Re: [iagi-net-l] Gn Sinabung meletus juga

2010-09-01 Terurut Topik gm.soedrad...@gmail.com
Tidak hanya pengamat ga saja, juga untuk pembelajaran kita semua, dan kita 
harus menyadari bhw kemampuan manusia itu ga ono apa2ne, sing tawadhu dan 
jangan arogan toh !. Wass
Gatot MS

--- Sent with System SEVEN - the new generation of mobile messaging

-original message-
Subject: Re: [iagi-net-l] Gn Sinabung meletus juga
From: sri mulyaningsih sri_mulyaning...@yahoo.com
Date: 01/09/2010 12:41 PM

ya... setidaknya meletusnya Gunung Sinabung menjadi peringatan buat 
para pengamat gunung api untuk juga memperhatikan gunung api2 Tipe B dan Tipe 
C, 
jangan sampai sejarah meletusnya gunung Krakatau (1883) dan Tambora (1815) 
terulang lagi.
 Salam 


Sri Mulyaningsih 



- Original Message 
From: Hiltrudis Gendoet Hartono l3c04...@yahoo.com
To: iagi-net@iagi.or.id
Sent: Wed, September 1, 2010 8:29:42 AM
Subject: Re: [iagi-net-l] Gn Sinabung meletus juga

Iya...iya memang sulit mas tapi sudah ada penjelasannya kan? walau 
penjelasannya 
perlu penelitian lebih lanjut
 
salam
hill

--- On Sat, 8/28/10, mohammadsyai...@gmail.com mohammadsyai...@gmail.com 
wrote:


From: mohammadsyai...@gmail.com mohammadsyai...@gmail.com
Subject: Re: [iagi-net-l] Gn Sinabung meletus juga
To: Milis IAGI-net iagi-net@iagi.or.id
Date: Saturday, August 28, 2010, 6:33 PM


Mas Amin,

Memang sulit utk menyampaikan sesuatu kepada masyarakat awam pada umumnya, 
tanpa 
menimbulkan kepanikan. Ini yg seringkali dialami orang seperti pak Surono. 
Pasca 
letusan pun, beliau juga sudah tampil di media massa (televisi) utk memberikan 
penjelasan (kemarin malam dan tadi pagi, hari Minggu ini).

Ya inilah kita sbg dokter bumi.

Salam dari mBogor,
Syaiful

Mohammad Syaiful
* handphone: +62-812-9372808
* business: msyai...@etti.co.id

-Original Message-
From: Amir Al Amin amir.al.a...@gmail.com
Date: Sat, 28 Aug 2010 18:18:49 
To: iagi-net@iagi.or.id
Reply-To: iagi-


Re: [iagi-net-l] Mengapa Orang Madina Wajib Mengusir Sorik Mas Mining?

2010-09-01 Terurut Topik bosman batubara
Pakdhe, saya tidak bilang geolog lho. yang saya bilang industri ekstraktif. 
Soal geolog, geolog kan gak mesti bekerja di tambang dan migas, kayak saya ini, 
kerjanya ngeblog, hehehehe... gimana? 


 
tabik
bosman batubara 

weblog: http://annelis.wordpress.com





From: mohammad syaiful mohammadsyai...@gmail.com
To: iagi-net@iagi.or.id
Sent: Wed, September 1, 2010 12:19:08 PM
Subject: Re: [iagi-net-l] Mengapa Orang Madina Wajib Mengusir Sorik Mas Mining?

om bosman,

aku sempatkan utk berkunjung ke alamat yg disarankan. pernyataan om
bosman pada kalimat pertama dari kutipan di bawah ini, tentulah memang
bisa jadi bahan utk diperdebatkan. tapi aku nggak ingin ngobrol
semalam teler, he..he..

Dari pengalaman saya bersinggungan dengan dunia pertambangan selama
sekira 5 tahun tersebut, ada satu kesimpulan yang saya dapatkan,
bahwa: industri ekstraktif seperti tambang mineral dan migas hanyalah
memberikan keuntungan pada segelintir orang (terutama pemilik dan
pejabat pemerintah), sebaliknya, mendatangkan bencana kepada
masyarakat yang berdiam di sekitar sebuah area pertambangan. Banyak
kasus dan bukti soal pernyataan saya pada alinea ini. Saya pikir saya
tidak perlu melanjutkannya, akan tetapi kalau ada yang ingin tahu
lebih jauh, mungkin di lain waktu kita bisa obrolkan itu semalam
teler.

bukankah banyak kawan geolog yg tetap jadi geolog dan berusaha
memberikan manfaat utk banyak pihak? memang memprihatinkan jika punya
pengalaman buruk di industri ekstraktif dan akhirnya mempunyai
kesimpulan negatif ttg dunia tsb.

salam,
syaiful

2010/9/1 bosman batubara bosman200...@yahoo.com:
 Hallo semua, numpang kampanye ya..., kampung kami mau ditambang, kalau enggak
 suka del aja:
 
 Pertama-tama saya mohon maaf kepada semua kawan yang di lapangan,  baik yang 
pro
 kepada keberadaan tambang PT Sorik Mas Mining (PT SMM) di  Kabupaten 
Mandailing
 Natal, juga yang kontra, atau malah yang abu-abu.  Adapun permintaan maaf ini
 saya rasa perlu saya sampaikan karena  sekarang yang dapat saya lakukan 
barulah
 berjuang, mengklping data,  menulis, dan mengajak orang melalui media on-line.
 Kalau Tuhan  mengizinkan saya ada kesempatan, maka saya akan berada di barisan
 paling  depan demonstrasi untuk mengusir keberadaan PT SMM di Kabupaten 
Madina.
 Meskipun begitu, dari pihak saya, saya bukanlah mau membuat kubu-kubu  siapa
 yang bergerak di lapangan dan siapa yang bergerak di dunia maya.  Yang dapat
 saya sampaikan adalah bahwa kedua gerakan ini sama-sama perlu  dan harus 
saling
 bersinergi.
 
 selengkapnya:

http://annelis.wordpress.com/2010/08/30/mengapa-orang-madina-wajib-mengusir-sorik-mas-mining/
/




 tabik
 bosman batubara

 weblog: http://annelis.wordpress.com







-- 
Mohammad Syaiful - Explorationist, Consultant Geologist
Mobile: 62-812-9372808
Emails:
msyai...@etti.co.id (business)
mohammadsyai...@gmail.com

Technical Manager of
Exploration Think Tank Indonesia (ETTI)


PP-IAGI 2008-2011:
ketua umum: LAMBOK HUTASOIT, lam...@gc.itb.ac.id
sekjen: MOHAMMAD SYAIFUL, mohammadsyai...@gmail.com
* 2 sekretariat (Jkt  Bdg), 5 departemen, banyak biro...

Ayo siapkan diri!
Hadirilah PIT ke-39 IAGI, Senggigi, Lombok NTB, 22-25 November 2010
-
To unsubscribe, send email to: iagi-net-unsubscribe[at]iagi.or.id
To subscribe, send email to: iagi-net-subscribe[at]iagi.or.id
Visit IAGI Website: http://iagi.or.id
Pembayaran iuran anggota ditujukan ke:
Bank Mandiri Cab. Wisma Alia Jakarta
No. Rek: 123 0085005314
Atas nama: Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI)
Bank BCA KCP. Manara Mulia
No. Rekening: 255-1088580
A/n: Shinta Damayanti
IAGI-net Archive 1: http://www.mail-archive.com/iagi-net%40iagi.or.id/
IAGI-net Archive 2: http://groups.yahoo.com/group/iagi
-
DISCLAIMER: IAGI disclaims all warranties with regard to information posted on 
its mailing lists, whether posted by IAGI or others. In no event shall IAGI or 
its members be liable for any, including but not limited to direct or indirect 
damages, or damages of any kind whatsoever, resulting from loss of use, data or 
profits, arising out of or in connection with the use of any information posted 
on IAGI mailing list.
-


  

Re: [iagi-net-l] ada yang mengikuti berita ini ?

2010-09-01 Terurut Topik Sunu Praptono
Terima kasih Pak Doddy atas pencerahannya.
Kalau menilik kata-kata Freddy Numberi, terkesan bahwa claim itu sudah
berdasarkan estimasi yang bisa dipertanggungjawabkan.

Semoga ada anggota IAGI lain yang punya informasi dari dalam yang
memberikan pencerahan bagaimana Pemerintah RI bisa sampai pada angka USD
2.3Milliar.

Selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalani.

Sunu.

2010/9/1 Doddy Suryanto dod...@pttep.com

 Kebetulan pertengahan bulan agustus kemarin disuruh CEO nya PTTEP
 Australasia untuk menerjemahkan surat pengaduan dari Yayasan Peduli
 Timor Barat (YPTB) yang menuntut ganti rugi atas insiden Montara. Surat
 yang dikirim dengan berbahasa Indonesia tersebut mempunyai tembusan
 kemana-mana termasuk PBB, PM Australia, Presiden Indonesia, dll.
 Intinya dalam surat tersebut pihak daerah Timor Barat dan sekitarnya
 menuntut ganti rugi tetapi terlebih dahulu membentuk tim yang
 beranggotakan pihak dari Australia, Indonesia (pemerintah pusat dan
 daerah), dan PTTEP Australasia untuk bersama-sama berdiskusi tentang
 daerah yang tercemar dan berapa ganti rugi yang harus diberikan.
 PTTEP Australasia sendiri sebelumnya telah berniat baik untuk memberikan
 ganti rugi tetapi saat itu pihak Indonesia belum bekerja untuk
 menentukan berapa jumlah kerugian yang harus dibayar. Sampai akhirnya
 turun perintah dari Presiden Indonesia untuk segera menuntaskan masalah
 ini.
 Disinilah beberapa pejabat pusat terkait bertindak dengan cepat dan
 sedikit berinteraksi dengan pemerintah daerah. Saya sebutkan bertindak
 cepat karena dalam surat yang dibuat oleh YPTB tersebut pemerintah
 daerah memberikan complain atas kinerja pemerintah pusat dalam membantu
 menangani masalah yang terjadi. Dengan keterbatasan dana, alat dan
 tenaga ahli yang dimiliki pemerintah daerah mustahil dapat dilakukan
 pengukuran area tercemar dan menghitung jumlah kerugian. Pemerintah
 pusat hanya datang beberapa kali saja dan hanya beberapa saat. Sampai
 akhirnya pemerintah daerah diberikan instruksi oleh pemerintah pusat
 agar segera memberikan jumlah kerugian untuk dilaporkan ke presiden dan
 menuntut PTTEP untuk segera membayarnya. PTTEP sendiri selama ini
 berkomunikasi hanya dengan pemerintah pusat saja dan memang seharusnya
 begitu sampai nantinya pemerintah pusat berkolaborasi dengan pemerintah
 daerah bersama-sama PTTEP bekerja sama menanggulangi masalah ini seperti
 PTTEp bekerja sama dengan pemerintah Australia.
 Yang menjadi kendala sebenarnya adalah dimana peran pemerintah pusat
 dalam membantu pemerintah daerah untuk menentukan berapa jumlah kerugian
 yang harus dibayar.
 Sekarang mungkin susah menghitung berapa besar area yang tercemar tapi
 dengan data2 foto satelit yang direkam sehari-hari mungkin bisa dihitung
 lagi berapa besar kerugian yang harus dibayar. Bukan tiba2 langsung
 minta kerugian sebesar USD 2.3B tanpa bukti yang akurat. Kalau saya yang
 punya perusahaan juga akan merasa diperas dan saya tetap tidak akan
 membayar kerugian tanpa ada data penunjang.
 Maaf kalau terlalu panjang tapi saat menerjemahkan surat dari YPTB saya
 merasa sendih atas apa yang terjadi diantara bangsa sendiri (pemerintah
 pusat dan pemerintah daerah).

 Salam,
 -doddy-


 -Original Message-
 From: Rovicky Dwi Putrohari [mailto:rovi...@gmail.com]
 Sent: Tuesday, 31 August, 2010 4:35 PM
 To: iagi-net@iagi.or.id
 Subject: Re: [iagi-net-l] ada yang mengikuti berita ini ?

 Sepertinya mereka juga tahu bahwa mereka telah mencemari. namun untuk
 referensi perlu data yang akurat tentang seberapa banyak pencemarannya
 atau
 seberapa besar klaim yang diajukan. Kalau tanpa data survey atau yg
 paling
 pas foto sattelite ya kategorinya ngawur !

 Nanti dikhawatiran ada telor udang tercemari, tapi diklaim seharga
 lobster
 :(

 Sebenernya saat ini penggunaan survey penelitian ilmiah dalam klaim
 sudah
 umum terjadi. Seperti misalnya yang namanya landas continen itu merujuk
 pada
 relatif ketebalan sedimen terhadap lereng (beda tinggi). Tanpa adanya
 drilling atau seismic pengeboran yg menunjukkan ketebalan sedimen kita
 ga
 bisa ngeklaim landas continent.

 rdp

 On Tue, Aug 31, 2010 at 3:54 PM, yanto R.Sumantri yrs...@rad.net.id
 wrote:

 
 
 
  Saya kira bagus saja , tapi tentu harus ada perhitungan yang dapat
  dibuktikan secara faktual. Jangan ampai kita dikatgorikan
  memeras.
 
  si Abah *
 
 
  PTTEP
  rejects Indonesiarsquo;s $2.3b compensation demand*
  
  
  Friday, August 27, 2010 - 09:23AM GMT+7
  
   Thai oil, gas
  firm PTTEP Australasia Pty Ltd has rejected the Indonesian
  
  governmentrsquo;s demand to pay compensation amounting to US$2.3
 billion
  for an
   oil spill in the Timor Sea last year, Kontan daily
  reported Friday.
  
   Freddy Numberi, the chairman of the
  team for the handling of the oil
   spill,
   said in
  Jakarta on Thursday the Indonesian government would not change the
   compensation claim despite the Thai companyrsquo;s rejection.
  
   Freddy, who is also the minister of transportation, said
  that 

Re: [iagi-net-l] Gn Sinabung meletus juga

2010-09-01 Terurut Topik rumlan dwiyatno
Seingat saya, jamanya Gn Kelud meletus dulu, pak Surono pernah bilang, klo 
jalur 
magma Kelud itu sudah seperti jalan tol, sehingga bisa cepat sekali magma naik 
ke puncak. Apakah Gn. Sinabung ini juga demikian? jadi meskipun lama jalur itu 
enggak dipakai (400th ?), tapi jalurnya masih bagus, sehingga tidak dimulai 
dengan terlalu banyak fase tremor2 dulu 

Salam





From: Hiltrudis Gendoet Hartono l3c04...@yahoo.com
To: iagi-net@iagi.or.id
Sent: Wed, 1 September, 2010 10:59:42 AM
Subject: Re: [iagi-net-l] Gn Sinabung meletus juga

Iya...iya memang sulit mas tapi sudah ada penjelasannya kan? walau 
penjelasannya 
perlu penelitian lebih lanjut
 
salam
hill

--- On Sat, 8/28/10, mohammadsyai...@gmail.com mohammadsyai...@gmail.com 
wrote:


From: mohammadsyai...@gmail.com mohammadsyai...@gmail.com
Subject: Re: [iagi-net-l] Gn Sinabung meletus juga
To: Milis IAGI-net iagi-net@iagi.or.id
Date: Saturday, August 28, 2010, 6:33 PM


Mas Amin,

Memang sulit utk menyampaikan sesuatu kepada masyarakat awam pada umumnya, 
tanpa 
menimbulkan kepanikan. Ini yg seringkali dialami orang seperti pak Surono. 
Pasca 
letusan pun, beliau juga sudah tampil di media massa (televisi) utk memberikan 
penjelasan (kemarin malam dan tadi pagi, hari Minggu ini).

Ya inilah kita sbg dokter bumi.

Salam dari mBogor,
Syaiful

Mohammad Syaiful
* handphone: +62-812-9372808
* business: msyai...@etti.co.id

-Original Message-
From: Amir Al Amin amir.al.a...@gmail.com
Date: Sat, 28 Aug 2010 18:18:49 
To: iagi-net@iagi.or.id
Reply-To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: [iagi-net-l] Gn Sinabung meletus juga
Menjadi narasumber untuk media memang dilematis.
Dibilang tidak berbahaya tak tahunya meletus.

Seperti dokter, kalau cuma indikasi badan panas, bisa karena flu, demam
berdarah, infeksi,dll..




Aktivitas Sinabung Tidak Berbahaya
Minggu, 29 Agustus 2010 | 03:09 WIB

http://regional.kompas.com/read/2010/08/29/03095584/Aktivitas.Sinabung.Tidak.Berbahaya
 

Medan, Kompas - Kepulan asap dan hujan debu dari Gunung Sinabung di
Kabupaten Karo, Sumatera Utara, diprediksi tidak akan disusul letusan
gunung. Sangat kecil kemungkinannya Gunung Sinabung meletus. Karena itu,
warga tidak perlu panik.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Surono
mengatakan hal tersebut saat dihubungi dari Medan, Sumatera Utara, Sabtu
(28/8). ”Gunung Sinabung ini termasuk gunung tipe B yang sejak tahun 1600
tidak diketahui letusannya. Artinya, gunung ini tidak berbahaya,” katanya.

Detik-detik Meletusnya Gunung Sinabung
Minggu, 29 Agustus 2010 | 08:04 WIB

http://regional.kompas.com/read/2010/08/29/08041346/Detikdetik.Meletusnya.Gunung.Sinabung-4
 

-- 
***
Amir Al Amin
Operations/ Wellsite Geologist
(62)811592902
amir13120[at]yahoo.com
amir.al.amin[at]gmail.com



  

[iagi-net-l] PT Sorik Mas Mining Merancang Lubang Raksasa di Puncak Tor Sihayo

2010-09-01 Terurut Topik bosman batubara
Hallo ada y baru di Active Margin. Numpang kampanye ya, kampung kami mau 
ditambang. Kalau tak suka, silakan del. Kalau simpati, silakan forward ke 
sebanyak mungkin alamat. terima kasih:

Apa yang akan dilakukan oleh PT Sorik Mas Mining (PT SMM) di Tor  Sihayo, area 
kontrak karya mereka di blok bagian utara? Meskpiun belum  begitu detil, akan 
tetapi ada baiknya kita cermati bersama beberapa  model yang tampil dalam 
bahan-bahan presentasi mereka—yang seperti  biasanya, ditujukan untuk para 
investornya di luar negeri sana.
Pertama-tama, mari kita lihat dulu peta sekitar area seperti pada  peta 1. Peta 
ini saya dapatkan dari Dokumen C yang sudah saya kutip pada tulisan sebelumnya. 
Dalam Peta 1 terlihat bahwa  posisi lokasi Sihayo dan Sambung yang menjadi 
target PT SMM berada di  puncak Tor (“bukit”) Sihayo. Kalau kita cermati lebih 
jauh, maka dari  Tor Sihayo inilah mengair sungai-sungai yang menuju ke 
beberapa 
desa di  lembah dan pada akhirnya bermuara di Sungai Batang Gadis.

selengkapnya:

http://annelis.wordpress.com/2010/09/01/pt-sorik-mas-mining-merancang-lubang-raksasa-di-puncak-tor-sihayo/



 
tabik
bosman batubara 

weblog: http://annelis.wordpress.com



  

Re: [iagi-net-l] Gn Sinabung meletus juga

2010-09-01 Terurut Topik Rovicky Dwi Putrohari
Ada spekulasi bahwa aktifitasnya dipicu oleh curah hujan ekstrim (tapi saya
ngga tahu seberapa besar curah hujan disana selama beberapa bulan ini.
Akibat curah hujan tinggi maka air yang masuk ke rongga semakin banyak juga,
sehingga menyebabkan ledakan hydro phreatic. Menurut teori phreatic itu
letusannya relatif kecil
Cuman saya ndak ngerti kenapa ada lava yang ikuta terlempar sewaktu meletus
kemarin ya (lihat foto di malam hari yg memperlihatkan lava terlempar).
Ataukah memang ini magmatic ? Rasanya bukan letusan magmatic.

RDP

2010/9/1 rumlan dwiyatno dwisant...@yahoo.com

 Seingat saya, jamanya Gn Kelud meletus dulu, pak Surono pernah bilang, klo
 jalur
 magma Kelud itu sudah seperti jalan tol, sehingga bisa cepat sekali magma
 naik
 ke puncak. Apakah Gn. Sinabung ini juga demikian? jadi meskipun lama jalur
 itu
 enggak dipakai (400th ?), tapi jalurnya masih bagus, sehingga tidak dimulai
 dengan terlalu banyak fase tremor2 dulu 

 Salam




 
 From: Hiltrudis Gendoet Hartono l3c04...@yahoo.com
 To: iagi-net@iagi.or.id
 Sent: Wed, 1 September, 2010 10:59:42 AM
 Subject: Re: [iagi-net-l] Gn Sinabung meletus juga

 Iya...iya memang sulit mas tapi sudah ada penjelasannya kan? walau
 penjelasannya
 perlu penelitian lebih lanjut

 salam
 hill

 --- On Sat, 8/28/10, mohammadsyai...@gmail.com mohammadsyai...@gmail.com
 wrote:


 From: mohammadsyai...@gmail.com mohammadsyai...@gmail.com
 Subject: Re: [iagi-net-l] Gn Sinabung meletus juga
 To: Milis IAGI-net iagi-net@iagi.or.id
 Date: Saturday, August 28, 2010, 6:33 PM


 Mas Amin,

 Memang sulit utk menyampaikan sesuatu kepada masyarakat awam pada umumnya,
 tanpa
 menimbulkan kepanikan. Ini yg seringkali dialami orang seperti pak Surono.
 Pasca
 letusan pun, beliau juga sudah tampil di media massa (televisi) utk
 memberikan
 penjelasan (kemarin malam dan tadi pagi, hari Minggu ini).

 Ya inilah kita sbg dokter bumi.

 Salam dari mBogor,
 Syaiful

 Mohammad Syaiful
 * handphone: +62-812-9372808
 * business: msyai...@etti.co.id

 -Original Message-
 From: Amir Al Amin amir.al.a...@gmail.com
 Date: Sat, 28 Aug 2010 18:18:49
 To: iagi-net@iagi.or.id
 Reply-To: iagi-net@iagi.or.id
 Subject: [iagi-net-l] Gn Sinabung meletus juga
 Menjadi narasumber untuk media memang dilematis.
 Dibilang tidak berbahaya tak tahunya meletus.

 Seperti dokter, kalau cuma indikasi badan panas, bisa karena flu, demam
 berdarah, infeksi,dll..



 
 Aktivitas Sinabung Tidak Berbahaya
 Minggu, 29 Agustus 2010 | 03:09 WIB


 http://regional.kompas.com/read/2010/08/29/03095584/Aktivitas.Sinabung.Tidak.Berbahaya


 Medan, Kompas - Kepulan asap dan hujan debu dari Gunung Sinabung di
 Kabupaten Karo, Sumatera Utara, diprediksi tidak akan disusul letusan
 gunung. Sangat kecil kemungkinannya Gunung Sinabung meletus. Karena itu,
 warga tidak perlu panik.

 Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Surono
 mengatakan hal tersebut saat dihubungi dari Medan, Sumatera Utara, Sabtu
 (28/8). ”Gunung Sinabung ini termasuk gunung tipe B yang sejak tahun 1600
 tidak diketahui letusannya. Artinya, gunung ini tidak berbahaya,” katanya.

 Detik-detik Meletusnya Gunung Sinabung
 Minggu, 29 Agustus 2010 | 08:04 WIB


 http://regional.kompas.com/read/2010/08/29/08041346/Detikdetik.Meletusnya.Gunung.Sinabung-4


 --
 ***
 Amir Al Amin
 Operations/ Wellsite Geologist
 (62)811592902
 amir13120[at]yahoo.com
 amir.al.amin[at]gmail.com
 






RE: [iagi-net-l] Mengapa Orang Madina Wajib Mengusir Sorik Mas Mining?

2010-09-01 Terurut Topik Tius Sinyal
Memang susah-susah gampang mengelola hasil bumi ini, di tempat saya ada
sekelompok masyarakat tertentu yang dengan gamblang menolak pertambangan,
visinya hanya satu yakni tanam tanam.. dan 'terus' tanam.
Enviro_oriented. Seyogyanya pakar-pakar kebumian  lingkungan perlu juga
memberikan sedikit pencerahan bagi mereka, khususnya masyarakat, balancing
info antara dampak negatif dan dampak positifnya, serta kontrol
penanganannya. 
Tentunya juga harus didukung dengan komitmen pemerintah  pengusaha dalam
realisasinya. Kadang dampak lingkungan yang terjadi juga bisa dari maraknya
penambang liar di sekitar perusahaan, yang tidak terkontrol  belum
tersentuh aspek bagaimana mengelola lingkungan hasil operasi mereka, yang
notabene terkena imbas adalah perusahaan ybs., karena perusahaan yang
'benar' pasti ada jalur kontrol  sanksinya. Apalagi jika terjadi pada
lingkungan dengan sistem hidrologi yang kompleks seperti umumnya di
pertambangan mineral/emas, apa yang ada di depannya pasti dibawa serta
sejauh air itu berhenti. Efeknya sudah dipastikan, apalagi jika melalui
pemukiman. Sehingga data-data teknis seperti hidrogeologi  tingkat curah
hujan mutlak perlu dicermati, apalagi iklim sekarang sudah tidak menentu...,
pasti masalah lingkungan akan menjadi momok tersendiri serta PR bagi kita
semua demi generasi penerus yad.

Jadi intinya, perusahaan (baca investor) pun harus punya komitmen baik dalam
rencana membuka  mengelola suatu tambang (mengerti bahwa pasti extra high
cost), dengan  melibatkan ahli-ahli yang kompeten (yang mengerti prosedural,
teknologi,  well-attitude), bukan hanya orientasi 'asal jadi' atau bahkan
tendensinya agar 'urusan beres  target tercapai' jadi 'salah kantong' ke
'oknum-oknum' yang tidak bertanggungjawab, bukan orientasi 'bagaimana
menyelamatkan bumi'.

Saya pun merasakan kekuatiran berbagai pihak mengenai aspek lingkungan, tapi
alangkah arif jika bumi ini dapat dikelola, apalagi dilestarikan. Karena
bagaimanapun juga, kekuatan alam semesta ini bak siklus panjang yang terus
meregenerasi. 
 
Kasihan wong cilik ... sudah pinjam tempat, dirusak pula  menggeliatlah
bumi ini...


Salam,
Tius_Sinyal (TS)




   

-Original Message-
From: mohammad syaiful [mailto:mohammadsyai...@gmail.com] 
Sent: Wednesday, September 01, 2010 12:19 PM
To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: Re: [iagi-net-l] Mengapa Orang Madina Wajib Mengusir Sorik Mas
Mining?

om bosman,

aku sempatkan utk berkunjung ke alamat yg disarankan. pernyataan om
bosman pada kalimat pertama dari kutipan di bawah ini, tentulah memang
bisa jadi bahan utk diperdebatkan. tapi aku nggak ingin ngobrol
semalam teler, he..he..

Dari pengalaman saya bersinggungan dengan dunia pertambangan selama
sekira 5 tahun tersebut, ada satu kesimpulan yang saya dapatkan,
bahwa: industri ekstraktif seperti tambang mineral dan migas hanyalah
memberikan keuntungan pada segelintir orang (terutama pemilik dan
pejabat pemerintah), sebaliknya, mendatangkan bencana kepada
masyarakat yang berdiam di sekitar sebuah area pertambangan. Banyak
kasus dan bukti soal pernyataan saya pada alinea ini. Saya pikir saya
tidak perlu melanjutkannya, akan tetapi kalau ada yang ingin tahu
lebih jauh, mungkin di lain waktu kita bisa obrolkan itu semalam
teler.

bukankah banyak kawan geolog yg tetap jadi geolog dan berusaha
memberikan manfaat utk banyak pihak? memang memprihatinkan jika punya
pengalaman buruk di industri ekstraktif dan akhirnya mempunyai
kesimpulan negatif ttg dunia tsb.

salam,
syaiful

2010/9/1 bosman batubara bosman200...@yahoo.com:
 Hallo semua, numpang kampanye ya..., kampung kami mau ditambang, kalau
enggak
 suka del aja:
 
 Pertama-tama saya mohon maaf kepada semua kawan yang di lapangan,  baik
yang pro
 kepada keberadaan tambang PT Sorik Mas Mining (PT SMM) di  Kabupaten
Mandailing
 Natal, juga yang kontra, atau malah yang abu-abu.  Adapun permintaan maaf
ini
 saya rasa perlu saya sampaikan karena  sekarang yang dapat saya lakukan
barulah
 berjuang, mengklping data,  menulis, dan mengajak orang melalui media
on-line.
 Kalau Tuhan  mengizinkan saya ada kesempatan, maka saya akan berada di
barisan
 paling  depan demonstrasi untuk mengusir keberadaan PT SMM di Kabupaten
Madina.
 Meskipun begitu, dari pihak saya, saya bukanlah mau membuat kubu-kubu
 siapa
 yang bergerak di lapangan dan siapa yang bergerak di dunia maya.  Yang
dapat
 saya sampaikan adalah bahwa kedua gerakan ini sama-sama perlu  dan harus
saling
 bersinergi.
 
 selengkapnya:


http://annelis.wordpress.com/2010/08/30/mengapa-orang-madina-wajib-mengusir-
sorik-mas-mining/




 tabik
 bosman batubara

 weblog: http://annelis.wordpress.com







-- 
Mohammad Syaiful - Explorationist, Consultant Geologist
Mobile: 62-812-9372808
Emails:
msyai...@etti.co.id (business)
mohammadsyai...@gmail.com

Technical Manager of
Exploration Think Tank Indonesia (ETTI)



RE: [iagi-net-l] Fwd: flyer: PIT IAGI 2010, 22-25 Nopember 2010 di Senggigi, Lombok- IAGI Golden Jubillee?

2010-09-01 Terurut Topik Herman.Darman
Saya kira PIT IAGI tahun ini akan memperingati 50 tahun IAGI, atau dalam
rangka 50 tahun IAGI atau setidaknya menyinggung 50 tahun IAGI. Ternyata
 logo-nya tidak ada, disinggung-pun tidak. 
Mungkin saya terlalu bangga kalau IAGI ini sudah 50 tahun. Maaf Saya
Cuma pikir kalau bukan kita yang merayakannya atau memperingatinya,
siapa yang akan memperingatinya yha? 

Kalau belajar dari Geo. Soc. India yang merayakan Golden Jubilee-nya
tahun 2008 (Saat itu saya diundang datang untuk mewakili AAPG,
disponsori oleh Geo. Soc. India), mereka menggunakan event ini untuk:
1. menerbitkan buku-buku baru mereka
2. memberikan penghargaan untuk profesor-profesor mereka
3. memberikan kesempatan kepada badan-badan penelitian untuk memberikan
presentasi.
Bisa lihat juga di website mereka: www.geosocindia.org/goldenjubillee

Mungkin nasi tumpeng cukup(melirik kembali komentar pak Koesoema)

Herman

PS: Syaiful... sorry... tetap kawan kita khan :)

-Original Message-
From: Paulus Tangke Allo [mailto:paulu...@gmail.com] 
Sent: Wednesday, September 01, 2010 6:22 AM
To: iagi-net
Subject: [iagi-net-l] Fwd: flyer: PIT IAGI 2010, 22-25 Nopember 2010 di
Senggigi, Lombok

-- Forwarded message --
From: mohammad syaiful mohammadsyai...@gmail.com



PP-IAGI 2008-2011:
ketua umum: LAMBOK HUTASOIT, lam...@gc.itb.ac.id
sekjen: MOHAMMAD SYAIFUL, mohammadsyai...@gmail.com
* 2 sekretariat (Jkt  Bdg), 5 departemen, banyak biro...

Ayo siapkan diri!
Hadirilah PIT ke-39 IAGI, Senggigi, Lombok NTB, 22-25 November 2010
-
To unsubscribe, send email to: iagi-net-unsubscribe[at]iagi.or.id
To subscribe, send email to: iagi-net-subscribe[at]iagi.or.id
Visit IAGI Website: http://iagi.or.id
Pembayaran iuran anggota ditujukan ke:
Bank Mandiri Cab. Wisma Alia Jakarta
No. Rek: 123 0085005314
Atas nama: Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI)
Bank BCA KCP. Manara Mulia
No. Rekening: 255-1088580
A/n: Shinta Damayanti
IAGI-net Archive 1: http://www.mail-archive.com/iagi-net%40iagi.or.id/
IAGI-net Archive 2: http://groups.yahoo.com/group/iagi
-
DISCLAIMER: IAGI disclaims all warranties with regard to information posted on 
its mailing lists, whether posted by IAGI or others. In no event shall IAGI or 
its members be liable for any, including but not limited to direct or indirect 
damages, or damages of any kind whatsoever, resulting from loss of use, data or 
profits, arising out of or in connection with the use of any information posted 
on IAGI mailing list.
-



Re: [iagi-net-l] Fwd: flyer: PIT IAGI 2010, 22-25 Nopember 2010 di Senggigi, Lombok- IAGI Golden Jubillee?

2010-09-01 Terurut Topik mohammad syaiful
herman, meskipun terlambat, coba lihat flyer yg ada, hal tsb sudah
diwujudkan. memang ini karena masukan kritis dari pak koesoema dll.
jadi selalu ingatkan saja panitia dan pengurus.

salam,
syaiful

2010/9/1  herman.dar...@shell.com:
 Saya kira PIT IAGI tahun ini akan memperingati 50 tahun IAGI, atau dalam
 rangka 50 tahun IAGI atau setidaknya menyinggung 50 tahun IAGI. Ternyata
  logo-nya tidak ada, disinggung-pun tidak.
 Mungkin saya terlalu bangga kalau IAGI ini sudah 50 tahun. Maaf Saya
 Cuma pikir kalau bukan kita yang merayakannya atau memperingatinya,
 siapa yang akan memperingatinya yha?

 Kalau belajar dari Geo. Soc. India yang merayakan Golden Jubilee-nya
 tahun 2008 (Saat itu saya diundang datang untuk mewakili AAPG,
 disponsori oleh Geo. Soc. India), mereka menggunakan event ini untuk:
 1. menerbitkan buku-buku baru mereka
 2. memberikan penghargaan untuk profesor-profesor mereka
 3. memberikan kesempatan kepada badan-badan penelitian untuk memberikan
 presentasi.
 Bisa lihat juga di website mereka: www.geosocindia.org/goldenjubillee

 Mungkin nasi tumpeng cukup(melirik kembali komentar pak Koesoema)

 Herman

 PS: Syaiful... sorry... tetap kawan kita khan :)

 -Original Message-
 From: Paulus Tangke Allo [mailto:paulu...@gmail.com]
 Sent: Wednesday, September 01, 2010 6:22 AM
 To: iagi-net
 Subject: [iagi-net-l] Fwd: flyer: PIT IAGI 2010, 22-25 Nopember 2010 di
 Senggigi, Lombok

 -- Forwarded message --
 From: mohammad syaiful mohammadsyai...@gmail.com


 
 PP-IAGI 2008-2011:
 ketua umum: LAMBOK HUTASOIT, lam...@gc.itb.ac.id
 sekjen: MOHAMMAD SYAIFUL, mohammadsyai...@gmail.com
 * 2 sekretariat (Jkt  Bdg), 5 departemen, banyak biro...
 
 Ayo siapkan diri!
 Hadirilah PIT ke-39 IAGI, Senggigi, Lombok NTB, 22-25 November 2010
 -
 To unsubscribe, send email to: iagi-net-unsubscribe[at]iagi.or.id
 To subscribe, send email to: iagi-net-subscribe[at]iagi.or.id
 Visit IAGI Website: http://iagi.or.id
 Pembayaran iuran anggota ditujukan ke:
 Bank Mandiri Cab. Wisma Alia Jakarta
 No. Rek: 123 0085005314
 Atas nama: Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI)
 Bank BCA KCP. Manara Mulia
 No. Rekening: 255-1088580
 A/n: Shinta Damayanti
 IAGI-net Archive 1: http://www.mail-archive.com/iagi-net%40iagi.or.id/
 IAGI-net Archive 2: http://groups.yahoo.com/group/iagi
 -
 DISCLAIMER: IAGI disclaims all warranties with regard to information posted 
 on its mailing lists, whether posted by IAGI or others. In no event shall 
 IAGI or its members be liable for any, including but not limited to direct or 
 indirect damages, or damages of any kind whatsoever, resulting from loss of 
 use, data or profits, arising out of or in connection with the use of any 
 information posted on IAGI mailing list.
 -





-- 
Mohammad Syaiful - Explorationist, Consultant Geologist
Mobile: 62-812-9372808
Emails:
msyai...@etti.co.id (business)
mohammadsyai...@gmail.com

Technical Manager of
Exploration Think Tank Indonesia (ETTI)


PP-IAGI 2008-2011:
ketua umum: LAMBOK HUTASOIT, lam...@gc.itb.ac.id
sekjen: MOHAMMAD SYAIFUL, mohammadsyai...@gmail.com
* 2 sekretariat (Jkt  Bdg), 5 departemen, banyak biro...

Ayo siapkan diri!
Hadirilah PIT ke-39 IAGI, Senggigi, Lombok NTB, 22-25 November 2010
-
To unsubscribe, send email to: iagi-net-unsubscribe[at]iagi.or.id
To subscribe, send email to: iagi-net-subscribe[at]iagi.or.id
Visit IAGI Website: http://iagi.or.id
Pembayaran iuran anggota ditujukan ke:
Bank Mandiri Cab. Wisma Alia Jakarta
No. Rek: 123 0085005314
Atas nama: Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI)
Bank BCA KCP. Manara Mulia
No. Rekening: 255-1088580
A/n: Shinta Damayanti
IAGI-net Archive 1: http://www.mail-archive.com/iagi-net%40iagi.or.id/
IAGI-net Archive 2: http://groups.yahoo.com/group/iagi
-
DISCLAIMER: IAGI disclaims all warranties with regard to information posted on 
its mailing lists, whether posted by IAGI or others. In no event shall IAGI or 
its members be liable for any, including but not limited to direct or indirect 
damages, or damages of any kind whatsoever, resulting from loss of use, data or 
profits, arising out of or in connection with the use of any information posted 
on IAGI mailing list.
-



Re: [iagi-net-l] Fwd: flyer: PIT IAGI 2010, 22-25 Nopember 2010 di Senggigi, Lombok- IAGI Golden Jubillee?

2010-09-01 Terurut Topik yudie iskandar
Jika masih perlu logo 50 th IAGI, let me know  :-)

2010/9/1 mohammad syaiful mohammadsyai...@gmail.com

 herman, meskipun terlambat, coba lihat flyer yg ada, hal tsb sudah
 diwujudkan. memang ini karena masukan kritis dari pak koesoema dll.
 jadi selalu ingatkan saja panitia dan pengurus.

 salam,
 syaiful

 2010/9/1  herman.dar...@shell.com:
  Saya kira PIT IAGI tahun ini akan memperingati 50 tahun IAGI, atau dalam
  rangka 50 tahun IAGI atau setidaknya menyinggung 50 tahun IAGI. Ternyata
   logo-nya tidak ada, disinggung-pun tidak.
  Mungkin saya terlalu bangga kalau IAGI ini sudah 50 tahun. Maaf Saya
  Cuma pikir kalau bukan kita yang merayakannya atau memperingatinya,
  siapa yang akan memperingatinya yha?
 
  Kalau belajar dari Geo. Soc. India yang merayakan Golden Jubilee-nya
  tahun 2008 (Saat itu saya diundang datang untuk mewakili AAPG,
  disponsori oleh Geo. Soc. India), mereka menggunakan event ini untuk:
  1. menerbitkan buku-buku baru mereka
  2. memberikan penghargaan untuk profesor-profesor mereka
  3. memberikan kesempatan kepada badan-badan penelitian untuk memberikan
  presentasi.
  Bisa lihat juga di website mereka: www.geosocindia.org/goldenjubillee
 
  Mungkin nasi tumpeng cukup(melirik kembali komentar pak Koesoema)
 
  Herman
 
  PS: Syaiful... sorry... tetap kawan kita khan :)
 
  -Original Message-
  From: Paulus Tangke Allo [mailto:paulu...@gmail.com]
  Sent: Wednesday, September 01, 2010 6:22 AM
  To: iagi-net
  Subject: [iagi-net-l] Fwd: flyer: PIT IAGI 2010, 22-25 Nopember 2010 di
  Senggigi, Lombok
 
  -- Forwarded message --
  From: mohammad syaiful mohammadsyai...@gmail.com
 
 
 
 
  PP-IAGI 2008-2011:
  ketua umum: LAMBOK HUTASOIT, lam...@gc.itb.ac.id
  sekjen: MOHAMMAD SYAIFUL, mohammadsyai...@gmail.com
  * 2 sekretariat (Jkt  Bdg), 5 departemen, banyak biro...
 
 
  Ayo siapkan diri!
  Hadirilah PIT ke-39 IAGI, Senggigi, Lombok NTB, 22-25 November 2010
 
 -
  To unsubscribe, send email to: iagi-net-unsubscribe[at]iagi.or.id
  To subscribe, send email to: iagi-net-subscribe[at]iagi.or.id
  Visit IAGI Website: http://iagi.or.id
  Pembayaran iuran anggota ditujukan ke:
  Bank Mandiri Cab. Wisma Alia Jakarta
  No. Rek: 123 0085005314
  Atas nama: Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI)
  Bank BCA KCP. Manara Mulia
  No. Rekening: 255-1088580
  A/n: Shinta Damayanti
  IAGI-net Archive 1: http://www.mail-archive.com/iagi-net%40iagi.or.id/
  IAGI-net Archive 2: http://groups.yahoo.com/group/iagi
  -
  DISCLAIMER: IAGI disclaims all warranties with regard to information
 posted on its mailing lists, whether posted by IAGI or others. In no event
 shall IAGI or its members be liable for any, including but not limited to
 direct or indirect damages, or damages of any kind whatsoever, resulting
 from loss of use, data or profits, arising out of or in connection with the
 use of any information posted on IAGI mailing list.
  -
 
 



 --
 Mohammad Syaiful - Explorationist, Consultant Geologist
 Mobile: 62-812-9372808
 Emails:
 msyai...@etti.co.id (business)
 mohammadsyai...@gmail.com

 Technical Manager of
 Exploration Think Tank Indonesia (ETTI)


 
 PP-IAGI 2008-2011:
 ketua umum: LAMBOK HUTASOIT, lam...@gc.itb.ac.id
 sekjen: MOHAMMAD SYAIFUL, mohammadsyai...@gmail.com
 * 2 sekretariat (Jkt  Bdg), 5 departemen, banyak biro...

 
 Ayo siapkan diri!
 Hadirilah PIT ke-39 IAGI, Senggigi, Lombok NTB, 22-25 November 2010

 -
 To unsubscribe, send email to: iagi-net-unsubscribe[at]iagi.or.id
 To subscribe, send email to: iagi-net-subscribe[at]iagi.or.id
 Visit IAGI Website: http://iagi.or.id
 Pembayaran iuran anggota ditujukan ke:
 Bank Mandiri Cab. Wisma Alia Jakarta
 No. Rek: 123 0085005314
 Atas nama: Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI)
 Bank BCA KCP. Manara Mulia
 No. Rekening: 255-1088580
 A/n: Shinta Damayanti
 IAGI-net Archive 1: http://www.mail-archive.com/iagi-net%40iagi.or.id/
 IAGI-net 
 http://www.mail-archive.com/iagi-net%40iagi.or.id/%0AIAGI-netArchive 2:
 http://groups.yahoo.com/group/iagi
 -
 DISCLAIMER: IAGI disclaims all warranties with regard to information posted
 on its mailing lists, whether posted by IAGI or others. In no event shall
 IAGI or its members be liable for any, including but not limited to direct
 or indirect damages, or damages of any kind 

Re: [iagi-net-l] ada yang mengikuti berita ini ?

2010-09-01 Terurut Topik andangbachtiar
Saya mengikuti berita ini dan juga berusaha mengingatkan dan memberi info 
teknis pd deputi KLH yg mengurusi masalah ini bahkan pd saat Montara masih blm 
bisa dihentikan. Tapi nampaknya kawan2 di KLH agak menganggap enteng masalah 
ini shg gak gerak2 juga sampai kawan lama kita Pak Ferdi Tanoni dr YPTB bbrp x 
lontarkan rilis2 media sampai ke TV segala, barulah SBY perintahkan Mentri 
Kelautan Prikanan bikin tim mengurusi masalah ini (stlah Montara mampet) dimana 
angotanya jg ada dr KLH. Dan menurut info mrk hanya sekali datang ke Kupang dan 
bbrp daerah di sana, tdk sampai melakukan penelitian rinci, sampling sistimatis 
dsb, kayaknya cuma kunjungan proforma biasa. Malahan kawan dr YPTB lah yg 
sampling dan masukin samplenya ke corelab untuk diteliliti dan berdasarkan 
itulah Ferdi Tanoni kirim surat mengklaim ke PTTEP krn 0Pemerintah jg gak 
kunjung gerak nge-klaim. Barulah stlah keduluan Ferdi, pemerintah kita masukin 
claim, tapi saya sangat2 meragukan angka2 di claim tsb memang sdh berdasar 
penelitian valid. Karena ya itu tadi, ...ga ada gerAak riset yg bisa kita 
monitor, dan kbetulan salah satu motor tim yg dibentuk Mentri itu org 
kepercayaannya yg ex-aktifis ITB dan bbrp kali dia konsultasi ke network 
geologistnya ttg apa yg hrs dilakukan dsb dsb.Jadi, itulah buntutnya: klaim 
yg ikut dipertanyakan basisnya oleh PTTEP. Coba dong, ... Bisa (mau) nggak IAGI 
ikut turun bantuin beresin ini???  Spy pemerintah kita ini gak dianggep 
ngawur dan bodo2 bangetlah,...walopun kenyataan nyrempet2 ke situ...ayo 
dijagain, ayo dibantu...

Adb 
Powered by Telkomsel BlackBerry®

-Original Message-
From: Sunu Praptono sunu.prapt...@gmail.com
Date: Wed, 1 Sep 2010 13:53:30 
To: iagi-net@iagi.or.id
Reply-To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: Re: [iagi-net-l] ada yang mengikuti berita ini ?
Terima kasih Pak Doddy atas pencerahannya.
Kalau menilik kata-kata Freddy Numberi, terkesan bahwa claim itu sudah
berdasarkan estimasi yang bisa dipertanggungjawabkan.

Semoga ada anggota IAGI lain yang punya informasi dari dalam yang
memberikan pencerahan bagaimana Pemerintah RI bisa sampai pada angka USD
2.3Milliar.

Selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalani.

Sunu.

2010/9/1 Doddy Suryanto dod...@pttep.com

 Kebetulan pertengahan bulan agustus kemarin disuruh CEO nya PTTEP
 Australasia untuk menerjemahkan surat pengaduan dari Yayasan Peduli
 Timor Barat (YPTB) yang menuntut ganti rugi atas insiden Montara. Surat
 yang dikirim dengan berbahasa Indonesia tersebut mempunyai tembusan
 kemana-mana termasuk PBB, PM Australia, Presiden Indonesia, dll.
 Intinya dalam surat tersebut pihak daerah Timor Barat dan sekitarnya
 menuntut ganti rugi tetapi terlebih dahulu membentuk tim yang
 beranggotakan pihak dari Australia, Indonesia (pemerintah pusat dan
 daerah), dan PTTEP Australasia untuk bersama-sama berdiskusi tentang
 daerah yang tercemar dan berapa ganti rugi yang harus diberikan.
 PTTEP Australasia sendiri sebelumnya telah berniat baik untuk memberikan
 ganti rugi tetapi saat itu pihak Indonesia belum bekerja untuk
 menentukan berapa jumlah kerugian yang harus dibayar. Sampai akhirnya
 turun perintah dari Presiden Indonesia untuk segera menuntaskan masalah
 ini.
 Disinilah beberapa pejabat pusat terkait bertindak dengan cepat dan
 sedikit berinteraksi dengan pemerintah daerah. Saya sebutkan bertindak
 cepat karena dalam surat yang dibuat oleh YPTB tersebut pemerintah
 daerah memberikan complain atas kinerja pemerintah pusat dalam membantu
 menangani masalah yang terjadi. Dengan keterbatasan dana, alat dan
 tenaga ahli yang dimiliki pemerintah daerah mustahil dapat dilakukan
 pengukuran area tercemar dan menghitung jumlah kerugian. Pemerintah
 pusat hanya datang beberapa kali saja dan hanya beberapa saat. Sampai
 akhirnya pemerintah daerah diberikan instruksi oleh pemerintah pusat
 agar segera memberikan jumlah kerugian untuk dilaporkan ke presiden dan
 menuntut PTTEP untuk segera membayarnya. PTTEP sendiri selama ini
 berkomunikasi hanya dengan pemerintah pusat saja dan memang seharusnya
 begitu sampai nantinya pemerintah pusat berkolaborasi dengan pemerintah
 daerah bersama-sama PTTEP bekerja sama menanggulangi masalah ini seperti
 PTTEp bekerja sama dengan pemerintah Australia.
 Yang menjadi kendala sebenarnya adalah dimana peran pemerintah pusat
 dalam membantu pemerintah daerah untuk menentukan berapa jumlah kerugian
 yang harus dibayar.
 Sekarang mungkin susah menghitung berapa besar area yang tercemar tapi
 dengan data2 foto satelit yang direkam sehari-hari mungkin bisa dihitung
 lagi berapa besar kerugian yang harus dibayar. Bukan tiba2 langsung
 minta kerugian sebesar USD 2.3B tanpa bukti yang akurat. Kalau saya yang
 punya perusahaan juga akan merasa diperas dan saya tetap tidak akan
 membayar kerugian tanpa ada data penunjang.
 Maaf kalau terlalu panjang tapi saat menerjemahkan surat dari YPTB saya
 merasa sendih atas apa yang terjadi diantara bangsa sendiri (pemerintah
 pusat dan pemerintah 

Re: [iagi-net-l] ada yang mengikuti berita ini ?

2010-09-01 Terurut Topik doddys
Memang benar sampeyan Sam. Pak Ferdi lah yang berteriak dari dulu dan contoh 
tumpahan minyak juga dikirim ke australia dan hasilnya positif sama dgn minyak 
dari ladang Montara. PTTEP sendiri telah mengusulkan ganti rugi sejak 
Oktober/November tahun lalu. YPTB juga mengusulkan membentuk tim khusus yang 
terdiri dari pemda, pemerintah pusat, PTTEP, YPTB sendiri dan lembaga terkait 
lainnya untuk mengatasi masalah ini tapi TIDAK pernah terbentuk. Bantuan dari 
pemerintah pusat yang sangat diharapkan juga tidak berjalan dengan benar dengan 
alasan dana untuk investigasi terbatas shg mereka tidak bisa tinggal lama di 
daerah. Jadi pemikiran YPTB dan pemda rasanya jauh lebih bagus dibandingkan 
pemerintah pusat yang langsung keluar dgn angka ganti rugi tanpa bukti-bukti yg 
didukung penelitian ilmiah.
Nanti kalau ada info terbaru akan diinformasikan kembali.

Salam,
-doddy-
Sent from my BlackBerry® by dovirado

-Original Message-
From: andangbacht...@yahoo.com
Date: Thu, 2 Sep 2010 01:29:30 
To: iagi-net@iagi.or.id
Reply-To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: Re: [iagi-net-l] ada yang mengikuti berita ini ?

Saya mengikuti berita ini dan juga berusaha mengingatkan dan memberi info 
teknis pd deputi KLH yg mengurusi masalah ini bahkan pd saat Montara masih blm 
bisa dihentikan. Tapi nampaknya kawan2 di KLH agak menganggap enteng masalah 
ini shg gak gerak2 juga sampai kawan lama kita Pak Ferdi Tanoni dr YPTB bbrp x 
lontarkan rilis2 media sampai ke TV segala, barulah SBY perintahkan Mentri 
Kelautan Prikanan bikin tim mengurusi masalah ini (stlah Montara mampet) dimana 
angotanya jg ada dr KLH. Dan menurut info mrk hanya sekali datang ke Kupang dan 
bbrp daerah di sana, tdk sampai melakukan penelitian rinci, sampling sistimatis 
dsb, kayaknya cuma kunjungan proforma biasa. Malahan kawan dr YPTB lah yg 
sampling dan masukin samplenya ke corelab untuk diteliliti dan berdasarkan 
itulah Ferdi Tanoni kirim surat mengklaim ke PTTEP krn 0Pemerintah jg gak 
kunjung gerak nge-klaim. Barulah stlah keduluan Ferdi, pemerintah kita masukin 
claim, tapi saya sangat2 meragukan angka2 di claim tsb memang sdh berdasar 
penelitian valid. Karena ya itu tadi, ...ga ada gerAak riset yg bisa kita 
monitor, dan kbetulan salah satu motor tim yg dibentuk Mentri itu org 
kepercayaannya yg ex-aktifis ITB dan bbrp kali dia konsultasi ke network 
geologistnya ttg apa yg hrs dilakukan dsb dsb.Jadi, itulah buntutnya: klaim 
yg ikut dipertanyakan basisnya oleh PTTEP. Coba dong, ... Bisa (mau) nggak IAGI 
ikut turun bantuin beresin ini???  Spy pemerintah kita ini gak dianggep 
ngawur dan bodo2 bangetlah,...walopun kenyataan nyrempet2 ke situ...ayo 
dijagain, ayo dibantu...

Adb 
Powered by Telkomsel BlackBerry®

-Original Message-
From: Sunu Praptono sunu.prapt...@gmail.com
Date: Wed, 1 Sep 2010 13:53:30 
To: iagi-net@iagi.or.id
Reply-To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: Re: [iagi-net-l] ada yang mengikuti berita ini ?
Terima kasih Pak Doddy atas pencerahannya.
Kalau menilik kata-kata Freddy Numberi, terkesan bahwa claim itu sudah
berdasarkan estimasi yang bisa dipertanggungjawabkan.

Semoga ada anggota IAGI lain yang punya informasi dari dalam yang
memberikan pencerahan bagaimana Pemerintah RI bisa sampai pada angka USD
2.3Milliar.

Selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalani.

Sunu.

2010/9/1 Doddy Suryanto dod...@pttep.com

 Kebetulan pertengahan bulan agustus kemarin disuruh CEO nya PTTEP
 Australasia untuk menerjemahkan surat pengaduan dari Yayasan Peduli
 Timor Barat (YPTB) yang menuntut ganti rugi atas insiden Montara. Surat
 yang dikirim dengan berbahasa Indonesia tersebut mempunyai tembusan
 kemana-mana termasuk PBB, PM Australia, Presiden Indonesia, dll.
 Intinya dalam surat tersebut pihak daerah Timor Barat dan sekitarnya
 menuntut ganti rugi tetapi terlebih dahulu membentuk tim yang
 beranggotakan pihak dari Australia, Indonesia (pemerintah pusat dan
 daerah), dan PTTEP Australasia untuk bersama-sama berdiskusi tentang
 daerah yang tercemar dan berapa ganti rugi yang harus diberikan.
 PTTEP Australasia sendiri sebelumnya telah berniat baik untuk memberikan
 ganti rugi tetapi saat itu pihak Indonesia belum bekerja untuk
 menentukan berapa jumlah kerugian yang harus dibayar. Sampai akhirnya
 turun perintah dari Presiden Indonesia untuk segera menuntaskan masalah
 ini.
 Disinilah beberapa pejabat pusat terkait bertindak dengan cepat dan
 sedikit berinteraksi dengan pemerintah daerah. Saya sebutkan bertindak
 cepat karena dalam surat yang dibuat oleh YPTB tersebut pemerintah
 daerah memberikan complain atas kinerja pemerintah pusat dalam membantu
 menangani masalah yang terjadi. Dengan keterbatasan dana, alat dan
 tenaga ahli yang dimiliki pemerintah daerah mustahil dapat dilakukan
 pengukuran area tercemar dan menghitung jumlah kerugian. Pemerintah
 pusat hanya datang beberapa kali saja dan hanya beberapa saat. Sampai
 akhirnya pemerintah daerah diberikan instruksi oleh pemerintah pusat
 agar segera memberikan 

RE: [iagi-net-l] Fwd: flyer: PIT IAGI 2010, 22-25 Nopember 2010 di Senggigi, Lombok- IAGI Golden Jubillee?

2010-09-01 Terurut Topik yanto R.Sumantri



 Mas Ipul

    Saya kira banyak yang
mengingatkan bahwa tahun AGI berusia lima puluh tahun , saya sendiri
(bukan ingin menonkolkan diri ya)  secara lisan sudah mengingatkan hl
ini setahun yl kepada Bapak LH Ketum .

si Abah

   Saya kira PIT IAGI tahun ini akan memperingati 50 tahun
IAGI, atau dalam
 rangka 50 tahun IAGI atau setidaknya
menyinggung 50 tahun IAGI. Ternyata
  logo-nya tidak ada,
disinggung-pun tidak.
 Mungkin saya terlalu bangga kalau IAGI ini
sudah 50 tahun. Maaf Saya
 Cuma pikir kalau bukan kita yang
merayakannya atau memperingatinya,
 siapa yang akan
memperingatinya yha?
 
 Kalau belajar dari Geo. Soc.
India yang merayakan Golden Jubilee-nya
 tahun 2008 (Saat itu
saya diundang datang untuk mewakili AAPG,
 disponsori oleh Geo.
Soc. India), mereka menggunakan event ini untuk:
 1. menerbitkan
buku-buku baru mereka
 2. memberikan penghargaan untuk
profesor-profesor mereka
 3. memberikan kesempatan kepada
badan-badan penelitian untuk memberikan
 presentasi.

Bisa lihat juga di website mereka: www.geosocindia.org/goldenjubillee
 
 Mungkin nasi tumpeng cukup(melirik kembali komentar
pak Koesoema)
 
 Herman
 
 PS:
Syaiful... sorry... tetap kawan kita khan :)
 

-Original Message-

From: Paulus Tangke Allo
[mailto:paulu...@gmail.com]
 Sent: Wednesday, September 01, 2010
6:22 AM
 To: iagi-net
 Subject: [iagi-net-l] Fwd: flyer:
PIT IAGI 2010, 22-25 Nopember 2010 di
 Senggigi, Lombok


 -- Forwarded message --

From:
mohammad syaiful mohammadsyai...@gmail.com
 




 PP-IAGI 2008-2011:
 ketua umum: LAMBOK HUTASOIT,
lam...@gc.itb.ac.id
 sekjen: MOHAMMAD SYAIFUL,
mohammadsyai...@gmail.com
 * 2 sekretariat (Jkt  Bdg), 5
departemen, banyak biro...


 Ayo siapkan diri!
 Hadirilah PIT ke-39 IAGI,
Senggigi, Lombok NTB, 22-25 November 2010

-
 To unsubscribe, send email to:
iagi-net-unsubscribe[at]iagi.or.id
 To subscribe, send email to:
iagi-net-subscribe[at]iagi.or.id
 Visit IAGI Website:
http://iagi.or.id
 Pembayaran iuran anggota ditujukan ke:
 Bank Mandiri Cab. Wisma Alia Jakarta
 No. Rek: 123
0085005314
 Atas nama: Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI)
 Bank BCA KCP. Manara Mulia
 No. Rekening: 255-1088580
 A/n: Shinta Damayanti
 IAGI-net Archive 1:
http://www.mail-archive.com/iagi-net%40iagi.or.id/
 IAGI-net
Archive 2: http://groups.yahoo.com/group/iagi

-
 DISCLAIMER: IAGI disclaims all warranties with regard to
information
 posted on its mailing lists, whether posted by IAGI
or others. In no event
 shall IAGI or its members be liable for
any, including but not limited to
 direct or indirect damages, or
damages of any kind whatsoever, resulting
 from loss of use, data
or profits, arising out of or in connection with
 the use of any
information posted on IAGI mailing list.

-
 
 


-- 
___
Nganyerikeun hate
batur hirupna mo bisa campur, ngangeunahkeun hate jalma hirupna pada
ngupama , Elmu tungtut dunya siar Ibadah kudu lakonan.


[iagi-net-l] GEM-LOVERS : P. ROBERT TANYA TENTANG BATU BUNGBULANG GARUT

2010-09-01 Terurut Topik MIKO
Rekan-rekan Gem- Lovers,

Di bawah ini mang Okim sampaikan jawaban atas pertanyaan Pak Robert tentang 
batu hijau Bungbulang, Garut , semoga dapat  menambah wawasan rekan-rekan . 
Jawaban mang Okim ini yang diforward ke milis IAGI  lewat BB ternyata tidak 
berhasil masuk. Semoga saja masalah ini dapat dicarikan jalan pemecahannya agar 
komunikasi dengan rekan-rekan yang banyak melakukan penelitian dan tinggal lama 
di lapangan tidak terputus.

Salam cinta batumulia,
Mang Okim

- Original Message - 
From: Miko 
To: iagi-net@iagi.or.id 
Sent: Thursday, September 02, 2010 4:12 AM
Subject: Fw: [iagi-net-l] Re: ttg batu bungbulang garut


Powered by Miko BlackBerry®

Yth Pak Robert, selamat pagi.

Masalah kalsedon hijau memang banyak bikin pusing para appraisers dan kolektors 
karena saking banyaknya yang hasil pewarnaan (dyed alias dicelup ). Untuk 
membedakannya diperlukan pengalaman/jam terbang , pengetahuan tentang tekstur 
dan struktur yg terkandung dalam batu tersebut, dan peralatan gemologi 
tertentu. Hasil test pertama yang menyebut batu Bapak sebagai Natural 
Chrysoprase Chalcedony mungkin didasarkan atas keyakinan appraisernya bahwa 
batu yg diperiksanya secara gemologi adalah sejenis kalsedon alamiah yg 
warnanya tidak menunjukkan hasil celupan. Hasil test kedua yg menyebutnya 
sebagai Green Chalcedony ex Garut mungkin didasarkan atas pengalaman / jam 
terbangnya dalam masalah batu hijau Garut ( ditambah pengetahuannya tentang 
tekstur dan struktur batuan, serta adanya peralatan gemologi tertentu ).

Catatan : Penyebutan sebagai Green Chalcedony biasanya diberikan kepada batu 
kalsedon atau agat yang dicelup ( disebut sebagai green agate ). Tetapi karena 
ada tambahan ex Garut, maka warna hijaunya diyakini asli alamiah.

Dengan demikian maka menurut pendapat mang Okim, kesimpulan dari kedua 
appraisers tidak menyimpang dari kaidah gemologi dan dapat dibenarkan ( untuk 
meyakinkan 100%, batunya harus diperiksa secara kimia atau dengan difraksi 
sinar x ).

Salam cinta batumulia,
Mang Okim 

Powered by Miko BlackBerry®




From: robert lee robb_l...@yahoo.co.id 
Date: Thu, 2 Sep 2010 00:05:22 +0700
To: m...@cbn.net.id
Subject: [iagi-net-l] Re: ttg batu bungbulang garut


Mang okim, selamat malam neh..

Langsung aja bang, ane mau nanya sedikit neh tentang batu hijau garut ini..

Ane ditawarin temen dua biji batu hijau, yg diakuinya sebagai batu hijau garut..

Harga berkisar 1,5 jt untuk masing2 batu..

Sebelum ane beli, ane cek dulu itu batu.. utk cek pertama di lab flamboyant, 
keluar hasil bahwa jenis batunya adalah natural chrysophrase chalcedony.. tuk 
cek yg kedua, ane cek di lab BIG, dan keluar hasilnya adalah green 
chalcedony.., dan ada penjelasan dari lab bahwasanya jenis batunya adalah 
garut..

Mohon pencerahannya bang.. apakah ini batu adalah batu hijau garut yg termasyur 
itu bang?..

Oh ya bang, ane mau nanya lagi.. sekiranya ini bukan batu hijau garut, 
seharusnya kalo dicek di lab, hasil yg keluar itu apa bang (nama ilmiahnya apa 
bang)?..

Terimakasih sebelumnya bang..






[iagi-net-l] Agenda Pemilu MGEI Periode 2010-2012

2010-09-01 Terurut Topik benyamin sembiring
Salam MGEI,

Rekan-rekan MGEI yang saya hormati dan dimanapun berada tak terasa
perjalanan Masyarakat Geologi Ekonomi Indonesia telah mencapai masa
regenerasi kepengurusan, dimana kepengurusan periode 2008-2010 akan berakhir
dan kita masuk pada periode 2010-2012. Oleh karena itu seperti yang
diamanatkan ADART maka akan diselenggrakan pemilihan Ketua MGEI untuk
periode 2010-2012.
Atas nama Panitia Pemilu MGEI 2010, dibawah ini kami sampaikan agenda pemilu
yang akan dilaksanakan. Harapan kami para anggota bisa mendukung berbagai
kegiatan yang akan kita laksanakan. Kritik dan saran sangat berguna buat
kemajuan organisasi kita bersama.


Salam
Panitia Pelaksana

---


 *JADWAL KERJA*



































*PEMILU KETUA MGEI Periode 2010-2012*









































































*No*

*Kegiatan*

*September*

*Oktober*

*Nopember *

* *

* *

* *

* *

*1*

*2*

*3*

*4*

*1*

*2*

*3*

*4*

*5*

*1*

*2*

*3*

*4*

* *

* *

* *

* *

1

Informasi Pelaksanaan Pemilu/Sosialisasi

1



15





























2

Penjaringan Bakal Calon Ketua/Sekjen



7









13





















3

Pengumuman Bakal Calon Ketua/Sekjen













15





















4

Kampanye















18



5





25









5

Pencoblosan dan Pengiriman Kartu Pemilu

















28







25









6

Perhitungan Suara

























25









7

Penetapan Ketua/Sekjen

























25



































































































































































1-15 September 2010

Penyebaran informasi Pemilu kepada anggota melalui milist MGEI, IAGI dsb





7 September - 13 Oktober 2010

Penjaringan Bakal Calon Ketua/Sekjen

















15 Oktober

Pengumuman Bakal Calon Ketua/Sekjen

















18 Oktober - 5 Nopember 2010

Kampanye

































Bakal Calon Ketua/Sekjen melakukan kampanye, visi dan misi kepada anggota
melalui milis



25 Nopember 2010

Dialog saat PIT IAGI



























28 Oktober - 25 Nopember 2010

Pencoblosan dan pengiriman kartu suara*















25 Nopember 2010

Perhitungan suara dan Penetapan Ketua/Sekjen