Title: RE: ( 3 ) [RantauNet.Com] Ihwal Reproduksi Manusia di tinjau dari sudut Al Qur'an

 ( Rahyussalim )

Dalam penentuan jenis kelamin seolah-olah memang kelihatannya sang ayah yang berperan besar.

 Namun kenyataannya dalam beberapa penelitian justru yang sangat berperan adalah si ibu. Kenapa ? Para pakar reproduksi telah mencoba mengidentifikasi perilaku dan sifat sel-sel sperma pembawa kromosom x dan sel-sel sperma pembawa kromosom y. Antara lain adalah sel sperma pembawa kromosom y tidak tahan asam, posturnya lebih kecil dibanding temannya, gerakannya lebih lincah namun cepat mati.

Liang vagina dan cairan yang ada di dalamnya dapat menjadi filter kedua sel ini. Apa bila suasana saluran
(jalan) yang ditempuh oleh sel-sel sperma tadi berliku-liku, banyak rintangan, suasananya asam maka ini menguntungkan sel-sel sperma pembawa kromosom x.

Sehingga dapat diramalkan bahwa anak yang akan lahir itu adalah wanita. Demikian sebaliknya. Jadi kelihatan disini bahwa peranan si ibu lah yang sangat dominan karena dia sebagai filter yang menentukan sel sperma yang membawa kromosom mana yang dia mau.

( rahima )

Disini saya masih belum faham pak dokter.Bukankah lelaki punya kromosom sperma lelaki dan wanita ( X dan Y ),sementara wanita hanya satu aja katanya ( yaitu X ),gimana koq bisa wanita yang lebih dominan menentukan jenis kelaminnya,kan ia punya cuman satu yaitu X saja ?

Jadi menurut pendapat saya sebenarnya peranan keduanya sangat seimbang dan saling dibutuhkan.
Kalau mengenai peranan keduanya memang iyah,saling membutuhkan.Karena ngak mungkin bisa jadi manusia tanpa kedua-duanya,hanya saja dari penentuan jenis kelamin ini yang saya kurang faham,sebagaimana yang saya sebutkan diatas.

Perumpamaannya begini. Katakanlah Uni Rahima punya seorang anak perempuan yang mau menikah. Saya punya 2 orang anak laki-laki si X dan si Y. Kedua anak saya ini sama sangat mencintai anak perempuan uni dan mau menikahinya. Tentunya sebelum sampai ke anak perempuan uni maka kedua anak saya akan menemui uni. Nah yang akan menentukan apakah anak saya si X yang jadi menikahi anak uni atau kah anak saya yang si Y tentu sangat tergantung pada selera uni. Demikian pula dalam hal siapa yang paling dominan dalam terjadinya anak lelaki atau anak perempuan. Faktor2 yang sangat berperan ada di pihak perempuan karena di sepanjang saluran menuju sel telur ada rintangan-rintangan yang dapat mendukung sel sperma X atau sel sperma Y.

( Rahyussalim )

Zigot tertananm didinding rahim (seperti kita menanam biji kacang, dilobangi kemudian kacang dimasukkan ke dalam lobang kemudian ditimbun dalam tanah

( Rahima )

Nah,.ini bukankah berarti bibit yang menentukan jenis kelaminnya,karena yang dimasukkan biji kacang,tentu yang keluar pohon kacang.Dan yang memasukkan itu kan petani ( lelaki ),yang dimasukkan wanita ( ladang ),tapi tetap keduanya sama-sama berperan,secara reproduksi normal,kedua lelaki dan wanita saling membutuhkan,dan saling berterimakasih.Itu setahu saya.

Hanya saja,ladang tidak akan ada tumbuh tanaman,kalau ngak di masukkan biji atau bibitnya.Sementara biji atau bibit,ngak ditanam di ladangpun,dimasukkan di tempat lain juga ia bisa tumbuh,seperti biji kacang hijau, atau batang serai begitu,di masukkan saja ke air, kadang sudah tumbuh akar-akarnya,tanpa ladang,masukkan saja dalam air, juga bisa tumbuhkan,cuman kagak sebagus dan sebaik bila ditanam diladangnya.

Jadi tergantung petaninya kan pak dokter ?,ia mau tanam dimana,di ladang atau di tabung berisi air ?atau di goni,kaya buat sayur toge,dari biji kacang hijau itulah.Bukankah secara logikanya begitu pak dokter,atau logika saya kali ini ngak ngepas.?

Perumpamaan menanam biji kacang diatas saya utarakan untuk menunjukkan bahwa setelah sel terlur dibuahi oleh sel sperma dan terbentuk zigot maka zigot ini akan masuk ke rongga rahim. Di rongga rahim dia akan mendekati dinding rahim selanjutnya masuk menerobos dinding rahim dan bercokol di dalam dinding rahim berkembang dan tumbuh seperti biji kacang yang kita tanam dalam tanah dan tumbuh keluar.

Says kira itu yang bisa saya tambahkan, dengan hati gembira akan saya jawab semua pertanyaan yang diajukan sesuai dengan yang saya ketahui.

Wassalam

Rahyussalim

Kirim email ke