-- MakNgah
Sjamsir Sjarif
Rang Bunian Rimbo Sumpu
Santa Cruz, California, April 12, 2011

--- In rantau...@yahoogroups.com, Afrijon Afrijon <aafrijon@...> wrote:

> Selesai berkoordinasi dengan Wali Nagari SA rombongan berangkat menuju
Sawah Lunto melalui jalan tanah yang sudah lama namun kami sangat
menikmati panorama alam yang luar biasa indah, kami menikmati hamparan
bukit-bukit berlapis yang dihiasi ladang ladang masyarakat yang
terhampar luas dan tterliahat jelas dari SA kearah Sawah Lunto, kami
melalui batu-batu terjal kecil dan tepi-tepi jurang yang sangat
menantang menambah asyiknya perjalanan dari desa ke desa yang kami
lalui.

> Sesampai di Sawah Lunto kami makan siang disebuah Lapau Nasi dengan
sisti prasmanan tempat langganan sanak AZ biasa berhenti, makan yang
nikmat sekali.

> Selesasi makan kami berkeliling kota Sawah Lunto dan dialanjutkan
dengan Shalat Zuhur di Masjid Raya Sawah Lunto yang mempunyai menara
yang sangat tinggi.

> Perjalanan kami lanjutkan ke Sumpur Kudus  dengan mengambil jalan
pintas melalui Padang Ganting, Atar, Lintau dan terus mnyelusuri
lereng-lereng bukit yang indah dengan hamparan hutan hijau yang luas,
bukit-bukit berlapis bagaikan ranjau ranjau bumi yang tertancap kokoh
menghiasi perjalanan menuju Sumpur Kudus, jalan denga aspat mulus penuh
belokan turunan dan tikungan menambah semakin penasarannya kami untuk
cepat sampai di Sumpur Kudus.

> 1,5 jam lebih kurang perjalanan sampailah kami disebuah jembatan yang
airnya mengalir jernih, sanak AZ langsung mengasih tau kalai ini adalah
Sungai Batang Sumpur, darah berdebar melihat indah dan alaminya suasana
daerah ini dan tak jauh dari situ kami sudah ketemu dengan sebuah
Monumen besar yang bertuliskan Monumen Perjuangan PRRI .........

> Monumen inilah sebagai pintu awal masuk Nagari Sumpur Kudus yang penuh
keramahan penuh kekeluargan, menakjubkan memman didalam hutan nan jauh
dari pusat kota terdapat perkampungan yang besar yang ramai penduduknya.

> Setelah berkoordinasi dan beramah tamah dengan Wali Nagari Sumpur
Kudus ini kami diantar oleh Staf Nagari (ZulWardi) untuuk. Ziarah ke
Makam Syekh Ibrahim dan makam Raja Ibadat yang terdapat disitu, namun
karena hari sudah larut sore kami tidak sempat lagi melihat tempat
bersejarah lainnya seperti, Markas Tentara PRRI, Rumah yang pernah
didiami Presiden Syafrudin Prawiranegara, dan berbagai tempat rekreasi
serta kesenian asli lainnya.

> Disini saya menyadari bahwa betapa penttingnya Sumpur Kudus bagi
Masyarakat Minang Kabau karena disini terjadi beberapa peristiwa besar
dalam sejarah Minang Kabau dan perkembangan Islam sebagai Agama yang
membuat adat Minang semakin kokoh, dan disini pula saya tau kalau di
negri ini pulalah lahir seorang tokoh agama yang moderat yang cukup
dikenal di Indonesia malah di dunia diala Buya Prof. Dr. Syafi'i
Ma'arif,

> Sumpur Kudus memang pantas untuk dijadikan wisata Nagari bagi para
pencinta ke indahan alam Minang Kabau.