From: Bakhtiar Muin PhD
Sent: Sunday, December 8, 2013 09:30
To: mus-...@milis.isnet.org; rantaunet@googlegroups.com
Reply To: rantaunet@googlegroups.com
Cc: bmsa...@gmail.com
Subject: [R@ntau-Net] Give more, receive more

Nur Hasan Achmad

Give more..receive more…

Ada pengalaman menarik dari forum “Super Investor Conference” yang saya ikuti di Paris dari tanggal 19-22 November 2013 yang lalu. Konferensi ini merupakan ajang pertemuan raja2 uang yg super-duper kaya..yaitu para pemilik (owner) dan pengelola (CEO/Fund Manager) “Lembaga Keuangan Global” yang sibuk mencari tempat untuk menginvestasikan trilyunan dolar uangnya di berbagai ladang bisnis dan proyek2 di seluruh dunia…

Kenapa mereka sibuk mencari tempat untuk “menaruh” uangnya..? Ya, karena mereka dituntut untuk memutar “uang nganggur” mereka agar bisa “berkembang biak” menjadi semakin banyak…sebab kalau tidak diputar alias didiamkan saja, maka lama kelamaan uang mereka akan habis dimakan pajak…

Nah, dikala kondisi ekonomi Amerika sedang merosot dan gelombang kebangkrutan ekonomi melanda negara2 Eropa (dimulai dari Yunani, Portugal, Spanyol..dan kini merambat ke Perancis) mereka mulai panik…dan mulai ancang2 untuk memindahkan uang mereka dari Negara2 di benua Amerika dan Eropa ke wilayah Asia Pasifik yang kondisi perekonomiannya relatif masih bagus…

Indonesia termasuk salah satu Negara yang mulai dilirik, karena Indonesia termasuk dalam MIST (Meksiko-Indonesia-South Korea-Turkey) yaitu kelompok negara yang diprediksi akan menjadi kekuatan baru ekonomi dunia yang mirip dengan perkembangan Brazil, Rusia, India and China (BRIC) di awal tahun 2000-an…

MIST merupakan 4 dari 11 negara yang tergabung dalam Goldman Sach N-11 equity fund. Empat negara ini akan mendominasi pertumbuhan ekonomi dan akan menjadi kekuatan perekonomian baru di dunia pada dekade mendatang.. Acuan yang dipakai adalah negara2 yang diasumsikan sebagai “growth market”, dan ukuran ekonomi (GDP) diatas 1% output dunia (Gross World Product), memiliki populasi yang tumbuh dan memiliki daya beli yang meningkat, ekonominya relatif stabil, pasar lokal yang besar dan berkembang, dan inflasi rendah...

Indonesia dimasukkan dalam kelompok MIST, karena pencapaian kinerja ekonomi Indonesia selama beberapa tahun ini bergerak di luar dugaan banyak kalangan. Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2012 tercatat 6,4% atau naik dibandingkan dengan tahun 2011 sebesar 6,3%...

Namun bukan hal2 serius itu yang menarik perhatian saya…tapi justru pengalaman berinteraksi dengan raja2 uang tersebut yang unik dan lebih menarik… Nah dalam salah satu kesempatan istirahat dan makan siang…saya sempat ngobrol santai dengan salah satu raja uang bernama Eyal Niv, seorang “Yahudi”..pemilik dan pengelola lembaga keuangan yg berkedudukan di Tel Aviv, Israel...

Dia datang ke Paris menggunakan pesawat jet pribadi Gulfstream G550..private jet yang diproduksi General Dynamics Gulfstream Aerospace di Savannah, Georgia, Amerika Serikat ini disebut sebagai pesawat jet jarak jauh paling serbaguna dan bergaya di dunia…Woow keren…

Waktu Mr. Eyal Niv ini tahu saya dari Indonesia, dengan ramahnya dia berkata:”Wah Indonesia negara yang kaya dan indah ya…saya ingin sekali datang ke Indonesia.. saya pengin melihat pulau Bali..” Saya bilang sama dia:”Bukan hanya Bali saja yg indah, tapi banyak tempat2 lain yg juga sangat eksotik dan indah”…

Nah dalam pembicaraan santai selanjutnya, saya sempat bertanya kepadanya:”Pak Eyal, kita tahu bahwa mayoritas lembaga keuangan global dimiliki, dikuasai, dikendalikan dan dipengaruhi oleh para elit “Yahudi” terutama di Amerika Serikat dan Eropa…apa sih rahasianya sehingga orang2 Yahudi banyak yang kaya raya dan sukses merajai keuangan dunia..?” Jawabannya sungguh membuat saya terperanjat..?? Apa sih rahasianya..??

Diluar dugaan dia menjawab:”Rahasianya…kami kuat bersedekah..!!” Haah..saking kagetnya saya sempat tersedak sampai minuman di gelas saya sedikit tumpah.. “Ah yang bener..anda serius nih..gimana ceritanya koq anda bisa sukses gara2 kuat bersedekah..??” Tanya saya lebih lanjut..sungguh saya jadi amat sangat penasaran dibuatnya…

“Begini ceritanya..kami punya keyakinan bahwa semakin banyak kami memberi maka akan semakin banyak pula kami menerima…”give more, receive more”… Dalam ajaran agama Yahudi, kami diwajibkan bersedekah “minimal 50%”..tetapi kalau bisa lebih dari itu tentu lebih baik...kalau tidak salah dlm agama Nasrani minimal 10% dan dlm agama Islam minimal 2,5% lanjutnya..” dan anda melaksanakannya.? saya menimpalinya...

Dengan mantab dia menjawab:”Iya, kami melaksanakannya dengan penuh keyakinan karena kami telah membuktikannya..!!” Lantas dia melanjutkan ceritanya:”Saya pernah bangkrut…dan pada saat bangkrut tersebut justru saya sedekahkan 80% dari uang saya yg masih tersisa.. ajaib, dalam waktu singkat kekayaan saya kembali.. bahkan lebih banyak dari pada sebelum saya bangkrut!!” Luar biasa..cerita ini keluar dari mulut seorang Yahudi..saya tercengang dan sempat speechless…

Subhanallah….sekali lagi saya mendapatkan bukti nyata bahwa “Sunatullah” itu benar adanya… Hukum Allah (para “Scientist” sering menggunakan istilah “Hukum Alam”) berlaku secara universal di dunia ini..dimanapun..kapanpun..siapapun yang melakukannya..akan sama hasilnya… Benda yg dilempar keatas akan jatuh kebawah karena gaya gravitasi…ada aksi pasti ada reaksi…siapa menanam padi akan menuai beras, siapa menanam angin akan menuai badai… siapa berbuat baik akan menerima kebaikan…siapa berbuat jahat akan menerima akibatnya…siapa “korupsi” akan masuk penjara dan dimiskinkan oleh KPK..!! Nah lo rasain...

Saya jadi teringat ceramah2nya ustadz Yusuf Mansyur, yang selalu menasehati kita untuk berani dan banyak bersedekah..semakin banyak bersedekah akan semakin banyak pula rezeki yang akan kita terima dari Allah SWT.. Allah akan membalas setiap kebaikan yang dilakukan oleh seorang hamba minimal 10 kali lipat. Bilangan balasan itu bisa terus berganda dan tumbuh semakin besar, tergantung pada keikhlasan sang hamba dan takaran rezeki yang Allah berikan kepadanya…

Bahkan bilangan itu bisa mencapai 700 kali lipat..sesuai dengan firman Allah SWT dalam Q.S. Al Baqarah: 261 yang artinya:”Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui”…

Perumpamaan dari Allah SWT yang sederhana ini, sangat mudah dan nyata dapat kita saksikan dalam kehidupan se-hari2…coba lihat para petani di sawah…semakin banyak dia menebar benih, akan semakin rimbun batang padi yg tumbuh dan akan semakin banyak bulir beras yang akan dia panen… Sebaliknya, semakin sedikit benih yg dia tebar semakin sedikit pula yg dia panen…apalagi kalau tidak ada yg dia tanam..nihil pula hasil yg dia dapat…

Janji Allah Azza Wajalla “pasti benar” adanya…nggak mungkinlah Dia bohong…buat apa..??? Wong seluruh alam semesta ini milik-Nya termasuk diri kita ini.. Wong Dia tidak butuh apa2.. Wong Dia Maha Kuasa, yg apapun bisa Dia ciptakan dalam sekejap..jadi kenapa kita masih ragu2 atau takut bersedekah..?? Alangkah bodohnya kita ini ya..??

Ya Allah..ampuni hambamu yg lemah ini..yg kadang2 masih diliputi rasa was2 dan ragu..bimbinglah hamba Ya Allah, agar bisa semakin yakin dan berani bersedekah..bukan karena mengharap balasan rezeki-Mu, tetapi semata-mata mengharapkan ridho-Mu.. Amiin Ya Robbal Alamin…

Wallahu ‘alam bissawab.. Semoga bermanfaat..khususnya buat saya pribadi…

Salam,
NHA

* Posting yg berasal dari Palanta RantauNet, dipublikasikan di tempat lain wajib mencantumkan sumber: ~dari Palanta R@ntauNet~
* Anggota WAJIB mematuhi peraturan (lihat di http://goo.gl/MScz7) serta mengirimkan biodata!
* Untuk topik/subjek baru buat email baru, tdk mereply email lama & mengganti subjeknya.