Server mailing list RantauNet berjalan atas sumbangan para anggota, simpatisan dan
semua pihak yang bersedia membantu. Ingin menyumbang silahkan klik:
http://www.rantaunet.com/sumbangan.php

From: "Rahima" <[EMAIL PROTECTED]>

Waalaikumsalam.Wr.Wb.

Uni Evi

Pertama,saya ucapkan terimakasih atas jawabannya...>>>>

---Terima kasih kembali, Ima. Ada dua hal yang membuat saya senang:
1. Saya berhasil menghindarkan Ima berbuat dosa karena berprasangka jelek terhadap
orang lain.
2. Orang yang berhasil menghindarkan orang lain dari perbuatan dosa tentu saja akan
dapat pahala dari Allah :).

jepang,China,Indonesia,Amerika,ini juga saya tahu
sekali. Hanya kalimat yang ganjil bagi saya kata-kata " kita
bersaudara dengan babi,atau sapi ">>>>.

Well, keganjilan terjadi karena ketidak biasaan kita saja. Keganjilan akan semakin
parah jika kita memelihara landasan berpikir monolitik. Analoginya, bila kita
beranggapan bahwa semua baju didunia berukuran sama yaitu ukuran baju kita, maka
secara tidak sadar kita cenderung memakaikan ukuran baju kita terhadap orang lain.Bila
itu tidak sesuai lantas kita merasa ganjil.

Contoh nyata bisa dilihat dari moral cerita penungguan bus kota yang Ima posting
kemarin. Gara-gara kita masuk kedalam masyarakat kelas pengguna metro mini, maka kita
cenderung melihat dunia seluas jendela metro mini. Setiap orang yang berdiri di tepi
jalan kita bayangkan bernasib seperti kita yaitu konsumen metro mini. Padahal jika
keluar dari konteks berfikir monolitik, tidak memakaikan ukuran baju kita terhadap
orang lain, bisa saja seseorang yang sedang berdiri di tepi jalan itu memang tidak
sedang menunggu bus, makanya dia tidak kunjung naik kedalam bus biarpun sudah
berkali-kali bus berhenti dihadapannya. Bisa jadi dia seorang peneliti yang sedang
mengadakan penelitian (misalnya) untuk mengetahui berapa banyak bus yang melintas
dihadapannya pada jam-jam tertentu. Atau bisa saja dia adalah seorang seniman yang
sedang mencari inspirasi.  Rahasia untuk memahami semua ini menurut saya cuma satu kok
dik: belajar berfikir kritis.

Begitu saja, ya.

Wassalam,

--Gm