bagaimana.Jelas masuk
neraka donk ( iiiiiihhh,ngeri akh.. ),karena Allah
memang bilang orang kafir itu tempatnya dineraka.

Sekali lagi saya sangat interest dengan orang
umum,Tapi orang umum yang bagaimana..?
Bukan yang sombong !.Tapi yang Tawadhu' dan tahu
agama.begitupun sebaliknya.

Saya juga kurang suka orang yang terlalu ekstrim
memandang agama ini.Islam punya batas-batas.Dalam
bergaul juga punya batas.Seharusnya Ummat islam ini
bersatu,saling mengisi,bukan bentrokan,membicarakan
perang sana-sini,Islam liberal
lah..Fundamentalislah..entah apa lagi.Kapan
selesai-selesainya atuh..makanya saya ngak pernah mau
komentar kalau hal-hal begituan,enakan ngomentari yang
ada candaannya lagi.

Tapi saya lihat RN sudah sangat bagus,pembicaraannya
sudah mulai nyambung,antara ilmu segala macam
bidang.Yang saya kurang suka itu,kalau saling
bertenggang urat syaraf membicarakan hal-hal yang ngak
jelas ujung pangkalnya.

Allah SWT berfirman : " Sesungguhnya Allah tidak akan
merubah suatu kaum,kalau tidak kaum itu sendiri yang
merubah nasibnya ".

Islam tidak akan pernah maju kembali seperti dulu
lagi,kalau tidak dari dalam diri Muslim itu sendiri
yang berusaha merubah nasibnya.Menyatu padukan antara
ilmu alam dan agama itu sangat penting sekali.
Orang Eropah yang hebat itu juga belum tentu bahagia
jiwanya.

Sudah jelas,kalau mereka kafir,sepintar apapun mereka
di dunia ini,namun peristirahatannya dineraka
sono,untuk apa ? Ada yang kita contoh dari
mereka,kegigihan dalam bekerja,dan keseriusan dalam
meneliti alam,tapi segi moral, akhlak,dan pergaulan
bebas mereka, saya kira ini yang harus di jauhi.(
tentu sebagian dari mereka,saya kurang tahu persis
)Tapi yang sudah pasti kalau bukan Islam,berarti itu
kafir,atau munafik.

Begitupun ada yang harus kita jauhi dari ummat Islam
sekarang ( sebagian saja )Rasa terlalu berbangga
diri,mikirin akhirat melulu,biarlah orang -orang
Eropah saja yang menemukan rahasia alam ini,kita
tinggal terima beres aja,mana sombong dan sok alim
lagi.Sebenarnya bagi mereka yang terlalu merasa
dirinya sangat suci dan bisa agama,terlalu
ekstrim,saya kira justru mereka itu tidak begitu
mendalami apa itu sebenarnya isi Al Qur'an dan Hadist.

Kalau orang-orang yang benar-benar mendalami isi Al
Qur'an dan Hadist saya kira,sikapnya akan
netral.Tahu,apa yang dibencinya,tahu apa yang tidak
dibencinya.Dan bisa dilihat dari caranya bergaul.Boleh
dikatakan masuk ke bentuk dan watak manusia yang mana
saja,tanpa menghilangkan sikap dan jati dirinya
sendiri,sebagai ummat Islam.

Islam itu sangat luas koq,..pelajarilah Al Qur'an itu
secara mendalam,pasti disana kita akan mendapatkan
berbagai macam ilmu umum dan agama.Tapi
rinciannya,kita bisa lihat di Hadist-hadist
Rasulullah,ilmu-ilmu agama lainnya,serta ilmu-ilmu
Fhisika,Metafhisika,Biologi,Kelautan,Pertanahan,Perbintangan
dan sebagainya.

Betapa banyak ayat Allah mengatakan " Apakah kamu
tidak berfikir..?,maka tanyalah ahli yang berilmu
ahli dzikir,jika kita tidak mengetahui sesuatu
itu.Ilmu itu dicari,bukannya ia datang sendiri kaya
kisah Ali Baba.didalam " Cincin Ajaibnya "

( hehehe,masih ada yang kaya gitu ngak yah,.biar saya
beli deh cincinya,berapapun harganya,saya beli,kan
nantik bisa diganti,saya bisa minta harta sama Jin
yang ada di cincin tersebut harta yang melimpah ruah )

Wassalam.Rahima.