--- [EMAIL PROTECTED] wrote:
> Ass,wr,wb.
> mungkin juo Bundo Nismah, atau dunsanak kito nan di
> Cairo-Mesir.
> Tolonglah di lewa kan di palanta kito ko, caro
> manasik haji nan baiak dan
> bana, sudah tu pengalaman salamo di tanah suci

Assalamualaikum.Wr.Wb.

Da Mulyadi,saya kira untuk cara-cara yang benar dalam
menunaikan ibadah haji,bisa dibaca buku-buku yang
beredar di Indonesia,tentang masalah haji ini.Dan yang
paling utama,ada baiknya praktek ( manasik haji
sesering mungkin ).

Do'a-do'anya di hafal,sekalian artinya  difahami dan
diresapi betul2,agar pas kelak kita
melaksanakannya,terasa kedalam dada,dan tidak mungkin
tidak meneteskan air mata kita,kala berdo'a
tersebut,apalagi pas pertama sekali melihat ka'bah
mesjidil haram,mesjid nabawi.

Kesempatan yang mungkin sekali seumur hidup
kita,jangan sampai dilewatkan masa-masa indah
tersebut.Diusahakan tempat tinggal tidak jauh  (
maktab ),dari Mesjidil haram dan mesjidinnabawi.

Kalau kebetulan kebagian tempat yang jauh dari kedua
tempat tersebut,bisa pergi bersama-sama jamaah
lainnya,agar bisa shalat lima waktu,shalat tahajjud (
tiap malam ),juga shalat dhuha,dan melaksanakan UMRAH
berulang kali.( kalau badan kuat ).Siapkan saja
makanan,kalau bisa dibeli dari toko yang dekat mesjid
tersebut bagus sekali.Makanannya enak koq,apalagi nasi
orang bangladesh tersebut,sangat enak,sandwich roti di
campur ayam atau daging namanya ( SAWORMA ).

Tapi bagi jemaah haji dari Indonesia,memang sangat
sulit sekali untuk bebas sebanyak-banyaknya
beribadah,apalagi kalau pertama sekali pergi
kesana,khawatir kesasar,atau hilang.

Kalau saya,pertama sekali menginjakkan kaki ke
mesjidil haram,langsung saja menangis,ngak
henti-hentinya,rindu sekali dan terasa dekat sekali
dengan Allah,padahal ketika itu belum dapat rumah
untuk didiami.Namun dengan air mata berlinang memohon
pada Allah,agar dapat tempat yang dekat dengan
mesjidil haram,biar bisa banyak beribadah sepuas-puas
hati saya,berdo'a pas betul di depan pintu ka'bah.Do'a
cukup maqbul,selesai do'a langsung ada teman yang ajak
tinggal di hotel disamping mekkah.( gratis lagi ).

Kesempatan emas,dan berlian tersebut tidak saya
sia-siakan,karena do'a terkabul.Saya pulang ke
hotel,cuman hanya untuk makan doank,sarapan pagi,makan
siang dan malam,bobo sebentar,kira-kira 4 jam paling
lama bobo saya ketika itu.( ketika itu haji saya haji
ifrad )

Datang ke mesjidil haram,sekitar pukul 2 dini
hari,shalat tahajud,baca Al Qur'an sampai
subuh.Selesai shalat subuh baca Al Qur'an lagi,pulang
ke hotel,sarapan,pergi lagi ke mesjidil haram,dari
mesjidil haram,naik bis yang disediakan oleh
pemerintah saudi,kita cuman bayar 2 riyal,PP, untuk
mengambil miqat melaksanakan umrah.sampai pukul
10,atau sebelas,selesai umrah,shalat dhuha 8 rakaat
lagi.baca Al Qur'an lagi,sampai dhuhur.

Selesai shalat dhuhur pulang makan,dan kadang
jalan-jalan disekeliling mesjidil haram tersebut,atau
kota mekkah ( sendirian,padahal saya pertama sekali ke
kota Mekkah tersebut,tapi hanya modal keberanian,dan
keyakinan pada Allah,serta bahasa
Arab,alhamdulillah,ngak papa ).

Kalau ikut teman-teman kala itu,mereka banyak tidur
siang,dan malam jarang tahajjud,serta suka di hotel
saja,sehingga saya ngak bisa ikuti teman-teman kala
itu,beranikan saja pergi jalan sendirian.Modal
keberanian,keyakinan pada Allah,dan bahasa Arab.itu
saja.

Jalan-jalan,menikmati kota Mekkah sebentar,langsung
ambil udhuk lagi ,kemudian niat melaksanakan umrah
lagi untuk yang kedua kalinya ( jadi umrah kala itu
dua kali sehari dalam satu bulan lamanya ).

Disetiap thawaf dan Sa'i saya banyak berdo'a dan baca
Al Qur'an . Doa'do'a ada dibuku -buku,bisa dibaca
sambil thawaf,tidak harus hafal betul,kalau hafal itu
lebih baik lagi,yang penting kita tahu apa yang kita
baca,dan apa do'a yang kita minta pada Allah SWT.

Do'a saya yang tidak pernah saya lupakan kala itu
adalah," Semoga Allah memberikan saya kebahagiaan
dunia dan akhirat ,dan dihindari dari api neraka "

Juga do'a diberikan ilmu yang bermanfaat,dan pemahaman
yang sempurna.Saya minta diberikan kelapangan dalam
menerima ilmu,dan kemudahan dalam menyampaikan ilmu
tersebut untuk orang lain,juga pada diri saya sendiri
( saya baca do'a ini khusus,setiap kali minum air
zam-zam,mandipun saya kala itu pakai air zam-zam,pas
di bawah mesjid tersebut,wallahua'lam apa bisa
sekarang air tersebut dipakai mandi apa tidak ).

Saya juga berdo'a agar kuliyah saya berhasil,serta
do'a diberikan jodoh yang baik dan di ridhai oleh
Allah SWT.Do'a buat ayah dan ibu,serta keluarga
saya,ummat muslimin secara umumnya.

Benar-benar sangat indah sekali kala itu,dan ketika
thawaf wada ( perpisahan ),saya ngak kuat meninggalkan
mekkah tersebut,saya berdo'a semoga kelak bisa kembali
lagi.Alhamdulillah,saya bisa kembali bersama-sama dua
orang anak saya,suami dan ibu saya
sendiri.Mudah-mudahan kelak,saya akan kembali lagi,dan
bisa sesering mungkin melaksanakan umrah,atau haji
tersebut,entah ikut bersama siapa lagi.

Kalau pengalaman,sangat banyak,tapi yang berkesan dan
secara ringkas,itulah kegiatan saya di tanah suci.Ngak
ada selain berdo'a,shalat,baca Al Qur'an dan menangis
mengadu pada Allah yang maha kuasa.Memang terasa dekat
sekali,lain dengan kita beribadah di tempat
lainnya,meski di Mesir sekalipun yang dekat juga
letaknya dengan Mekkah,namun lain perasaan dan
kebahagiaan serta kedekatan pada Allah SWT.Kalau
disana memang terasa kita mendatangi rumah Allah,kita
di jamu Allah,dan di manjakan Allah.

Kata orang-orang biasanya perbuatan kita sebelum
melaksanakan haji,akan terpancar dan terpatri kelaknya
di tanah suci tersebut.Wallhua'lam.

Untuk lebih memudahkan kita beribadah dengan ikhlas
dan khusyu',sebaiknya kita mengetahui dulu sejarah dan
hikmah di balik syi'ar-syi'ar haji tersebut.Kita
ingat,.kenapa ada sa'i,berlari-lari kecil,juga
thawaf,di Mina,padang Arafah,keutamaan-keutamaan
berdo'a di saat tersebut.

Ingat hajarul aswad pas kita diberi Allah kemudahan
untuk menciumnya yang memang wangi itu,kita ingat
sejarah Rasulullah SAW diletakkannya hajarul aswad,dan
sampai ada 4 rukun ( sudut ) di ka'bah
tersebut.,Sa'inya Siti Hajar,mendapatkan air
zam-zam,Korban nabi Ibrahim,tatkala beliau bermimpi
diperintahkan Allah meyembelih anaknya Ismail,( suatu
pengorbanan yang sangat tinggi demi Allah ),

Kita ingat pas melempar batu, Jumratul Aqabah,memungut
batu-batu,bermalam di Mina.Pas melempar batu,kita
ingat betul,kala Syetan menggoda nabi Ibrahim dan
Ismail AS,kita lempar syetan itu dari dalam diri kita.
Kita ingat di Arafah,pertemuan antara Adam dan
hawa,mengapa mereka sampai di turunkan dari Sorga,kita
ingat syetan menggoda nabi Adam,dan ingat lagi
pertemuan kedua nya.Dan banyak lagi sejarah-sejarah
dari tempat-tempat ibadah haji itu.

Tulisan  Hikmah di balik Syi'ar-syi'ar haji ini sudah
pernah saya postingkan sebelumnya.

Bila kita beribadah,tahu apa yang kita perbuat dan
faham apa yang dikatakan ,serta sejarah tempat kita
berkunjung tersebut,InsyaAllah,ibadah kita akan terasa
nikmat.Ngak pun faham,tapi rasa kedekatan dengan Allah
itu cukup tinggi,masih bisa kita merasakan kebahagiaan
yang luar biasa.Asalkan kita Ikhlas dan terbiasa dekat
dengan Allah.

Wassalam.Rahima.

http://sitebuilder.yahoo.com