From: RantauNet@googlegroups.com [mailto:rantau...@googlegroups.com] On
Behalf Of suheimi ksuheimi
Sent: Thursday, April 30, 2009 11:47 AM
To: RantauNet@googlegroups.com
Subject: Bls: [...@ntau-net] Re: PANAWA TANGAH PANEH PART 2 JO GARAH

Alhamdulillah saya bisa jadi sopir angkot. Sopir itu adalah pemimpin,
dia mengendalikan. Dengan leluasa saya bisa mengendalikan stir, mau
kekiri atau kekanan dan bisa membawa penompang kemana yang
diinginkannya.
Cuma yang sekali ini luar biasa, karena penompangnya semuanya orang
penting. Suka mengatur dan memerintah, dan semuanya merasa
kepentingannya yang harus di dahulukan dan di utamakan.

"Harus ke Sungai Tanang" kata ifah dg mengemukan berbagai alasan., dia
sangat pandai berkilah
"Ke Batu sangkar " kata RA serentak berdua jepe dg alasan yang tak kalah
kuatnya
"Tidak kita harus ke Bukareh" kata Monem dg mata terbudur dan suara
bagaikan petir.. "Dimana tempatnya itu" kata penumpang serempak. Dikira
ke Bukarest ibu kota Polandia. Ternyata Bukareh itu di kamang Magek
daerah Tilatang.

"Elthaf memohon dg ber iba-iba, agar Balai gurah dulu", kerna neneknya
sakit

Semua tak mau mengalah, walaupun sudah saya katakan , "sabarlah semua
kebagian, semua akan saya antarkan, biarlah say nanti yang terakhir
pulang".

Namun ucapan saya itu hanya bagai angin lalu tak ada yang mau peduli,
pokoknya mereka ber sitegang urat leher memperagakan bahwa dialah yang
paling penting.

Saya pusing dan bingung mana yang mau di dahulukan?

Tiba-tiba naik seorang ibu hamil tua, menyeringit kesakitan. "Tolong
saya pir, antarkan saya ke bidan. setiap 3 menit sakit ini datang,
tanda-tandanya sudah banyak keluar", dia mau melahirkan.

Belum sempat saya menancap gas, tiba-tiba si ibu itu mengerang
kesaklitan dg kuat dia mengedan. Mobil saya pinggirkan. Untuang ada ifah
satu-satunya penompang perempuan.
"Ayo ifah kita tolong ibu ini melahirkan di atas oplet ini". Ifah
mengangguk tapi dia bingung. "Pak bayinya mantiko, teriak ifah".
"Mantiko bagaimana" tanya saya keheranan.
"Lihatlah kata Ifah, belum lagi lahir "awak lah di songgengannyo".
Rupanya letak sungsang., pinggulnya dulu keluar
Memang bayinya mantiko. Belum lagi lahir kita disonggengnya sambil
mengeluarkan semua isi perutnya melalui dua lobang kecil. Baju putih
saya kecepretan. Baju putih yang tadinya mulus, sekarang tercemar darah
ibu bercampur beool bayi.

Sambil bersitelakan Ifah menekan perut ibu, bayi saya lahirkan dengan
menarik pinggul dan bahunya, akhirnya kepalapun lahir, bayi itu selamat,
laki-laki mirip si Monen.

Jepe dengan sigap melap dan membersihkan baju putih saya. Sebagai kenek
dan stokar Jepe sangat sigap dalam bersih membersihkan ini. Dia selalu
saya bawa untuk bantu membantu.

Saya ingat 6 bulan yang lalu Jepe merengek minta agar dia diizinkan jadi
asisten saya waktu memeriksa dan menolong kelahiran. Entah kenapa dia
ingin sekali.
Keinginan itu rupanya terkabul, diatas angkot itu tabulalak matonyo
menyaksikan proses persalinan sungsang. Capek dilap dan dibarisiahkannyo
darah dan air ketuban dan ado di anak ataupun nan malakek dek ibu.
Sanang bana hati ibu itu ka Jepe nan capek tangan dan capek pulo
muncuangnyo.

Memang sebagai kenek soal barasiah mambarasiahkan ko jepe jagonyo. Namun
Jepe babasiak.
"Panompang awak ko banyak pula nan alun barasih hatinyo pak".
"Jadi ka Jepe barisiahkan pulo hati nyo Tu ?" jawab saya.
 Dengan mata berlinang Jepe mengangguk. "Hati ndak barasiah tu kumuah
pak, hati kumuahtu busuak baunyo. Urang nan punyo hati tu di sabuik
busuak hati" kecek Jepe magiah ceramah.
Sekarang saya yang gantian mengangguk membenarkan ucapan Jepe.
"Ada nan ingin manang sorang, ado pulo nan suko malecehkan, ado nan suko
manyigi kakurangan urang, tapi kok di suruah bana inyo keok. kok manilai
capek bana. Dan ado pulo nan tukang ci meeh, nan mamatahkan sumangaik
nan lain" Anggukkan kepala saya makain dalam. Dalam hati saya berdo'a
agar Niat baik Jepe untuak barasiah mambarasiahkan ko jadi kasampaian.
.
Elthaf nan biaso jadi bujang salamaik, nan tahu bana jo semua penumpang
tempat tinggal dan kurenahnyo. Menyelamatkan kami.

"Nan partamo diantakan pulang ibu-ibu nan baru melahirkan" kata Elthaf
berwibawa.. "Nan kaduo Ifah, ka sungai tanang, lady first" , "nan ka
tigo Monen di bukareh sakalian elthaf di Balai gurah, nan terakhir R A
jo konconyo Jepe ka Batu sangka." Semua setuju

Tibo-tibo Monen mamakiak dari bulakang. "Pak sopir sia namo ibu-ibu nan
malahirkan Cako". "Lupo ambo, tapi katiko nyo mamakaik kasakitan "Tolong
dewi... pak"
Mungkin Dewi ko namonyo. Jawab saya

Waktu pulang kandang saya belai oplet itu. Saya bisikkan padanya, hari
ini kita menambang membawa orang penting di rantau ini. Dan yang
terpenting kamu telah membawa dan menolong Dewi.

Dewi itu yang terbaik, kalau tidak tentu tidak Dewi namanya. dan orang
baik itu sering dilapangkan dan di tolong Tuhan.
Engkau sendiri Oplet , semua sopir mengatakan adalah suatu keberuntungan
bila ada orang melahirkan di atas oplet

Saya bunyikan klakson oplet tua itu, bunyinya serak-serak basah,
walaupun sudah tua tapi masih kuat menanggung beban.

Salam teriring do'a

K Suheimi

--- Pada Rab, 29/4/09, avenzor...@yahoo.com <avenzor...@yahoo.com>