Pusako tinggi jatuah ka kamanakan (adat matrilineal), diberlakukan paling
tidak pada zaman adityawarman, pada waktu ibukota kerajaan melayu tersebut
dipindahkan kedaerah luhak nan tigo di batusangkar. Bahwa memang pada
aslinya daerah luhak nan tigo penganut matrilineal semenjak dulu. Pada waktu
ibukota kerajaaan melayu dipindahkan ke batusangkar, adat matrilineal ini
diberlakukan diseluruh wilayah kerajaan melayu.

Saya pribadi mendukung bila keturunan pagaruyung kembali memegang adat.
Karena wilayah adat minangkabau bukan hanya wilayah sumatera barat saja,
tapi meliputi wilayah propinsi sumatera tengah dahulu, yaitu propinsi riau,
propinsi sumatera barat dan propinsi jambi serta propinsi bengkulu sekarang
ini.

Di propinsi selain sumatera barat, adat matrilineal ini tidak terpelihara,
karena memang tidak ada lembaga yang memeliharanya.
Makanya ada baiknya lembaga adat dikembalikan ke pagaruyung, sehingga adat
matrilineal tersebut bisa dipelihara secara lintas propinsi oleh pagaruyung.

regards,
Firson Maryutenli St. Sampono

mengganti subjeknya.