Afdhal
Oleh K Suheimi

Sms itu tertulis bahwa saya ditunggu di Hotel Mercure membicarakan prihal bayi
tabung
Padahal saya sedang asyik mendengar ceramah Reza Esfan di "riung sari"
Isi ceramahnya bagus dan berbobot, berat hati saya meninggalkan majlis ta'lim
itu. Sekali ini saya dapat hadir dan bersilaturrahim dg sesama alumni SMA 1
Tapi acara yang sepenting itu terpaksa harus saya tinggalkan, kerna kehadiran
saya di Hotel Mercure juga sangat penting

Tadinya saya mengira acara ini tepat dimulai jam 7.30 sehingga saya punya waktu
yang cukup mendengar Tausiah.

Namun saya cukup senang ketemu sahabat lama sesama Alumni SMA 1 serta istri Pak
Sunariaman Mustofa.

Dipintu masuk saya disalami dg hangat dan ramah sekali Oleh Afdhal

Afdhal yang berbadan Gempal tak terlalu tinggi , dialah tuan rumah , menunggu
dan melayani setiap tamu setiap bulannya.
Disediakannya tempat di restoran Riung sari, dijamunya makan dan diadakannya
pengajian serta diluangkannya tempat jika ada yang mau menari atau bernyanyi.
Diladeninya kemaun dan kesukaan setiap alumni

"Jika alumni membutuhkan kantor silahkan pakai Rumah makan ini " kata Afdhal

Rumah makan yang besar, bahkan disebelahnya ada lagi  tempat jual sate, soto
dan masakan sunda dan jawa. Afdhal yg mengelola

Dua Rumah makan yang berdampingn dengan Istana Presiden, sangat strategis.
Keamanannya adalah keamanan "Ring 1" sehingga preman tak ada yang menganggu.
Bila ada kegiatan di istana restoran ini kelimpahan pengunjung.
Riung sari di jalan Juanda 27 ini mudah dicari. Afdhal  mengirim SMS pada semua
teman alumni. Kerna dia kenal semua Alumni ini.

Semua kursi diruangan itu tak ada yang kosong dipenuhui oleh Alumni se
Jabodetabek. "Banyak yang Absen" kata Afdhal. "Tapi untung ada yang absen,
kalau mereka datang semua, tentu tempat ini ndak bisa menampung" kata say
menyaksikan ramainya alumni. Tak mudah memang mengumpulkan orang penting
sebanyak itu.

Afdhal yg dg ikhlas melayani itu tampak puas, setiap bulan tempatnya dijadikan
sebagai tempat pengajian yang berbobot

Dia sedang manjalin. Hubungan sesasama manusia atau Hablumminannas dan untuk
menggapai Hablummninallah" tali vertikal dan tali horizontal sekaligus di
kokohkannya.

"Hampir tiap bulan saya membuka restoran baru" kata Afdhal yang pengusaha dan
berjiwa interpreuner itu.

Sekarang orang akan mencari makanan yang enak serta murah" "ya Rp 10 000
kenyang" ulasnya
Dikumpulkannya tukang-tukang masak yang nganggur dan kena PHK, pasti masakan
enak, hasil makanan nan lezat ini ditawarkan ke kantor dan Bank.  maka pimpinan
Bank dan Kantor setuju, makanan enak dan murah"

Banyak orang dan penganggur yang telah di selamatkannya, dia membuka lapangan
kerja, dia memudahkan dan melapangkan,  maka diapun akan dimudahkan dan
dilapangkan.

Kini justru kantor-kantor dan Bank-Bank banyak meminta jasa pelayanan Rumah
Makan Riung sari yang bersemboyan "Enak dan Murah"

Saya perhatikan, sosok seperti. Afdhal inilah yang dibutuhkan. Pekerja keras,
membuka mata menangkap setiap peluang dan menjadikan peluang untuk ke
mashlahatan orang banyak
Saya genggam erat tangannya. Kami harus berpisah, kerna sahabat saya yang lain
menunggu utk berbicara prihal "Bayi Tabung" di Hotel Mercure

 Masih saya lihat Afdhal Damanhuri melambaikan tangan melepas kepergian saya,
untuknya saya petikkan sebuah hadist

Rasulullah telah ditanya oleh seseorang: “Siapakah orang mukmin yang paling
afdhal mempunyai kelebihan imannya? Jawab baginda: Orang yang paling baik
akhlaknya”.

Riung Sari 3 Januari 2010