Pak jangan panggil saya pendekar dong, waduh satu jurus silatpun saya nggak
tau. btw lanjut ke Masalah pesilat dan politik nich kawan-kawan, bahwa menurut
aku yaaaa pesilat yang berpolitik tidaklah menjadi persoalan dimana pesilat
tersebut mampu dipercaya mengemban amanat dan tidak merugikan masyarakat
termasuk pencak silat.

Bukan hal baru bila silat dijadikan kendaraan politik untuk menarik simpatik
orang lain, karena dengan begitu ada dukungan kelompok atau bahkan sekelas
perguruan ikut andil didalamnya, yang perlu diperhatikan adalah setelah
kendaraan kita ini dipakai apakah lantas di lupakan atau dijual ke tukang
loak?, disinilah yang menjadi titik perhatian kita bahwa jangan sampai silat
kita ini berburuk nama gara-gara seorang pesilat yang menggunakan silat sebagai
alat pendongrak karirnya.

Sebaiknya kita perlu memikirkan strategi apa yang harus dilakukan agar nama
silat tetap baik dan kitapun juga tidak dirugikan, ya tentunya pesilat yang
berpolitik itukan duitnya banyak, yah bok nyumbang lah buat sesepuh rumahnya
yang kalau hujan pada bocor apalagi ada yang belum punya rumah dan ngontrak
pula.

Sebenarnya masalah ini pernah di bahas di dalam diskusi saresahan KPS nusantara
di tahun 2006 lalu, intinya pengurus silat banyak yang menyadari bahwa nama
pencak silat cukup manis dan strategis digunakan untuk kendaraan politik,
sayangnya setelah gagal atau sukses kayaknya di tubuh pencak silat tidak ada
perubahan apa-apa, bahkan stabil (diam) tak bergerak. dalih pelestarian budaya
merupakan hal yang sering di dengung2kan tapi nyatanya tetap budaya barat
menjadi trend dikalangan kita sendiri.

Namun ada yang unik disisi lain, dimana praktisi dari beladiri di luar silat
memfokuskan perhatiannya kepada kekayaan budayanya sendiri dan hal ini
memberikan konsep bahwa sehebat apapun beladiri dari luar sana tetap saja silat
menjadi sesuatu yang unik, mungkin akan banyak lagi praktisi beladiri Impor
yang akan mendukung pencak silat sebagai olahraga dunia, sekarang konsentrasi
kita lebih baik pada pengembangan forum di FP2TS karena disini masih ada
tenaga2 yang fress dan idealisnya tinggi, belum kenal yang namanya duiiit, tapi
tetap butuh juga sih misalnya buat kegiatan dan perlengkapan.

Mas Eza sering bertanya, gimana sih bikin proposal untuk mengajukan
perlengkapan sperti kamera kepada pengusaha, ya tentunya saya juga agak
binggung jawabnya. dan yang terpenting lainnya adalah bahwa selama ini dukungan
akan terus hadir bila kita konsen, dan doa saya kepada teman2 bahwa jadikanlah
silat sebagai hobi, utamakan keluarga dan pekerjaan. setelah kedua-duanya
sukses mari sama-sama kita bangun pencak silat seperti apa yang kita lakukan
sekarang ini, dan tentunya perlengkapan dan sarana untuk forum mendapatkan
dukungan dari teman2 lain yang sdh mapan dan yang hobi menyumbangkan kelebihan
hartanya. pasti rasanya akan puas.

biarlah ada pesilat yg berpolitik toh jumlahnya nggak banyak kan,  karena  kita
masih punya banyak kawan  seperti pak Oong dan Pak Yana, kita bisa belajar
banyak dari mereka, bahwa silat tetap menjadi bagian yang murni tanpa adanya
embel-embel dibelakangnya.

kira-kira nyambung nggak sih sama topiknya kok saya malah pusing sendiri
nich...:)
maaf kalo ada yang salah tulis....

tetap semangat....
Mode On