From: Jamaludin Aziz [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Monday, July 30, 2007 12:38 PM
To: silatindonesia@yahoogroups.com
Subject: RE: [silatindonesia] silat di jobang ciputat...

Terimakasih atas reviewnya bagn Dapit. cukup gamblang dan mudah di fahami.
kurang lebih emang spt itu silat yg di jombang ini. semua gerakan jurus dari
1 sampe 12 rata2 cuman sekali gerak, spt latihannya anak2, gampang diingat
dan mudah dihafalkan. tp anehnya udah 4 bulan saya baru bisa sampe 3 jurus,
itupun msh hrs ngulang2 terus krn gerakannya selalu salah. gimana kalo
misalnya satu jurusnya banyak gerakan yah? awalnya saya jg surprise dgn
style silat ini, gerakannya aneh, simple, unik kalo kt bang Dapit. sekilas
kalo kita udah pernah latihan silat aliran lain, pasti ada perasaan
"underestimate" thd silat ini. gimana bisa satu gerakan doang mengalahkan
lawan. Spt yg saya, bang Dapit dan rekan2 tau, pada umumnya silat
tradisional atau beladiri lainnya, utk satu jurs aja banyak geraknya. Tp
satu gerakan itu cuman dasar/inti dimana dari situ ada banyak kembangan2 yg
kita dapat dalam aplikasinya.

pernha saya tanya ke dia, sbg pembanding, kalo silat umumnya banyak gerakan.
jg pernah ada temen yg sambut pukul dgn bang Agus, temen itu pake jurusnya
yg banyak variasi gerak, tp bang agus cuman pake jurus satu, alias hanya
menggerakkan satu tangan saja, tp masih mampu menutup gerak kawan saya
tersebut. kata bang Agus, buat apa gerakan banyak2, udah keburu cape
katanya.

uniknya lg kalo latihan selalu dicari tempat yg sempit, 2 x 3 meter udah
cukup, katanya jgn dibiasain diruangan luas, krn kata dia kalo berantem kita
ga akan sempat pilih lokasi.

memang spt kata bang dapit, selama ini silat tsb hanya kalangan keluarga,
baru di generasi bang agus, udah mulai terbuka, dimana selain bang Agus, ada
3 org lg yg ikut belajar, yg semuanya ga ada hubungan keluarga.

semalem kami ada omongan2 sedikit, gimana kalo kami ke tempat gurunya bang
Agus, Bang Ali. kebetulan rumahnya ga terlalu jauh. mudah2an kalo ada jodoh,
dan Insya Allah malem jumat depan, kami mo silaturahmi ke Bang Ali, sekalian
ingin mengeahui info lebih jauh ttg silat ini. mudah2an bang Dapit ama
sodaranya ada waktu dan Bang Zonni, yg ggak bisa ikut kemaren krn ada
sedikit miskomunikasi bisa hadir dan join dgn kami. mungkin kalo ada rekan2
yg tertarik dan ingin tau lebih jauh ttg silat ini bisa gabung dgn kami.

terima kasih yah bang Dapit atas waktunya, ga keder kan pulangnya? saya jd
ga enak hati nih. jg dgn bang Zonni, mudah2an kita bisa ketemu nanti, trs
terang saya merasa bersalah bgt atas mis ini...

Salam
Jamal Aziz

---

Kirim email ke