Tarimo kasih Mak Ngah telah melewakan sekelumit tulisan mengenai alm Buya
Hamka.

Kalau tak salah, tahun 80-an saya beli tafsir alazhar, waktu membaca
pembukaan, bagaimana perlakuan aparat kepolisian di rutan  Cimahi kepada
beliau, dada saya terbakar, waktu itu saya  masih 40-an, rasanya mau dicari
kawan aparat untuk menghabisi oknum polisi yang menganiaya pak Hamka di
rutan itu. Dihalaman penganiayaan itu  saya tulis dengan tinta merah spidol
besar, caci maki kepada BK dan Oknum penyidiknya.

Beberapa tahun kemudian sekitar 2000-an, mesjid dilingkungan saya baru di
pugar, mau dilengkapi dengan perpustakaan, tapi buku-bukunya belum memadai.
Satu ketika pengurus mesjid datang minta sumbangan buku, saya sumbangkanlah
tafsir Al Azhar   30
jus itu.

Dengan lewa-an mak Ngah diatas saya termenung, merasa bersalah, maencaci
maki orang pada hal yang dicaci tak beririsan dengan saya. Buya saja yang
dicaci, dihina malah disiksa, beliau memaafkan.

Agar caci-makian  yang saya tulis itu tidak terbaca jamaah lagi, saya
bermaksud sesegera mungkin menarik buku tersebut setelah ada penggantinya
yang baru,.  sekaligus minta maaf kepada yang tersinggung dan mohon ampun
kepada Allah swt atas kekhilafan itu.

Buya Hamka panutan umat semoga beliau berada ditempat yang sebaik-baiknya
disisi Allah swt amin

Wass,

Maturidi (L/77) Maturidi, Talang, Solok, Kutianyia, Duri Riau